Diet dan Nutrisi

Hindari 8 Makanan Ini Jika Anda Ingin Tidur Nyenyak

Krisna Octavianus Dwiputra, 15 Jul 2019

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Tidur nyenyak adalah kebutuhan setiap orang. Untuk mendapatkannya, hindari makanan dan minuman berikut ini.

Hindari 8 Makanan Ini Jika Anda Ingin Tidur Nyenyak

Bagi sebagian orang mendapatkan tidur yang berkualitas sangat sulit. Padahal tidur nyenyak sangat diperlukan tubuh dan otak untuk bisa bekerja dengan optimal.

Salah satu syarat agar tidur Anda bisa memberikan manfaat yang optimal bagi kesehatan adalah  Anda harus tidur sekitar 7-8 jam pada malam harinya. Untuk bisa mewujudkan hal ini Anda perlu membangun pola tidur yang rutin. Tidur di waktu yang tetap, kondisi ruangan yang redup dan suhu yang pas, adalah beberapa hal yang bisa mendukung tidur Anda bisa nyenyak.

Namun selain itu, asupan makanan dan minuman juga memiliki peran penting. Ada beberapa jenis makanan dan minuman yang justru membuat tidur Anda menjadi tidak berkualitas.

Hindari beberapa makanan dan minuman pengganggu tidur

Ada beberapa kondisi yang bisa mendukung kualitas tidur Anda. Meski demikian ternyata ada juga beberapa jenis makanan dan minuman yang memiliki pengaruh terhadap kualitas tidur.

Ada beberapa jenis asupan yang bisa mengganggu kualitas tidur Anda. Untuk menghindari kondisi tersebut dan demi bisa tidur lebih nyenyak, berikut adalah deretan makanan dan minuman yang perlu Anda hindari:

1. Gorengan

Gorengan adalah jenis makanan berlemak.  Makanan jenis ini akan melewati sistem pencernaan lebih lambat daripada protein dan karbohidrat, sehingga tubuh Anda justru masih akan bekerja pada saat Anda mencoba tertidur,

"Anda tentu tidak ingin sistem pencernaan bekerja ketika tubuh Anda mencoba untuk tidur," kata Richard Shane, PhD, salah satu ahli tidur seperti dikutip dari Reader's Digest.

Makan sebelum tidur, terutama makanan yang digoreng, bertentangan dengan ide memperlambat segalanya sebelum tidur. Ironisnya, Anda justru sering menginginkan makanan cepat saji saat merasa lelah.

2. Sambal pedas

Alasan untuk menghindari makanan pedas sebelum tidur ada dua. Pertama, jenis makanan ini rentan mengiritasi lambung dan menyebabkan mulas, membuat Anda jadi sulit tidur. Sementara yang kedua, makanan pedas juga dapat memperburuk gejala asam lambung.

"Jika Anda mengonsumsi makanan pedas menjelang tidur malam hari, maka keluhan nyeri ulu hati juga akan muncul. Oleh sebab itu, hindarilah makanan pedas dan asam, khususnya jika Anda adalah penderita gastritis atau ulkus lambung," ujar dr. Alvin Nursalim, SpPD dari KlikDokter.

3. Alkohol

Anggapan bahwa alkohol dapat membantu Anda untuk tidur nyenyak ternyata salah besar. Menurut dr. Alvin, konsumsi alkohol sebenarnya justu menyebabkan seseorang lebih sulit untuk mencapai tidur nyenyak pada fase dalam, juga dikenal sebagai tidur REM.

"Jika Anda minum alkohol sebelum tidur, Anda bisa saja bangun dengan rasa kantuk dan kepala yang terasa pusing. Jadi, pastikan bahwa Anda tidak minum alkohol jika Anda ingin memiliki tidur malam yang nyenyak," jelas dr. Alvin.

Selanjutnya

4. Cokelat

Anda mungkin tidak minum kopi sebelum tidur, tetapi hanya makan cokelat. Padahal, pada dasarnya sama saja.

Satu ons cokelat mengandung sekitar 23 miligram kafein, yang merupakan seperempat dari jumlah dalam secangkir kopi. Jadi, makan cokelat sebelum tidur mungkin lebih baik dihindari.

5. Air putih

Bukannya air putih bagus? Mengapa harus dihindari? Sebab, terlalu banyak minum air putih akan membuat Anda terbangun tengah malam untuk kencing. Selain itu, rasa kebelet juga akan menganggu tidur Anda.

Minum air putih yang cukup - 2 liter per hari - memang harus dilakukan. Namun, saat waktu menjelang jam tidur minum sebanyak itu bukanlah ide yang baik. Gantinya, Anda disarankan untuk mencukupi kebutuhan air minum saat siang hari dan sekitar waktu makan malam. Bukan saat menjelang tidur.

6. Kopi

Untuk yang satu ini, sudah tidak mengherankan. Kandungan kafein bisa membuat Anda terjaga, sehingga perlu dibatasi jam konsumsi dan jumlahnya. Sebaiknya, paling lambat pada sore hari, bukan saat menjelang tidur.

7. Es krim rasa kopi

Makan hidangan penutup setelah makan malam, sah-sah saja. Sayangnya, jika Anda memilih es krim rasa kopi, apalagi yang memang mengandung kopi asli dan memiliki kadar kafein tinggi, tidur Anda tidak akan nyenyak.

"Jika bisa, kurangi konsumsi es krim rasa kopi sebelum tidur. Waspadai juga kafein tersembunyi di camilan bentuk bar, yang bisa mengandung biji kopi. Pastikan es krim yang Anda makan sebelum tidur bebas kafein," ujar Christopher Winter, MD, presiden dari Charlottesville Neurology and Sleep Clinic.

8. Minuman olahraga

Minuman olahraga atau pembentuk tubuh, seperti susu atau protein bubuk, sering mengandung kafein untuk meningkatkan kinerja atlet. Jangan meminumnya mendekati waktu tidur, dan periksa label di minuman protein Anda ketika menyelesaikan sesi olahraga untuk memastikan kafein tidak bersembunyi di dalamnya.

“Pastikan minuman olahraga yang Anda konsumsi sebelum tidur adalah minuman yang diperuntukkan pasca-latihan, bukan pra-olahraga. Pasalnya, minuman yang dikhususkan untuk pra-olahraga biasanya mengandung banyak kafein atau stimulan,” kata Dr. Winter.

Itulah deretan makanan yang dianjurkan untuk dihindari jelang tidur supaya Anda bisa tidur nyenyak. Selain itu hentikan kebiasaan ngemil selepas makan malam.

[MS/ RVS]

kafeinTidur Nyenyaktidurmakananminumankopi

Konsultasi Dokter Terkait