Sukses

Makanan untuk Memperbaiki Mood

Terkadang, mood seseorang bisa turun drastis tak menentu. Ini deretan makanan yang bisa memperbaiki mood Anda.

Klikdokter.com, Jakarta Setiap orang dapat mengalami perubahan mood kapan saja dan di mana saja. Mood yang turun drastis bisa mengubah suasana ceria jadi tidak enak. Tak hanya mengurangi kenyamanan Anda, orang-orang sekitar bisa jadi turut terkena imbasnya. Tapi tenang saja, Anda bisa memperbaiki mood dengan mengonsumsi makanan yang tepat.

Mood selalu mewarnai psikologis Anda

Mood merupakan suasana hati atau perasaan yang terus ada dan mewarnai kondisi psikologis Anda. Suasana hati yang baik akan membuat orang menjadi senang, berenergi, dan berpikiran positif. Sementara itu, mood buruk akan membuat Anda mudah emosi, sedih, berpikiran negatif, dan menggerutu.

Mood dipengaruhi oleh beberapa hal, seperti diri sendiri, kondisi kesehatan atau sakit pada tubuh, kondisi lingkungan, dan masalah sekitar. Sebagai contoh, saat lapar, mudah sekali orang mengalami mood buruk dan mudah emosi.

Contoh lainnya, pada wanita yang akan menstruasi atau premenstrual syndrome (PMS) cenderung lebih moody. Hal ini disebabkan oleh kadar hormon pada tubuh.

Masalah pada keluarga atau pekerjaan juga dapat memberikan tekanan pada seseorang sehingga menyebabkan mood buruk. Kekurangan vitamin seperti D dan B12 ternyata juga dapat membuat suasana hati orang buruk. Alasannya, defisit vitamin memengaruhi kerja otak dan juga tubuh.

Membangkitkan mood lewat makanan

Ada beberapa cara untuk membangkitkan mood, salah satunya lewat makanan. Berikut adalah beberapa makanan yang dapat membangkitkan mood Anda:

  • Cokelat

Cokelat adalah makanan favorit banyak orang. Namun, tidak sembarang cokelat yang dapat membangkitkan mood.

Cokelat hitam atau dark chocolate adalah yang dapat memengaruhi suasana hati Anda. Dark chocolate dapat merangsang hormon endorfin yang menyebabkan timbulnya perasaan senang.

Tak hanya itu, cokelat hitam juga dikenal sebagai antioksidan potensial sehingga banyak dimanfaatkan untuk mendukung kesehatan tubuh. Salah satunya yang terdapat dalam H2 Kakao Instan.

H2 Kakao Instan terbuat dari bubuk kakao murni dan rendah gula yang memiliki kandungan antioksidan lebih tinggi. Mengonsumsi H2 Kakao Instan membantu Anda mengusir stres dan menangkal radikal bebas, menurunkan tekanan darah, menurunkan kadar LDL, serta menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

  • Ikan

Ikan seperti salmon, sarden, dan makarel kaya akan asam lemak omega 3 yang berhubungan dengan kesehatan mental. Sebuah studi pada Journal of Epidemiology and Community Health menemukan bahwa orang yang banyak mengonsumsi ikan lebih jarang memiliki gejala depresi. 

  • Yoghurt

Probiotik seperti yoghurt adalah makanan sehat untuk sistem pencernaan tubuh. Namun, probiotik ternyata juga berhubungan dengan kesehatan mental. Pada sebuah ulasan di Annals of General Psychiatry, ditemukan bahwa adanya efek positif dari probiotik terhadap gejala depresi.

  • Biji-bijian utuh

Biji-bijian utuh (whole grains) adalah sumber pangan yang tinggi kandungan vitamin B. Ya, vitamin B merupakan nutrisi penting untuk kesehatan otak. Thiamin (vitamin B1) terlibat dalam proses glukosa menjadi energi, vitamin B5 diperlukan untuk menghasilkan neurotransmitter asetilkolin (terlibat dalam pembelajaran dan memori).

Sementara itu, vitamin B6 membantu mengubah asam amino triptofan menjadi serotonin, serta vitamin B12 terlibat dalam produksi neurotransmiter. Contoh biji-bijian utuh antara lain oatmeal, nasi cokelat, dan quinoa.

  • Buah dan sayuran

Sudah umum diketahui bahwa buah dan sayuran adalah makanan yang mendukung kesehatan tubuh. Contoh buah yang dapat membangkitkan mood adalah pisang, alpukat, jeruk, blackberry, dan blueberry. Pisang mengandung triptofan yang diubah menjadi serotonin dalam tubuh.

Alpukat kaya akan asam lemak tak jenuh. Jeruk kaya akan vitamin C. Blackberry dan blueberry kaya akan antioksidan yang membantu otak memproduksi dopamin yang juga memengaruhi suasana hati seseorang.

Adapun sayuran seperti bayam dan brokoli kaya akan asam folat yang dapat mengurangi rasa lelah dan cemas.

  • Telur

Telur mengandung protein tinggi yang dapat menjaga kadar gula tubuh serta menjaga suasana hati agar tetap optimistis. Akan tetapi, mengonsumsi telur, daging, dan beberapa produk susu lainnya sebaiknya tidak boleh berlebihan dan dalam batas wajar saja.

Mood yang buruk dapat mengganggu aktivitas Anda dan orang-orang di sekitar Anda. Karena itu, jangan biarkan mood buruk merusak hari Anda. Deretan makanan di atas bisa membantu memperbaiki mood. Anda juga bisa menambahkan H2 Kakao Instan sebagai pemanis, isian roti, minuman, selai, susu, yoghurt, dan es krim. Rasanya yang enak akan mengangkat mood Anda segera.

[HNS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar