Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeGaya hidupDiet dan Nutrisi5 Makanan Terbaik untuk Otak Anda
Diet dan Nutrisi

5 Makanan Terbaik untuk Otak Anda

dr. Alvin Nursalim, SpPD, 15 Jul 2019

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Mengonsumsi makanan terbaik untuk otak dapat menunjang kinerja organ tersebut dan mengoptimalkan fungsi kognitif kamu.

5 Makanan Terbaik untuk Otak Anda

Tidak dimungkiri manusia akan mengalami penuaan. Seiring bertambahnya usia, maka fungsi dari berbagai organ, termasuk otak juga akan ikut menurun. Tetapi, dengan mengonsumsi makanan terbaik untuk otak, organ ini bisa berfungsi lebih optimal.

Makanan sehat yang bagus untuk kesehatan otak bisa berasal dari buah, sayur, ikan makanan laut. Nah, berikut adalah sejumlah makanan yang bisa kamu konsumsi rutin agar kesehatan otak selalu terjaga.

1. Blueberry

Selain rasanya yang lezat, ternyata blueberry dapat memberikan manfaat untuk kesehatan otak kamu. Konsumsi buah ini secara rutin dapat melindungi otak dari stres oksidatif sehingga dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit alzheimer atau demensia.

Penelitian pada hewan juga menunjukkan bahwa diet kaya blueberry secara signifikan meningkatkan kapasitas belajar dan keterampilan motorik tikus yang menua. Selain itu juga membuat mereka secara mental setara dengan tikus yang jauh lebih muda.

2. Ikan salmon

Ikan merupakan salah satu sumber protein yang baik untuk kesehatan otak. Salmon kaya akan asam lemak esensial omega-3, yang penting untuk fungsi otak dan baik untuk kesehatan pembuluh darah. Cara sehat untuk memasak salmon adalah dengan mengukus atau menumisnya.

Selain salmon, ikan lain yang memberikan manfaat omega-3 adalah sarden dan herring.

3. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian adalah sumber vitamin E yang baik. Kadar vitamin E yang lebih tinggi berhubungan dengan fungsi kognitif yang lebih baik pada usia tua. Terdapat beberapa contoh kacang-kacangan yang dapat kamu konsumsi, seperti: kacang kenari, hazelnut, almond, kacang mede, kacang tanah, dan biji bunga matahari.

Namun, kamu perlu memperhatikan kandungan garam pada kacang kemasan yang banyak dijual di pasaran. Untuk mencegah asupan natrium yang terlalu tinggi, pilihlah kacang tawar tanpa tambahan garam. Sebab, asupan natrium yang berlebihan dapat meningkatkan tekanan darah tinggi.

4. Alpukat

Selain blueberry, alpukat juga dapat kamu pilih untuk menjaga kesehatan otak. Alpukat mengandung lemak sehat yang baik untuk kesehatan otak dan kesehatan pembuluh darah.

Artikel Lainnya: Redakan Radang Sendi dengan Alpukat

5. Gandum

Gandum merupakan sumber karbohidrat yang baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah. Mengonsumsi makanan sehat ini akan melancarkan aliran darah ke otak. Jadi, kamu dapat mengganti asupan karbohidrat dengan gandum untuk menunjang kesehatan otak dan pembuluh darah.

Kesehatan otak dan pembuluh darah perlu dijaga untuk memastikan tubuh tetap sehat meski telah memasuki masa tua. Perlu diingat bahwa makanan hanya merupakan salah satu faktor dalam menjaga kesehatan otak. Jadi, tetaplah berolahraga teratur dan beristirahat yang cukup demi kualitas hidup yang lebih baik.

Jadi, sudahkah kamu mengonsumsi makanan terbaik untuk otak? Sebisa mungkin kamu perlu mengonsumsi makanan bernutrisi tinggi, tidak hanya untuk kesehatan tubuh, tetapi juga bermanfaat bagi otak. Dengan mengonsumsi makanan sehat bernutrisi fungsi kognitif dan kesehatan otak kamu bisa terjaga dan tetap cemerlang hingga usia tua.

Kamu juga bisa konsultasi seputar makanan yang baik untuk otak atau kondisi medis lainnya lewat fitur tanya dokter online di KlikDokter. Yuk, mulai sekarang #JagaSehatmu dengan download aplikasi KlikDokter untuk mengikuti informasi seputar kesehatan terkini.

[NP/ RVS]

Makanan SehatKesehatan otakOtakkinerja otakfungsi kognitifNatriumDemensiaHipertensiAlzheimerKesehatan Pembuluh Darah

Konsultasi Dokter Terkait

Tanya Dokter