Sukses

Manfaat Karaoke untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Kebanyakan orang pasti mengira manfaat karaoke hanya untuk melatih vokal. Faktanya ada manfaat lain yang patut Anda ketahui.

Klikdokter.com, Jakarta Jika Anda hobi karaoke mungkin selama ini Anda mengira manfaat karaoke hanya untuk melatih vokal. Namun sebenarnya ada manfaat lain yang berguna untuk kesehatan.

Karaoke awalnya berasal dari Jepang dan lama-kelamaan semakin berkembang di negara-negara Asia. Seiring waktu, masyarakat di Amerika dan Eropa juga mengikuti fenomena sosial ini. Walhasil beragam tempat karaoke pun bisa dijumpai di mana-mana.

Selain untuk menghibur diri, karaoke juga bisa memberikan berbagai manfaat kesehatan bagi orang-orang yang melakukannya. Adapun beberapa manfaat yang dimaksud, antara lain:

  1. Menstimulasi otak

Saat bernyanyi, otak Anda bekerja dan berpikir untuk menyesuaikan dengan irama, melodi, dan lirik lagu pilihan. Selain itu, karaoke juga melatih koordinasi antara mata saat melihat layar, telinga saat mendengar musik, otak untuk berpikir, mulut dan sekitarnya untuk memproduksi suara serta gerakan tubuh lain yang sesuai untuk mengikuti lagu. Semua hal tersebut melatih koordinasi otak yang kompleks.

  1. Mengurangi stres

Beban pekerjaan yang padat sering membuat seseorang rentan mengalami stres. Nah, salah satu cara yang ampuh untuk melepas stres dan penat adalah dengan melakukan karaoke bersama teman atau kereabat.

Karaoke membuat tubuh mengeluarkan hormon endorfin, sehingga Anda merasa lebih senang. Dengan ini, tingkat stres akan menurun ke level yang paling rendah. Hasilnya Anda akan terhindar dari berbagai penyakit berbahaya, seperti darah tinggi atau hipertensi, penyakit jantung dan stroke.

  1. Membantu meluapkan perasaan dan emosi

Sebagian orang memilih lagu yang sesuai dengan suasana hati saat melakukan karaoke. Hal ini sebenarnya membantu orang tersebut untuk meluapkan segala perasaan dan emosi yang terpendam, sehingga perasaannya akan lebih lega setelah sesi karaoke berakhir. Dari sisi kesehatan, hal ini juga dapat membantu Anda untuk mengurangi tekanan mental yang memicu stres.

  1. Meningkatkan daya ingat

Menyanyi membutuhkan daya ingat untuk mengingat irama, lirik, serta bagian lain dari sebuah lagu yang dimainkan. Tak jarang, orang menyanyikan lagu-lagu lama saat karaoke untuk mengenang kembali momen-momen di masa kecil atau masa muda mereka. Secara tidak sadar hal tersebut akan membangkitkan memori dan melatih daya ingat jangka panjang.

  1. Melatih pernapasan

Saat melakukan karaoke, seseorang secara tidak sadar juga melatih pernapasan. Sebab, saat karaoke, Anda harus menarik napas dalam dan mengeluarkan secara perlahan saat bernyanyi, kemudian menarik napas kembali untuk bisa mengucapkan lirik lagu berikutnya. Jika hal itu disertai dengan gerakan joget, sistem pernapasan bisa menjadi lebih baik dan kalori yang terbakar akan semakin optimal.

  1. Ajang sosialisasi dan meningkatkan kepercayaan diri

Karaoke biasanya dilakukan bersama-sama, sehingga dapat menjadi salah satu momen yang baik untuk melatih kemampuan bersosialisasi dengan rekan kerja, teman lama, sahabat semasa sekolah, atau dengan lingkungan yang baru. Sering karaoke bersama juga dapat meningkatkan rasa percaya diri Anda di antara orang-orang sekitar.

Untuk mendapatkan manfaat karaoke di atas dengan lebih optimal, hindari rokok dan minuman beralkohol saat berkaraoke. Selain itu, batasi pula diri Anda dari camilan-camilan tidak sehat, minuman bersoda, dan volume suara yang terlalu keras agar manfaat yang dirasakan dari melakukan karaoke bisa benar-benar optimal. Terakhir, pastikan Anda tidak melakukan karaoke terlalu larut, karena berpotensi mengganggu jam tidur.

(NB/ RVS)

0 Komentar

Belum ada komentar