Sukses

Begini Cara Nikmat Mengonsumsi Biji Chia

Bentuk biji chia yang unik membuat beberapa orang kebingungan mengolahnya. Ada banyak cara mengonsumsi biji chia dengan nikmat.

Klikdokter.com, Jakarta Mungkin Anda termasuk yang masih bingung tentang cara mengonsumsi biji chia. Padahal, ada banyak cara mengonsumsinya dengan nikmat untuk menu sehari-hari. Biji chia dianggap sebagai salah satu makanan paling sehat di dunia alias superfood. Kandungan di dalamnya bermanfaat baik untuk tubuh dan otak.

Alasan mengapa biji chia sayang untuk dilewatkan

Tahukah Anda, satu porsi kecil biji chia (28 gram atau 2 sendok makan) mengandung 11 gram serat, 4 gram protein, 9 gram lemak (yang mana 5 gramnya berupa omega-3). Selain itu, konsumsi biji chia juga mengandung kurang lebih sepertiga dari kebutuhan harian tubuh akan magnesium, fosfor, dan mangan.

Selain kaya nutrisi, biji chia juga didukung oleh banyak antioksidan. Senyawa ini berfungsi menangkal efek buruk dari radikal bebas yang merusak molekul sel, sehingga menyebabkan penuaan dan berbagai penyakit.

Biji chia juga mengandung serat tinggi, sehingga dapat membantu pencernaan tetap lancar. Serat yang tinggi ini membantu biji chia menyerap air yang banyak (saat Anda mencampurkannya ke dalam air), sehingga dapat mengambang serupa gel. Secara teori, ini membantu Anda merasa kenyang lebih lama, jadi secara tidak langsung mencegah Anda makan berlebihan.

Cara praktis dan nikmat mengonsumsi biji chia

Biji chia yang penampakannya mirip dengan selasih ini bisa dikonsumsi matang maupun mentah. Namun, sebaiknya biji chia ditambahkan dengan bahan makanan lain atau direndam terlebih dulu sebelum dikonsumsi. Agar lebih nikmat, ikuti saran pengolahan biji chia di bawah ini.

  1. Mentah

Paling praktis memang mengonsumsi biji chia mentah. Caranya adalah dengan menambahkannya ke makanan, misalnya sereal, yoghurt, salad, oatmeal, atau overnight oat

  1. Dipanggang

Senang baking? Kabar baiknya, biji chia juga bisa ditambahkan ke adonan kue kesukaan seperti muffin, brownies, dan lain-lain. Selain itu, biji chia juga bisa dihaluskan dengan blender, sehingga bertekstur seperti tepung untuk selanjutnya diolah.

Menariknya, bagi para vegan, biji chia juga bisa digunakan sebagai pengganti telur. Caranya: campurkan 1 sendok makan biji chia dan 3 sendok makan air, lalu tunggu beberapa saat. Campuran tersebut akan mengembang dan berbentuk serupa gel. 

  1. Smoothies

Smoothies adalah salah satu ide sarapan praktis namun penuh gizi. Selain mencampurkan sayur, buah, yoghurt, susu, madu, atau bahan lainnya sesuai selera, maksimalkan nutrisinya dengan menambahkan biji chia.

  1. Puding

Puding mungkin merupakan bentuk olahan biji chia yang paling populer. Namun jangan khawatir, variasinya banyak sekali sehingga Anda tak akan bosan mengosumsinya. 

Caranya cukup mudah: campurkan biji chia dengan cairan lalu diamkan selama beberapa saat. Agar rasanya nikmat, Anda bisa mencampurnya dengan minuman kesukaan Anda seperti susu almon, susu cokelat, bahkan kopi susu. Setelah campuran tersebut mengembang, tambahkan berbagai topping sehat seperti potongan buah, oat, kacang-kacangan, dan lain-lain.

Bagi penggemar bubble tea, mulai sekarang cobalah ganti boba dengan biji chia. Selain itu, yoghurt yang ditambahkan dengan puding chia dan buah-buahan juga tak kalah nikmat sebagai camilan sehat.

Selain empat inspirasi di atas, masih ada banyak cara lainnya dalam mengolah biji chia. Misalnya ditambahkan ke dalam pancake, dijadikan dressing salad, campuran selai untuk roti, dipanggang untuk membuat cracker, dibekukan dengan jus buah untuk dijadikan es, dan masih banyak lagi.

Bagaimana, jadi ingin buru-buru mengolah biji chia, ya? Jika ya, penuhi stok biji chia dengan H2 Biji Chia, salah satu produk H2 Food Series dari H2 Health and Happiness

Konsumsi H2 biji chia adalah cara termudah untuk mendapatkan omega-3 dan cocok bagi penderita alergi terhadap seafood, pelaku pola makan vegetarian/vegan, atau mereka yang tidak mengonsumsi ikan. Produk ini dijual dalam kemasan pouch, sehingga bisa disimpan di rumah, di kantor, atau dibawa ke mana pun Anda pergi!

Keunggulan lainnya adalah produk ini tidak mengandung zat aditif dan pengawet, serta bebas lemak trans, lemak jenuh, kolesterol, dan gula, sehingga sangat aman untuk dikonsumsi sehari-hari.

Setelah tahu cara nikmat mengonsumsi biji chia, yuk jangan sampai biji chia absen dari menu makan Anda sehari-hari. Jangan bosan berkreasi agar Anda selalu bersemangat saat melahapnya. Kombinasikan juga dengan pola hidup sehat, sehingga tubuh bisa merasakan manfaat sehatnya secara optimal.

(RN/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar