Sukses

Tips Mengatasi Ejakulasi Dini

Ejakulasi dini adalah momok menakutkan bagi seorang pria. Tapi tenang, ada beberapa tips untuk mengatasi ejakulasi dini.

Klikdokter.com, Jakarta Ejakulasi dini adalah proses keluarnya sperma yang terjadi lebih cepat dari yang diharapkan saat berhubungan seksual. Hal ini merupakan momok yang sangat ditakutkan para pria dan dapat menimbulkan rasa frustasi, membuat hubungan seksual kurang menyenangkan, dan bisa berdampak pada hubungan. Jika Anda mengalaminya, simak tips untuk mengatasi ejakulasi dini berikut ini.

Sekitar 1 dari 3 pria berusia 18 hingga 59 tahun di Amerika Serikat memiliki masalah ejakulasi dini. Jadi, sebenarnya Anda tak perlu panik, sebab kondisi ini umum terjadi dan dapat diatasi. Sering kali kondisi ini diduga akibat masalah psikologis.

Berikut adalah beberapa kondisi yang membuat Anda didiagnosis mengalami ejakulasi dini:

  • Ejakulasi hampir selalu terjadi sekitar 1 menit setelah melakukan penetrasi.
  • Tidak dapat menunda ejakulasi saat berhubungan seksual.
  • Merasa tertekan atau frustasi dan jadi cenderung menghindari keintiman seksual.

 

1 dari 2 halaman

Mengatasi ejakulasi dini

Membicarakan tentang kondisi ejakulasi dini dengan pasangan adalah langkah yang penting untuk mengatasinya. Konseling berpasangan atau terapi seks juga dapat membantu.

Namun, paling penting adalah bagaimana belajar untuk rileks. Kecemasan hanya akan membuat ejakulasi dini bertambah parah.

Terdapat beberapa tips yang dianjurkan untuk membantu mengatasi ejakulasi dini. Berbagai tips berikut juga dapat dikombinasikan dalam satu waktu, yaitu:

  • Masturbasi satu hingga dua jam sebelum berhubungan seksual.
  • Gunakan kondom untuk membantu mengurangi sensasi.
  • Tarik napas dalam untuk sekejap menghentikan refleks ejakulasi.
  • Berhubungan seksual dengan pasangan berada di atas, agar pasangan dapat menarik diri saat Anda mau ejakulasi.
  • Ada istirahat saat berhubungan seksual dan alihkan perhatian Anda pada sesuatu yang sangat berbeda.
  • Latihan Kegel untuk memperkuat otot dasar panggul mungkin bisa membantu. Caranya, hentikan aliran kemih Anda, tahan selama tiga detik, kemudian lepaskan selama tiga detik. Lakukan sebanyak sepuluh kali, setidaknya tiga kali sehari.
  • Hindari berhubungan seksual dalam periode waktu tertentu dan fokus terhadap jenis permainan seksual lainnya, sehingga tekanan bisa hilang.
  • Jika Anda menjalani hubungan jarak jauh, melakukan terapi pasangan mungkin akan memberikan manfaat.
  • Lakukan terapi psikologis untuk mempelajari sumber masalah dan mencari solusi untuk menghentikan ejakulasi dini.
  • Lakukan terapi perilaku untuk membangun toleransi, sehingga bisa memperlambat ejakulasi. Terapi ini sendiri memiliki 2 metode, yaitu:
    1. Metode squeeze

    Pasangan menstimulasi penis Anda hingga mau ejakulasi. Lalu, pasangan meremas penis dengan kuat hingga ereksi berkurang.

    Tujuannya agar Anda menyadari sensasi yang mengarah ke klimaks, kemudian dapat lebih baik dalam mengendalikan atau menunda klimaks sendiri.

    1. Metode stop-start

    Pasangan merangsang penis hingga hampir ejakulasi, kemudian berhenti. Saat Anda kembali mendapatkan kendali, minta pasangan untuk kembali merangsang penis Anda.

    Ulang proses ini sebanyak 3 kali dan ejakulasi baru boleh dilakukan saat ke-4 kalinya. Lakukan metode ini tiga kali seminggu dengan pasangan Anda hingga Anda dapat mengendalikan lebih baik.

Selain beberapa tips di atas, Anda juga dapat melakukan terapi medis untuk mengatasi ejakulasi dini. Terdapat beberapa obat, krim, atau semprotan mati rasa yang dapat memperlambat ejakulasi.

Salah satunya adalah obat golongan antidepresan, yang dapat diminum setiap hari atau hanya saat sebelum berhubungan seksual. Dokter yang akan menentukan kapan sebaiknya Anda mengonsumsi obat tersebut.

Kemudian untuk krim atau semprotan mati rasa, oles atau semprotkan pada kepala penis sekitar 20 hingga 30 menit sebelum berhubungan seksual. Lalu, cuci penis sekitar 5 hingga 10 menit sebelum berhubungan seksual untuk menghindari mati rasa pada vagina pasangan.

Namun ingat, penggunaannya harus dikonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter ahli.

Beragam tips di atas bisa Anda coba untuk mengatasi ejakulasi dini. Namun apabila kondisi tersebut tidak juga membaik dan Anda semakin frustrasi, sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter spesialis urologi atau dokter spesialis psikiatri.

[MS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar