Diet dan Nutrisi

12 Makanan Penyebab Jerawat yang Mesti Kamu Hindari

Siti Putri Nurmayani, 31 Okt 2023

Ditinjau Oleh dr. M. Iqbal Ramadhan

Selain karena minyak berlebih, jerawat juga bisa muncul karena makanan yang dikonsumsi. Ini 12 makanan penyebab jerawat yang perlu kamu hindari.

12 Makanan Penyebab Jerawat yang Mesti Kamu Hindari

Tak hanya di wajah, masalah kulit berjerawat juga sering ditemui di dada atau punggung. Jerawat sendiri memiliki tingkat keparahan yang beragam, mulai dari yang ringan seperti komedo, hingga benjolan yang berisi nanah.

Sering kali, munculnya jerawat disebabkan oleh produksi minyak berlebih, sehingga mengakibatkan pori-pori tersumbat. Tak hanya itu, penyebab jerawat juga bisa dipicu oleh makanan yang dikonsumsi.

Oleh karenanya, penting untuk memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi. Berikut beberapa contoh makanan penyebab jerawat:

1. Produk Susu

Disampaikan dr. Muhammad Iqbal Ramadhan, ada beberapa penelitian yang menemukan hubungan antara produk susu dan tingkat keparahan jerawat pada remaja.

“Susu diketahui dapat meningkatkan kadar insulin, terlepas dari pengaruhnya terhadap gula darah yang dapat memperburuk keparahan jerawat. Susu sapi juga mengandung asam amino yang merangsang hati untuk menghasilkan lebih banyak IGF-1, salah satu zat pemicu jerawat,” tutur dr. Iqbal.

2. Makanan Cepat Saji

Burger, kentang goreng, hot dog, soda, dan milkshake merupakan makanan cepat saji yang dapat meningkatkan risiko munculnya jerawat. 

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan oleh Experimental Dermatology, makanan cepat saji dapat memengaruhi kadar hormon, sehingga mendorong timbulnya jerawat.

Kendati demikian, jenis penelitian ini hanya menunjukkan pola kebiasaan makan dan risiko jerawat. Penelitian yang dilakukan tidak membuktikan bahwa makanan cepat saji dapat menyebabkan jerawat.

3. Cokelat

Cokelat sering dianggap sebagai salah satu makanan yang dapat menyebabkan jerawat. Sebenarnya, belum diketahui secara pasti mengapa cokelat dapat meningkatkan jerawat.

Namun, menurut penelitian yang dipublikasikan lewat The Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology, makan cokelat dapat menyebabkan risiko pengelupasan kulit pada lapisan terluar kulit dan meningkatkan kolonisasi bakteri yang dapat menyebabkan jerawat.

Meski begitu, dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui efek dari makan cokelat bagi pertumbuhan jerawat.

4. Whey Protein

Whey protein merupakan salah satu suplemen makanan yang sering dikonsumsi kebanyakan orang. Makanan ini kaya akan asam amino leusin dan glutamin yang dapat membuat sel-sel kulit tumbuh dan membelah lebih cepat, sehingga berkontribusi pada pembentukan jerawat.

Tak hanya itu, asam amino dalam protein whey juga dapat merangsang tubuh untuk menghasilkan insulin lebih tinggi. Hal tersebut tentu dapat memicu perkembangan jerawat.

5. Makanan Tinggi Gula dan Karbohidrat

Berdasarkan Harvard Health Publishing, makanan manis bisa menimbulkan jerawat. Pasalnya, makanan yang tinggi gula seperti nasi putih, madu, soda, dan minuman manis lainnya dapat meningkatkan kadar gula dalam tubuh.

Peningkatan kadar insulin dapat mendorong kelebihan gula ke dalam sel. Hal ini dapat memicu munculnya jerawat pada kulit.

Artikel Lainnya: 8 Penyebab Jerawat di Leher dan Cara Ampuh Mengatasinya

6. Makanan Berminyak

Gorengan atau makanan yang berminyak ternyata dapat meningkatkan risiko munculnya jerawat. 

Makanan berminyak mengandung banyak lemak. Minyak dan lemak yang berlebihan dapat menyebabkan timbulnya jerawat.

7. Olahan Tepung

Sering mengonsumsi makanan olahan tepung seperti roti, pasta, dan sereal dapat memicu munculnya jerawat.

Jenis makanan ini memiliki indeks glikemik yang tinggi dan dapat meningkatkan kadar gula darah. 

Selain itu, kadar insulin yang tinggi juga dapat membuat hormon androgen lebih aktif, sehingga menyebabkan pertumbuhan sel dan produksi sebum jadi lebih cepat. Tentunya, ini bisa menyebabkan timbulnya jerawat di kulit.

8. Makanan kaya Lemak Omega-6

Jika kamu sering makan cornflake atau menambahkan minyak kedelai ke dalam makanan, maka perlu waspada. Soalnya, makanan ini kaya akan lemak omega-6 yang bisa meningkatkan risiko timbulnya jerawat.

Pada dasarnya, lemak omega-6 bersifat inflamasi. Ketika kamu memiliki kulit yang rentan berjerawat, mengonsumsi jenis makanan ini bisa memicu munculnya jerawat di kulit.

Artikel Lainnya: 10 Cara Jitu Mengempeskan Jerawat dalam Semalam

9. Daging

Konsumsi daging berlebihan, seperti daging ayam dan kambing ternyata dapat menyebabkan munculnya jerawat. Bahkan, jerawat yang muncul bisa berukuran cukup besar dan berwarna merah tua. 

Daging merah mengandung asam amino yang disebut leusin. Kandungan ini terbukti dapat menstimulasi kelenjar minyak di kulit dan membuat munculnya jerawat.

10. Kue Kering

Selain tinggi kalori dan memiliki gizi yang rendah, kue kering juga ternyata bisa memicu timbulnya jerawat.

Pasalnya, mengonsumsi makanan kaya akan gula dan lemak dapat memengaruhi kesehatan kulit. Oleh karenanya, dianjurkan untuk menghindari makanan yang tinggi gula.

Artikel Lainnya: 10 Makanan Sehat yang Bikin Wajah Bebas Jerawat

11. Pisang

Pada dasarnya, buah-buahan terkenal dapat memberikan dampak baik untuk kesehatan, termasuk kulit. 

Akan tetapi, tidak dianjurkan untuk mengonsumsi pisang. Soalnya, pisang mengandung indeks glikemik yang tinggi, sehingga bisa menyebabkan timbulnya jerawat.

12. Kafein

Mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kafein dapat meningkatkan terjadinya lonjakan kortisol dalam tubuh. Lonjakan ini dapat menyebabkan tubuh memproduksi minyak secara berlebihan, sehingga menimbulkan jerawat.

Oleh karenanya, tidak dianjurkan mengonsumsi makanan dan minuman yang tinggi kafein dan gula. 

Jika ingin memiliki kulit mulus bebas jerawat, pastikan untuk memerhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi. Tak ketinggalan, #JagaSehatmu dengan rutin membersihkan kulit dan menjaga higienitas kulit.

Bila punya pertanyaan lain seputar cara mengatasi jerawat, jangan sungkan untuk bertanya langsung ke dokter kulit. Yuk, gunakan layanan Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter untuk konsultasi yang lebih praktis.

(NM)

makanan pemicu jerawat

Konsultasi Dokter Terkait