Sukses

Rutin Konsumsi Buah Efektif Mencegah Kanker Payudara?

Buah mengandung beragam vitamin yang bermanfaat bagi tubuh manusia. Namun, mampukah buah mencegah kanker payudara?

Klikdokter.com, Jakarta Buah adalah salah satu makanan yang sebaiknya dikonsumsi secara rutin dan teratur. Ini karena buah kaya akan vitamin yang baik untuk menunjang fungsi tubuh manusia. Saking banyak manfaat yang dimiliki buah, sebagian orang menganggap bahwa asupan sehat yang satu ini mampu mencegah kanker payudara.

Dilansir dari Verywell Health, pada tahun 2018 ada sebuah penelitian yang menyelidiki wanita berusia di atas 30 tahun yang rutin mengonsumsi buah-buahan. Setelah berbagai metode percobaan, peneliti menyatakan bahwa wanita tersebut tidak memiliki risiko untuk terkena kanker payudara, termasuk jenis kanker lain yang lebih ganas.

Terkait temuan itu, dr. Adeline Jaclyn dari KlikDokter mengatakan bahwa buah memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Zat tersebut mampu melawan radikal bebas yang dapat menjadi pemicu kanker.

“Makan buah setiap hari memang bisa menurunkan risiko kanker payudara. Itu karena buah mengandung banyak antioksidan, dan bersifat antiproliferasi sehingga mampu menurunkan risiko terjadinya kanker,” ujar dr. Adeline. 

Tak berhenti di situ, buah juga memiliki komponen lain yang disebut memiliki peran penting dalam pencegahan kanker. Apa saja? Dilansir Verywell Health, berikut penjelasannya: 

  • Fenolik

Sejak lama, senyawa fenolik diduga memiliki kemampuan untuk mengurangi sel kanker dalam tubuh (kemopreventif) maupun sebagai senyawa pengobatan kanker itu sendiri. Senyawa ini tampaknya memiliki efek langsung pada perkembangan siklus sel.

Selain itu, beberapa senyawa fenolik juga terbukti mampu menghambat pertumbuhan kanker (profileasi), memiliki sifat antiseptik dan antibakteri yang kuat. Senyawa ini bahkan dapat bertindak sebagai stimulan sistem saraf dan kekebalan tubuh. 

Anda bisa menemukan senyawa fenolik pada buah cranberries, apel, anggur, stroberi, bluberi, lemon, pisang, pir, jeruk, dan nanas. 

  • Antioksidan

Paparan radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan pada materi genetik dalam sel dan memicu perkembangan kanker. Nah, buah-buahan yang mengandung antioksidan memainkan peran dalam mengurangi risiko tersebut, termasuk dalam hal kanker payudara. 

Anda bisa menemukan kandungan antioksidan tinggi pada buah apel, anggur, nanas, stroberi, pir, pisang, dan lemon.

  • Antiproliferatif

Senyawa ini dipercaya dapat menghambat pertumbuhan beberapa jenis sel kanker. Anda bisa menjumpai senyawa antiproliferatif pada buah apel, anggur, pisang, persik, stroberi dan lemon. 

1 dari 3 halaman

Selanjutnya

  • Asam folat

Asam folat diperlukan untuk memproduksi sel darah merah yang mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh. Asam folat juga berguna membuang racun yang ada di jaringan tubuh Anda.

Selain mencegah risiko kanker, asam folat juga membantu  mengurangi risiko cacat tabung saraf, spina bifida, dan anencephaly pada bayi saat berkembang di dalam rahim.

Kebutuhan asam folat ini bisa Anda temukan dari buah pisang, alpukat, pepaya, atau melon. 

  • Potasium 

Kandungan potasium dalam buah mampu menjaga otot tetap sehat dengan mempertahankan tingkat cairan yang dimiliki. Selain itu, buah-buahan yang mengandung potasium umumnya membantu meningkatkan metabolisme tubuh. 

Jika Anda ingin mendapatkan kandungan potasium dari buah, konsumsilah buah pisang, jeruk atau melon.

  • Vitamin C

Vitamin C dapat membantu pertumbuhan dan perbaikan jaringan dalam tubuh. Selain itu, vitamin C juga bisa mempercepat penyembuhan luka, serta menjaga kesehatan gigi maupun gusi. 

Anda bisa menemukan vitamin C pada buah jeruk, jambu biji, pepaya dan kiwi. 

  • Serat

Buah mengandung sejumlah serat yang sangat baik dalam menunjang fungsi tubuh secara menyeluruh. Senyawa tersebut bisa membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL), mengurangi risiko penyakit jantung, melancarkan sistem pencernaan, dan mencegah kanker usus besar. 

Bermacam buah memilki kandungan serat yang tinggi. Beberapa yang bisa Anda pilih adalah buah pisang, apel dan pir. 

2 dari 3 halaman

Mencegah kanker payudara dengan efektif

Untuk menurunkan risiko kanker payudara, konsumsi buah secara rutin dan teratur perlu dikombinasikan dengan hal-hal berikut ini:

1. Batasi asupan lemak 

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam JAMA Oncology menemukan bahwa wanita yang menerapkan diet rendah lemak memiliki risiko 22% lebih rendah untuk meninggal akibat kanker payudara dalam kurun waktu lebih dari 8 tahun.

2. Stop merokok

Merokok dikaitkan dengan kanker paru-paru. Namun baru-baru ini beberapa penelitian menunjukkan bahwa karsinogen dalam rokok juga dapat meningkatkan risiko jenis kanker lain, termasuk kanker payudara.

Satu studi yang diterbitkan dalam jurnal Breast Cancer Research pada tahun 2017 menyebut bahwa risiko kanker payudara bisa meningkat berlipat ganda pada wanita yang merokok sejak usia dini.

3. Olahraga

Penelitian membuktikan bahwa olahraga atau jenis aktivitas fisik serupa yang dilakukan secara rutin dan teratur mampu menurunkan risiko kanker payudara, dan jenis penyakit berbahaya lainnya.

Para ahli kesehatan mengatakan, olahraga terbukti dapat mengurangi peradangan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan menurunkan lemak tubuh yang dikaitkan dengan risiko kanker payudara. Studi tahun 2015 mengungkap, sekitar 300 menit aktivitas fisik per minggu sangat ideal untuk pencegahan kanker payudara.

Mulai saat ini, jangan lagi ragu untuk mengonsumsi buah secara rutin dan teratur karena ternyata bermanfaat untuk mencegah kanker payudara. Jangan lupa untuk menyandingkan kebiasaan sehat itu dengan menerapkan gaya hidup sehat dan rutin melakukan pemeriksaan ke dokter.

(NB/ RVS)

0 Komentar

Belum ada komentar