HomeGaya hidupDiet dan Nutrisi12 Manfaat Sayur Kol yang Baik untuk Kesehatan
Diet dan Nutrisi

12 Manfaat Sayur Kol yang Baik untuk Kesehatan

Aprinda, 06 Agu 2023

Ditinjau Oleh dr. Nitish Basant Adnani BMedSc MSc

Icon ShareBagikan
Icon Like

Sayur kol punya banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Ketahui, berbagai manfaat sayur kol di sini.

12 Manfaat Sayur Kol yang Baik untuk Kesehatan

Kol atau kubis merupakan salah satu sayuran yang sering ditambahkan ke dalam menu makanan. Selain segar, sayuran ini juga mengandung gizi yang berlimpah, sehingga bisa menunjang kesehatan tubuh.

Sayur kol juga dapat dijadikan sumber nabati yang bisa menurunkan risiko sejumlah penyakit. Bahkan, kol juga dipercaya bisa membantu menurunkan berat badan. Yuk, ketahui berbagai manfaat kol bagi tubuh lewat ulasan berikut ini:

1. Kaya Akan Nutrisi

Seorang ahli diet dari Cleveland Clinic, Julia Zumpano, RD, LD, mengungkapkan bahwa kol merupakan sayuran yang baik untuk tubuh.

“Bahkan, kandungan kol memiliki nilai gizi lebih dari yang diharapkan. Selain itu, sayuran ini terjangkau dan mudah untuk ditemukan,” ujarnya.

Berdasarkan Data Komposisi Pangan Indonesia, 100 gram kol mengandung banyak nutrisi, di antaranya:

  • Energi: 22 kalori
  • Protein: 2,1 gram (g)
  • Lemak: 0,5 g
  • Karbohidrat: 3,6 g
  • Serat: 0,9 g
  • Kalsium: 200 mg
  • Fosfor: 92 mg
  • Besi: 3,2 mg
  • Natrium: 19 mg
  • Kalium: 386,2 mg
  • Vitamin C: 3 mg

Artikel Lainnya: Manfaat Kembang Kol untuk Pengidap Diabetes

2. Mengandung Antioksidan

Salah satu manfaat sayur kol adalah mengandung antioksidan alami yang bisa membantu melawan peradangan.

Menurut dr. Nitish Basant Adnani, BMedSc., MSc, mengonsumsi sayur kol setiap hari dalam jumlah yang tepat bisa membantu melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas yang berbahaya.

Kandungan antosianin yang ada di dalam kol bisa melawan gejala peradangan kronis, yang sering dikaitkan dengan penyakit jantung, kanker, rheumatoid arthritis, dan kondisi lainnya.

3. Menurunkan Tekanan Darah

Kandungan kalium dalam sayur kol bertugas sebagai mineral dan elektrolit yang bisa membantu tubuh dalam mengontrol tekanan darah.

Untuk itu, konsumsi sayur kol bisa membantu mencukupi kebutuhan kalium sekaligus membantu menurunkan tekanan darah serta mengurangi risiko penyakit jantung.

4. Menyehatkan Saluran Cerna

Sayur kol mengandung jumlah serat yang cukup tinggi, oleh karenanya, manfaat kol dapat menjaga kesehatan saluran cerna.

Serat menjadi nutrisi yang wajib dipenuhi setiap harinya karena dapat memberikan asupan bagi bakteri sehat di dalam usus. Nantinya, serat dapat membantu bakteri sehat untuk menurunkan peradangan dan mendukung kesehatan saluran cerna.

5. Menurunkan Berat Badan

Disampaikan dr. Nitish, manfaat kubis dapat membantu menurunkan berat badan. Pasalnya, kalori kol memiliki kadar yang cukup rendah, sehingga bisa digunakan sebagai substitusi dari makanan berkalori tinggi, seperti nasi dan tepung.

Tak hanya itu, kol juga dapat memperlambat proses pencernaan dan bisa membuatmu merasa kenyang lebih lama.

