Sukses

Komponen Penting yang Harus Ada dalam Bekal Si Kecil

Pastikan komponen penting ini ada di dalam bekal Si Kecil, agar kebutuhan gizi hariannya bisa terus terpenuhi.

Klikdokter.com, Jakarta Membawa bekal adalah cara tepat yang bisa Bunda lakukan untuk menjaga kesehatan dan performa Si Kecil di sekolah. Dengan membawa bekal, kebutuhan gizi harian Si Kecil akan senantiasa terpenuhi, sehingga ia memiliki sistem kekebalan tubuh yang prima dan tumbuh kembang yang optimal.

Akan tetapi, supaya bekal yang dibawa Si Kecil benar-benar mampu memberikan manfaat sehat, Bunda perlu memerhatikan beberapa aspek penting, seperti:

  • Kebersihan

Penting untuk menjaga kebersihan sebelum menyiapkan bekal Si Kecil. Dalam hal ini, Bunda wajib mencuci tangan dan memastikan semua peralatan memasak dan kotak bekal Si Kecil dalam keadaan bersih dan kering. Periksa pula tanggal kedaluwarsa bahan makanan yang akan diolah untuk menjadi bekal Si Kecil.

  • Porsi

Sesuaikan porsi bekal yang Bunda berikan untuk Si Kecil. Hindari memberikan sesuatu terlalu berlebihan. Sebab, memberikan bekal terlalu banyak berisiko membuatnya terbuang sia-sia.

Selain itu, perhitungkan juga lama Si Kecil berada di sekolah. Apabila Si Kecil masih duduk di bangku TK dan sudah pulang pukul 11 atau 12 siang, Bunda cukup membawakan camilan sehat seperti susu, buah-buahan atau yoghurt. Namun, apabila Si Kecil akan melewatkan siang hari di sekolah, selain camilan sehat, jangan lupa membekalinya dengan makan siang.

  • Komposisi

Pastikan bekal Si Kecil mengandung gizi lengkap dan seimbang, yang mengandung komponen karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral.

Untuk karbohidrat, Bunda bisa memilih nasi putih, nasi merah, mi, bihun, pasta, kentang, roti atau jagung. Untuk protein, tersedia pilihan daging sapi, ayam, ikan, cumi-cumi, udang, telur, tahu, dan tempe. Sedangkan untuk lemak baik bisa didapat dari minyak zaitun dan alpukat. Vitamin dan mineral bisa didapat dari berbagai buah-buahan dan sayur-sayuran.

  • Variasi

Supaya Si Kecil tidak mudah bosan dengan bekal yang diberikan, Bunda wajib melakukan inovasi setiap hari, baik dengan pemilihan menu maupun bentuk bekal yang lebih menarik.

Contohnya: hari Senin Bunda membawakan bekal nasi goreng dengan telur ceplok, buncis, dan wortel. Nah, untuk hari Selasa, Bunda bisa memberikan spageti bolognaise dengan daging sapi dan wortel. Rabu waktunya mi ayam dengan caisim. Hari Kamis bisa dijadwalkan untuk pizza dengan daging ayam, tomat, dan jamur. Sementara untuk hari Jumat, Bunda bisa membawakan roti lapis buatan sendiri yang berisikan daging, selada, tomat, keju, saus tomat, dan mayonais.

Sebagai sajian pelengkap bekal untuk Si Kecil, Bunda bisa menyertakan susu cair yang siap minum (ready to drink). Susu jenis ini adalah pilihan bekal praktis yang sangat mudah dibawa ke mana-mana, termasuk untuk melengkapi bekal sehat Si Kecil.

Pilihan susu ready to drink yang paling baik adalah Morinaga Chil*Go!, yang juga merupakan susu steril dalam bentuk cair yang Enak Bernutrisi. Dengan kandungan kolin serta inositol, zat besi, yodium, dan vitamin B kompleks, MorinagaChil*Go! dapat membantu mendukung kecerdasan multitalenta Si Kecil usia 1–12 tahun.

Morinaga Chil*Go! memiliki kandungan serat pangan inulin 1700 miligram untuk mendukung kesehatan saluran cerna dan mengoptimalkan sistem imun tubuh Si Kecil. Susu cair yang tidak mengandung bahan pengawet ini hadir dalam lima pilihan rasa yang disukai Si Kecil, yaitu cokelat, vanila, stroberi, pisang, dan melon madu sehingga cocok untuk variasi bekal Si Kecil.

Sertakan selalu Morinaga Chil*Go! dalam bekal sehat yang Bunda siapkan untuk Si Kecil. Dengan begini, kebutuhan gizi Si Kecil akan selalu terpenuhi setiap hari sehingga dirinya terus sehat dan memiliki tumbuh kembang yang optimal.

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar