Sukses

Benarkah Lobak Mampu Meredakan Nyeri Asam Urat?

Lobak memiliki banyak kandungan gizi yang baik untuk tubuh. Tapi, benarkah lobak bisa meredakan nyeri asam urat?

Klikdokter.com, Jakarta Meski mudah kambuh dan tak bisa sepenuhnya sembuh, penyakit asam urat bisa dikendalikan. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi lobak. Sebagian kalangan menilai, lobak mampu meredakan nyeri asam urat.

Dalam medis, asam urat dikenal dengan sebutan gout. Kondisi ini bisa terjadi akibat gangguan metabolisme, yang berakibat pada terbentuknya kristal yang menyebabkan peradangan pada sendi. Itulah alasannya mengapa orang-orang yang punya penyakit asam urat akan mengalami keluhah nyeri sendi saat mengalami kekambuhan.

Lobak untuk asam urat

Berdasarkan penjelasan dr. Alvin Nursalim dari KlikDokter, lobak putih tidak sepenuhnya mampu meredakan nyeri akibat asam urat. Namun, jenis sayuran yang satu ini sering dihubungkan dengan penurunan kadar asam urat di dalam tubuh.

“Penelitian yang benar-benar membuktikan lobak putih untuk meredakan nyeri asam urat masih minim. Meski begitu, ada penelitian yang bilang bahwa lobak putih bisa membantu menurunkan asam urat atau meningkatkan ekskresi asam urat melalui urine. Ini karena lobak itu rendah purin, sehingga nilai asam urat di dalam tubuh bisa menurun,” jelas dr. Alvin.

Lebih lanjut, dr. Alvin menyarankan agar lobak putih dijadikan sebagai menu makanan tambahan agar kadar asam urat di tubuh bisa turun dengan lebih optimal. Selain itu, lobak juga merupakan makanan yang baik untuk diet sehat karena rendah kalori dan mengandung serat maupun vitamin C di dalamnya. Satu cangkir irisan lobak mentah memiliki sekitar 20 kalori, 2 gram serat dan sekitar 17 miligram vitamin C yang baik untuk tubuh. 

“Lobak bisa disajikan dalam bentuk sup dan dikonsumsi tiga kali dalam sehari. Tapi perlu diingat bahwa lobak putih ini bukan pengobatan utama. Jadi para penderita tetap harus menggunakan obat utama untuk menurunkan asam urat,” dr. Alvin melengkapi penjelasan. 

Manfaat lain lobak

Menjadi makanan yang rendah purin, lobak tidak hanya baik untuk menurunkan asam urat, tapi juga efektif dalam mengeluarkan racun dari tubuh. Sehingga, lobak dapat meningkatkan kesehatan ginjal dan mencegah pembentukan batu ginjal. 

Tak sekadar itu, lobak juga memiliki manfaat sehat lain sebagai berikut:

1. Melancarkan saluran cerna

Sayur berwarna putih dengan bentuk unik ini memiliki kandungan serat tinggi yang  baik untuk saluran cerna Anda. Serat dalam lobak juga berfungsi mengatur produksi empedu, melindungi hati dan kantong empedu. Selain itu, lobak juga baik untuk menjaga retensi air dalam tubuh. 

2. Menjaga kesehatan jantung

Lobak adalah sumber antosianin terbaik, yang berfungsi untuk menjaga agar jantung bekerja dengan semestinya. Selain itu, kandungan vitamin C, asam folat dan flavonoid di dalam lobak juga baik untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. 

3. Mengontrol tekanan darah

Lobak mengandung kalium yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dan menjaga aliran darah tetap terkontrol. 

4. Meningkatkan metabolisme

Lobak memiliki kandungan vitamin E, A, C, B6 dan K. Di samping itu, lobak juga kaya akan serat, seng, kalium, fosfor, magnesium, kalsium dan juga besi yang dapat meningkatkan laju metabolisme tubuh Anda. 

5. Baik untuk kulit

Kandungan vitamin C, seng dan fosfor dalam lobak bisa membantu menjaga kelembapan kulit Anda. Kandungan-kandungan tersebut juga dipercaya memiliki manfaat untuk menghilangkan ketombe dan mencegah rambut rontok. 

Meski tak sepenuhnya mampu meredakan nyeri asam urat, lobak tetap baik untuk dijadikan sebagai menu harian. Sebab, sayur berwarna putih dengan bentuk unik itu mengandung beragam gizi yang mampu mendatangkan banyak manfaat sehat bagi tubuh Anda.

(NB/ RVS)

0 Komentar

Belum ada komentar