Dengan begitu, kamu akan membatasi asupan makanan dan mengonsumsi makanan dengan jumlah kalori yang lebih sedikit.

6. Meningkatkan Kesehatan Sistem Saraf

Obesitas Bisa Ditangani dengan Operasi Otak, Benarkah? (Natali Mis/Shutterstock)

Khasiat kol juga dapat membantu meningkatkan kesehatan sistem saraf. Sayuran ini mengandung kolin yang baik untuk tubuh, termasuk dalam mempertahankan integritas membran sel, menyusun deoxyribonucleic acid (DNA) atau materi genetik tubuh, dan mendukung metabolisme tubuh.

Selain itu, kandungan kol yang satu ini juga terlibat dalam perkembangan otak yang bisa menjunjung sistem persarafan yang sehat.

7. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Kabar baiknya, kandungan vitamin C yang ada di dalam sayur kol dapat membantu proses produksi kolagen sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Tak heran, makan kol secara rutin dalam kadar yang tidak berlebihan bisa membuat tubuh menjadi tetap kuat.

8. Menurunkan Kolesterol

Kadar kolesterol jahat atau LDL yang tinggi dan menumpuk di dalam tubuh dapat menyebabkan masalah jantung.

Berdasarkan Current Atherosclerosis Reports, mengonsumsi makanan yang tinggi serat larut bisa menurunkan kadar kolesterol total dan LDL. Untungnya, sayur kol merupakan sumber serat larut yang baik.

Selain itu, kol juga menandung fitosterol yang akan diserap oleh sistem pencernaan guna mengurangi kadar kolesterol jahat.

9. Menjaga Kesehatan Tulang

Kalsium dan vitamin K dalam kubis bisa membantu menjaga tulang agar tetap kuat dan terhindar dari osteoporosis.

Kandungan tersebut juga dapat menjaga tubuh agar tetap terlindungi dari penyakit tulang.

Artikel Lainnya: Jangan Sampai Terlewat Manfaat Kembang Kol untuk Ibu Hamil Ini

10. Mencegah Kanker

Dilansir dari International Journal of Molecular Sciences, mengonsumsi sayuran silang, seperti kol, dapat melindungi tubuh dari beberapa jenis kanker, seperti kanker prostat, kanker paru, kanker payudara, serta kanker usus besar.

Kol mengandung fitokimia yang bisa melindungi tubuh dari kanker. Selama proses pencernaan, bahan kimia ini akan terurai menjadi zat yang dapat membantu melawan sel kanker dan mengeluarkannya dari dalam tubuh.

11. Melindungi Kesehatan Mata

Sayur kol mengandung antosianin, antioksidan yang dapat mencegah kerusakan oksidatif yang terkait dengan gangguan kesehatan, termasuk kebutaan yang disebabkan oleh degenerasi makula terkait usia.

Tak berhenti sampai di situ, kubis juga mengandung lutein dan zeaxanthin, bentuk vitamin A yang dapat membantu mencegah terjadinya kerusakan penglihatan.

12. Membantu Mengelola Diabetes

Kol menjadi pilihan yang baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Berkat tingginya kandungan serat dalam kol, gula darah pun bisa tetap stabil.

Selain itu, kol juga mengandung glukosinolat, fitokimia yang dapat memerangi stres oksidatif dan peradangan.

Dari banyaknya manfaat kol di atas, rasanya kamu tidak perlu ragu lagi untuk menambahkan kol ke dalam menu makanan. Apalagi, sayuran ini juga sangat mudah untuk dikonsumsi.

Yuk, #JagaSehatmu dengan mencukupi asupan nutrisi dengan baik. Bila punya pertanyaan seputar gizi yang sehat, jangan sungkan untuk unduh aplikasi KlikDokter dan gunakan layanan Tanya Dokter agar bisa konsultasi dengan mudah.

(NM)

Konsultasi Dokter Terkait