Diet dan Nutrisi

Deretan Makanan Sehat untuk Bangkitkan Semangat

dr. Dyah Novita Anggraini, 20 Jan 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Tahukah Anda, ada sejumlah makanan yang dapat membantu membangkitkan mood Anda? Simak ulasan selengkapnya.

Deretan Makanan Sehat untuk Bangkitkan Semangat

Dalam keseharian, mungkin Anda sering kali dihadapkan pada berbagai permasalahan yang membuat mood terganggu. Baik itu soal pekerjaan, kemacetan, atau hubungan dengan pasangan. 

Namun, jangan khawatir. Ternyata ada cara sederhana untuk membantu mengembalikan mood Anda yang terganggu. 

Untuk mendongkrak semangat agar kembali menggebu, tidak butuh usaha yang terlalu sulit. Sejumlah pakar mensinyalir bahwa mengonsumsi makanan yang tepat dapat membuat Anda bersemangat untuk menjalani hari.

Berikut adalah 10 makanan pembangkit mood yang bisa Anda konsumsi: 

1. Oatmeal

Makanan pembangkit mood yang bisa Anda coba adalah oatmeal. Oatmeal merupakan sumber karbohidrat kompleks yang penuh serat dan gizi penting untuk tubuh. 

Makanan ini dinilai sebagai makanan sehat karena lebih lambat untuk dicerna sehingga memasok energi secara merata. 

Salah satu cara meningkatkan mood di pagi hari adalah dengan mengonsumsi oatmeal saat sarapan. Semangkuk oatmeal di pagi hari akan membuat Anda berenergi dan bersemangat dalam memulai aktivitas.

Artikel Lainnya: Mood Menurun Saat Hujan? Ini Solusinya!

2. Telur

Makanan pembangkit mood berikutnya adalah telur. Hal ini karena telur dapat memberikan suplai energi yang efektif. Satu butir telur hanya mengandung 70 kalori dan memiliki 6 gram protein. 

Itu memberikan “bahan bakar” yang dilepaskan perlahan, sehingga tubuh menjadi lebih berenergi. Protein dan kalori di dalam telur membantu meningkatkan energi, memberikan rasa kenyang, dan juga terdapat kandungan vitamin dan mineral lainnya di dalam telur untuk nutrisi di dalam tubuh. 

3. Daging Ayam Tanpa Kulit

Daging ayam tanpa kulit adalah makanan pembangkit mood  jika Anda konsumsi pada porsi yang tepat. 

Ini karena daging ayam adalah sumber protein yang baik dan memiliki sedikit kandungan lemak jenuh, sehingga sangat baik untuk dikonsumsi secara rutin. Khususnya bagi Anda yang butuh pendongkrak semangat untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

Artikel Lainnya: Cara Cepat Membangkitkan Mood Anda

4. Hati Sapi

Hati sapi adalah salah satu sumber vitamin B12 terbaik. Makanan pembangkit mood yang satu ini juga memiliki banyak protein yang membuat Anda tetap bertenaga untuk waktu yang lama. 

Kandungan vitamin B12 atau riboflavin di dalamnya dapat mengubah makanan menjadi energi untuk tubuh.

5. Tiram

Tiram mengandung omega-3 dan zink yang baik untuk kesehatan. Dalam 100 gram tiram juga terdapat 30 kalori energi. Dengan begitu, tiram dapat menjadi makanan pembangkit mood yang tepat.

6. Kacang Polong

Kacang polong adalah sumber protein yang hebat dan menjadi salah satu makanan pembangkit mood yang bisa Anda konsumsi, terutama jika Anda vegetarian. 

Kacang polong kaya akan serat yang dapat memperlancar pencernaan, serta tinggi magnesium sehingga mampu meningkatkan energi. Itulah mengapa dengan mengonsumsi kacang polong, Anda akan lebih segar dan bersemangat kembali.

Artikel Lainnya: Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi Mood Swing saat Haid

7. Ikan Sarden

Selain menyediakan protein hewani berkualitas tinggi, ikan sarden juga dapat menjadi makanan pembangkit mood karena dapat memasok energi secara stabil.

Ikan sarden cocok dikonsumsi saat sarapan agar kebutuhan energi Anda dapat terpenuhi sebelum memulai hari. Jenis ikan laut ini juga memiliki banyak asam lemak omega-3 (EPA dan DHA) yang membantu mencegah penyakit jantung

8. Buah Beri

Buah beri, misalnya stroberi dan blueberry, adalah makanan sempurna jika Anda sedang ingin yang manis-manis dan tidak memiliki banyak kalori. Buah beri juga mengandung antioksidan yang dapat mencegah kerusakan sel-sel.

Anda dapat menjadikan buah beri sebagai makanan pembangkit mood dan kudapan sehat di antara waktu makan.

9. Cokelat Hitam (Dark Chocolate)

Cokelat hitam adalah salah satu makanan pembangkit mood yang sudah dikenal oleh masyarakat luas. Berdasarkan sejumlah penelitian, coklat hitam terbukti dapat meningkatkan suasana hati. 

Antioksidan dalam cokelat hitam juga dapat membantu menurunkan tekanan darah dan memperlancar aliran darah. Itulah mengapa cokelat hitam berguna untuk menurunkan tekanan darah tinggi serta kolesterol.

Artikel Lainnya: Mengungkap Pengaruh Jam Kerja Organ Tubuh terhadap Mood

10. Air Putih

Ketika tubuh kekurangan cairan, Anda akan mudah menjadi lelah dan mengalami badan lemas. Pasalnya, air berperan dalam proses transportasi bahan bakar dan gizi ke sel-sel di dalam tubuh serta membantu membuang limbah.

Oleh karena itu, jika Anda ingin lebih semangat dan berenergi, konsumsilah air putih setidaknya 7–8 gelas dalam sehari. Pastikan Anda menghindari minuman bersoda atau mengandung banyak gula, ya!

Apakah Anda sudah siap untuk menjalani hari dengan lebih semangat dan berenergi? Sebaiknya Anda selalu sedia makanan penambah semangat di rumah maupun di tempat kerja Anda.

Jangan lupa, makanan pembangkit mood di atas tidak boleh dikonsumsi berlebihan. Seimbangkan dengan asupan makanan lainnya yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral. 

Pastikan pula Anda menerapkan gaya hidup sehat seperti rutin olahraga minimal 30 menit dalam sehari dan tidur cukup 8 jam, agar kesehatan tubuh senantiasa terjaga, sehingga segala hal positif yang direncanakan bisa berjalan sesuai harapan.

Bila ingin konsultasi ke dokter mengenai makanan sehat atau nutrisi, gunakan Live Chat di KlikDokter.

[FY]

Makanan SehatTips Sehat

Konsultasi Dokter Terkait