Sukses

7 Manfaat Minum Air Kelapa untuk Jemaah Calon Haji

Manfaat minum air kelapa bagi jemaah calon haji tidak boleh dipandang sebelah mata. Lantas apa saja manfaat tersebut?

Klikdokter.com, Jakarta Manfaat minum air kelapa seharusnya dirasakan oleh para jemaah calon haji saat berada di Tanah Suci ketika ibadah haji. Dalam waktu sekitar 40 hari, para jemaah haji asal Indonesia akan melakukan sejumlah aktivitas aktivitas ibadah.

Selama itu juga, ada kemungkinan mengalami dehirasi, sehingga jemaah haji akan lemas atau jatuh sakit, sehingga diperlukan asupan cairan dan gizi yang cukup. Ternyata, minum air kelapa bisa memberi manfaat untuk menghindari hal tersebut.

Kehebatan air kelapa yang sulit ditolak

Dilansir dari Medical News Today, air kelapa memiliki konsentrasi elektrolit yang tinggi serta mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Selama berabad-abad, air kelapa telah dikonsumsi di daerah tropis seluruh dunia.

Begitu juga dalam pengobatan tradisional Ayurvedic, air kelapa dipercaya dapat membantu melancarkan pencernaan dan mengatasi masalah dehidrasi. Meski bukan “obat alami ajaib”, kelapa memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Adapun manfaat minum air kelapa yang dimaksud, antara lain:

  • Bisa menjadi minuman isotonik alami

Penelitian telah menunjukkan, air kelapa memiliki kemampuan sama baiknya dengan minuman olahraga kemasan dalam membuat Anda tetap terhidrasi dan membantu mengisi kembali cairan setelah beraktivitas seharian (tak mesti berolahraga).

Bonusnya lagi, air kelapa mengandung lebih sedikit natrium ketimbang minuman isotonik kemasan. Tak hanya itu, air kelapa juga lebih sedikit mengandung karbohidrat ketimbang jenis minuman peningkat daya tahan tubuh lainnya.

Perlu diketahui, manfaat air kelapa akan lebih terasa apabila Anda mengonsumsinya tanpa tambahan gula dan lain sebagainya.

  • Bisa menjadi pengganti oralit

Menurut dr. Karin Wiradarma dari KlikDokter, air kelapa juga dapat menjadi alternatif oralit, yakni campuran garam, gula, dan air sebagai pengganti mineral dan cairan tubuh yang hilang akibat diare atau muntah-muntah.

Bagi yang memiliki daya tahan tubuh kuat, mungkin risiko untuk mengalami kedua kondisi tersebut kecil. Akan tetapi, bagi mereka yang daya tahan tubuhnya rendah, risiko untuk mengalami diare atau muntah akan tinggi, sehingga air kelapa dapat menjadi penyelamatnya.

  • Menurunkan tekanan darah dan mencegah kram

Air kelapa memiliki lebih dari 10 kali jumlah kalium dari kebanyakan minuman olahraga. Nah, dengan mengonsumsi 405 mg air kelapa setiap hari, kalium di dalamnya dapat membantu Anda menangkal kram.

Selain itu, kalium juga mampu menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh, khususnya saat beraktivitas fisik. Bahkan, karena dapat menyeimbangkan efek natrium pada tekanan darah, air kelapa juga dipercaya bisa membantu menurunkan tekanan darah penderita hipertensi.

  • Membantu memperbaiki jaringan tubuh yang rusak

Bila Anda sedang dalam proses penyembuhan, maka minum air kelapa dapat mempercepat proses tersebut karena air ini kaya akan asam amino. Asam amino sangat penting untuk memperbaiki jaringan dan merupakan bahan pembentuk protein.

Asam amino yang terkandung dalam air kelapa juga dapat membuat tubuh merespons stres dengan lebih baik.

  • Mencegah penuaan dini dan kanker

Air kelapa mengandung senyawa sitokinin, yang dipercaya memiliki kemampuan untuk melawan penuaan dini, sekaligus mencegah terbentuknya sel kanker. Sayangnya, belum ada penelitian besar yang menunjukkan hal tersebut.

  • Menangkal radikal bebas

Kandungan antioksidan dalam air kelapa dapat membantu menetralkan stres oksidatif dan radikal bebas. Usahakan untuk minum air kelapa yang benar-benar berasal dari buah kelapanya langsung.

Apabila air kelapa tersebut sudah diolah dan ditambahkan macam-macam, maka kadar akan antioksidannya berkurang.

  • Mengandung magnesium dan kalsium

Tak cuma susu yang mengandung kalsium, air kelapa pun mengandung zat tersebut, meski kadarnya tak setinggi susu. Selain itu, magnesium dari air kelapa bisa berfungsi membantu produksi energi dan mendukung fungsi organ.

Itulah sejumlah manfaat minum air kelapa. Tak cuma saat mengalami dehidrasi atau haus, Anda tetap dapat meminumnya setiap saat. Khusus untuk jemaah calon haji yang kondisi tubuhnya mudah lemas dan tak tahan cuaca panas, minum air kelapa bisa mencegah Anda dari jatuh pingsan ketika sedang beribadah di Tanah Suci.

[MS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar