Berita Kesehatan

Fakta Buteyko Breathing, Tidur dengan Mulut Diplester ala Andien

dr. Muhammad Iqbal Ramadhan, 11 Jul 2019

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Buteyko Breathing seperti yang Andien lakukan dengan tidur dengan mulut diplester sedang jadi perbincangan. Seperti apa fakta medisnya?

Fakta Buteyko Breathing, Tidur dengan Mulut Diplester ala Andien

Akhir-akhir ini publik sedang hangat memperbincangkan manfaat di balik Buteyko Breathing, setelah penyanyi Andien membagikan tips kesehatan tersebut melalui akun Instagram pribadinya. Andie mengaku menjalankannya lewat tidur dengan mulut diplester.

Apa yang dilakukan Andien menjadi buah bibir di masyarakat luas karena metode seperti itu dianggap aneh dan terkesan berbahaya. Berikut ini adalah beberapa penjelasan terkait fakta medis yang ada di balik metode Buteyko Breathing.

Buteyko berdampak pada asma?

Metode Buteyko Breathing ini didasarkan pada asumsi bahwa banyak masalah medis, termasuk asma, disebabkan oleh peningkatan laju pernapasan kronis atau pernapasan yang lebih dalam (hiperventilasi).

Namun, teori ini tidak didukung secara luas dalam dunia medis karena kurangnya bukti kuat yang mendukung teori di balik metode yang sebenarnya sudah dikembangkan selama 40 tahun ini. Metode ini, konon dapat melatih kembali pola pernapasan melalui latihan pernapasan dalam dan berulang untuk memperbaiki hiperventilasi.

Menurut para pendukung metode ini, hal tersebut akan mengobati atau menyembuhkan asma serta kondisi lain, seperti Penyakit Paru Obstruksi Kronis (PPOK) yang cenderung disebabkan oleh hiperventilasi.

Inti dari metode Buteyko Breathing adalah serangkaian latihan suatu teknik pernapasan yang berfokus pada pernapasan hidung, penahan napas, dan relaksasi.

Buteyko mengurangi dengkuran saat tidur?

Penelitian yang dilakukan oleh Buteyko Institute Method menunjukkan beberapa pasien dengan keluhan mendengkur atau mengorok dapat dibantu untuk bernapas lebih lembut dan lancar saat bangun dengan teknik Buteyko Breathing. Hal tersebut juga mengarah ke perubahan pola pernapasan saat tidur.

Namun sebenarnya, orang-orang dengan masalah sumbatan jalan napas akan memiliki beberapa gejala, salah satunya adalah mendengkur.

Dalam hal ini, orang dengan sumbatan jalan napas justru akan merasa tidak nyaman jika menutup mulutnya dengan plester saat tidur. Ia akan merasa sesak dan napas jadi cenderung terengah-engah, bahkan terbangun dari tidur.

Selain itu, individu dengan kelainan anatomis hidung juga akan merasakan hal yang sama ketika mulutnya diplester saat tidur. Orang tersebut akan merasakan napas tersengal, sebab metode Buteyko Breathing akan memfokuskan pernapasannya hanya pada hidung saat tidur.

Maka dari itu, jika Anda memiliki kebiasaan mendengkur saat tidur, sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui adakah kemungkinan Anda memiliki sumbatan jalan napas.

Buteyko pengaruhi bau mulut?

Menurut sebuah penelitian, tidur dengan mulut terbuka bisa menambah risiko pengikisan enamel gigi. Sebab, ketika tidur dengan posisi mulut terbuka, air liur di dalam rongga mulut akan berkurang dan cenderung mengering.

Hal itu menyebabkan tingkat keasaman mulut meningkat karena kekurangan air liur yang dapat membunuh bakteri penghasil asam, sehingga berujung pada munculnya bau mulut.

Dengan hidrasi mulut yang baik atau air liur yang cukup, maka masalah bau mulut dapat diturunkan. Namun yang harus diingat juga, terbukti bahwa gangguan tenggorokan, hidung, perut, dan paru juga dapat menyebabkan bau mulut.

Mencuci mulut, flossing, dan membersihkan lidah adalah beberapa metode yang diresepkan oleh dokter untuk mengobati pasien bau mulut. Selain itu, agar Anda bernapas lebih segar, lebih baik minum air putih atau mengunyah permen karet bebas gula dengan campuran mint dibanding memplester mulut saat tidur.

Konsumsi rokok juga dapat dikaitkan dengan keberadaan bau mulut. Maka dengan menghindarinya, napas Anda akan lebih segar, lalu kesehatan pun lebih terjaga.

Kebiasaan tidur dengan mulut diplester yang baru ditularkan Andien memang memiliki dampak positif pada beberapa kondisi medis. Namun, karena penelitian Buteyko Breathing masih kontroversial, bagi Anda yang ingin mengikutinya, sebaiknya bisa mempertimbangkannya dengan ekstra bijak. Terlebih, jika ingin menularkan kebiasaan baru tersebut pada anak atau  anggota keluarga lainya. Konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu jika Anda ingin tahu lebih jauh tentang metode yang satu ini, untuk mencegah risiko yang membahayakan kesehatan Anda.

[MS/ RVS]

tidurngorokAndienAsmamendengkurButeyko BreathingTidur Mulut DiplesterPernapasan ButeykoSumbatan Jalan Napas

Konsultasi Dokter Terkait