Sukses

Tips agar Tidak Tertular Penyakit Saat di Rumah Sakit

Waspada, saat berkunjung ke rumah sakit, Anda juga bisa ikut tertular penyakit di dalamnya. Lakukan cara ini untuk mencegahnya!

Klikdokter.com, Jakarta Tubuh manusia bisa tertular penyakit dari mana saja. Baik itu saat bersentuhan langsung dengan penderita, maupun saat Anda berkunjung ke rumah sakit untuk membesuk kerabat atau teman yang sakit.

Penyebaran penyakit menular di rumah sakit maupun tempat pelayanan kesehatan lainnya biasa disebut sebagai infeksi rumah sakit.

Pada umumnya setiap rumah sakit memiliki prosedur pengendalian dan pencegahan infeksi pada pengunjung maupun staff yang bekerja. Meski demikian risiko infeksi penyakit memang tidak sepenuhnya bisa dihindari.

Menurut dr. Dejandra Rasnaya dari KlikDokter, menjaga daya tahan tubuh adalah kunci utama agar kita tidak mudah tertular penyakit saat berada di rumah sakit.

“Agar tidak tertular, Anda harus menjaga kesehatan tubuh. Kalau tubuh sehat dan punya sistem imun yang sehat, maka virus penyebab penyakit tidak akan mudah masuk ke dalam tubuh kita, ” terang dr. Dery.

Selain menjaga kesehatan tubuh sendiri, dr. Dery tersebut juga memaparkan beberapa hal lain yang bisa dilakukan pengunjung agar tidak tertular saat membesuk kerabat di rumah sakit:

  • Hindari ruangan-ruangan tertentu

Menurut dr. Dery penyebaran infeksi paling rentan terjadi di unit perawatan intensif (ICU), unit gawat darurat (UGD) dan tempat di mana dokter menangani pasien dengan penyakit yang cukup serius. Baik orang dewasa maupun anak kecil, sebaiknya tidak masuk ke dalam ruangan tersebut, jika memang tidak memiliki kepentingan.

“Hal ini terutama bagi anak-anak yang imunnya belum sekuat orang dewasa, ada baiknya tidak masuk ke ruangan tersebut jika memang tidak perlu, ” ujar dr. Dery

  • Cukup istirahat

Cukup tidur juga bisa membuat Anda kecil kemungkinannya tertular penyakit saat di rumah sakit. Sebab ketika kurang istirahat tubuh akan mudah lelah. Kondisi tersebut lebih memudahkan virus penyebab penyakit masuk dan menyerang sistem imun tubuh manusia. Selain itu, kurang tidur juga bisa menyebabkan seseorang jadi mudah stres, dan sakit kepala.

  • Jalankan pola hidup sehat

Selain cukup tidur, menjaga pola hidup sehat juga wajib Anda lakukan, agar tidak mudah tertular penyakit.

“Makan yang sehat, konsumsi sayur dan buah secara rutin. Lalu hindari juga minum alkohol, merokok, begadang semalaman. Hal kecil yang sering dianggap remeh itu lah yang bisa membuat tubuh lebih rentan tertular penyakit, ” tambah dr. Dery.

  • Cuci tangan

Mencuci tangan dengan sabun dan air (atau antiseptik) dapat mengurangi penyebaran virus dan infeksi penyebab penyakit. Hal ini harus dilakukan sebelum dan sesudah menemui pasien di rumah sakit.

“Kalau di rumah sakit biasanya sudah diberi petunjuk kapan waktu yang tepat untuk cuci tangan dan cara yang benar. Biasanya kalau pakai sabun perlu waktu 1 menit, dan kalau pakai alkohol biasanya 30 detik, ” tambah dr. Dery.

  • Tetap di rumah jika sakit

Hindari membesuk pasien jika Anda sendiri sedang sakit. Jika tidak, Anda akan makin mudah tertular penyakit lainnya yang sedang berjangkit di rumah sakit.

  • Taati aturan

Melansir Verywell Health, di setiap rumah sakit besar, setiap kamar biasanya memiliki sebuah kotak atau tempat sampah khusus untuk benda tajam seperti jarum suntik. Hindari menyentuh tempat sampah tersebut, karena Anda tidak pernah tahu, jarum atau pisau tersebut sebelumnya digunakan untuk apa.

Selain itu, jangan masuk ke ruangan yang tidak boleh dimasuki pengunjung. Biasanya setiap rumah sakit memiliki beberapa ruangan yang hanya boleh dimasuki oleh petugas medis.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan oleh pengunjung rumah sakit agar tidak mudah tertular penyakit saat membesuk kerabat di rumah sakit. Lakukan saran-saran di atas untuk meminimalkan kemungkinan penularan penyakit.

[RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar