Sukses

Tubuh Langsing dengan Camilan Sehat

Mewujudkan tubuh langsing tidak berarti Anda harus menghindari camilan lo. Berikut camilan sehat yang dapat membuat tubuh Anda tetap langsing.

Klikdokter.com, Jakarta Camilan selalu dikaitkan dengan makanan penyebab naiknya berat badan seseorang. Namun, jika Anda lebih selektif dalam memilih, ada juga camilan sehat yang bisa membuat tubuh langsing. Apa saja contohnya? Simak di bawah ini. 

Sebagian besar orang biasa menahan lapar jika ingin mendapatkan berat badan ideal. Padahal, dengan mengonsumsi camilan sehat, Anda dapat terhindar dari makan berlebih dan menjaga metabolisme pembakaran lemak di dalam tubuh.

Hal tersebut disebabkan camilan sehat dapat mengurangi rasa lapar dan menjaga asupan kalori. Selain itu, camilan sehat juga dapat meningkatkan kesehatan dan memperbaiki mood

Ragam camilan sehat yang tidak menaikkan berat badan

Dalam memilih jenis camilan sehat, hal yang paling harus Anda hindari adalah makanan terlalu manis atau tinggi kalori. Berikut adalah beberapa camilan sehat yang akan membuat tubuh Anda tetap langsing:

  • Roti Gandum

Roti gandum bisa menjadi sumber karbohidrat yang sangat baik karena dinilai bisa menghasilkan energi yang cukup, tapi tidak tinggi karbohidrat. Sebagai pemanis alami, Anda bisa menambahkan beberapa topping di atasnya, seperti selai buah dan madu.

  • Campuran buah dan yoghurt 

Campuran buah dan yoghurt bisa menjadi sumber energi yang tepat agar Anda tidak mudah merasa lapar. Sehingga, Anda pun jadi tidak terlalu banyak makan.

Salah satu buah yang baik untuk pencernaan adalah pisang, yang cukup kaya akan kandungan serat dan karbohidrat. Selain itu, pisang juga mengandung potasium yang dapat membantu fungsi otot dan saraf.

  • Biji-bijian

Camilan yang terbuat dari biji-bijian utuh, seperti oat, kaya akan serat dan karbohidrat kompleks yang dapat membuat tubuh senantiasa berenergi. Struktur tinggi seratnya dapat memfasilitasi pelepasan karbohidrat dengan stabil, sehingga akan memberi Anda energi untuk beraktivitas seharian. 

Oat juga mengandung vitamin yang berguna untuk membantu mengubah karbohidrat menjadi energi. Untuk menambah cita rasa agar tetap enak di lidah, tambahkan kacang-kacangan yang juga tinggi protein dan serat.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

  • Smoothie Buah

  • Smoothie Buah

Mengonsumsi smoothie buah dapat membantu tubuh mendapatkan energi cukup karena mengandung protein berkualitas tinggi. Selain itu, smoothie buah juga mudah dicerna dan memiliki kombinasi karbohidrat sederhana.

  • Teh hijau

Camilan tidak selalu harus berbentuk makanan. Sebagai pengganti minuman dingin, sirup, atau soda yang tinggi gula, Anda dapat memilih teh hijau sebagai minuman selingan. 

Teh hijau dianggap mampu membantu menurunkan berat badan berkat kandungan antioksidannya yang bisa meningkatkan metabolisme tubuh. Namun ingat, pilih jenis teh hijau seduh asli, bukan yang di dalam kemasan dan dengan tambahan pemanis buatan.

  • Produk olahan susu rendah lemak

Keju, yoghurt, dan produk olahan susu lain merupakan sumber kalsium dan protein, serta vitamin dan mineral. Untuk dijadikan camilan sehat, pilih yang rendah lemak, tapi memiliki cukup nutrisi, kalori, dan serat. Dengan begitu, gula darah pun akan stabil. 

Satu lagi, jika Anda memang menghindari kenaikan berat badan, pilih produk dengan label rendah kalori dan tanpa pemanis tambahan.

  • Telur

Sebelum aktivitas di pagi hari, mengonsumsi terlalu banyak lemak dan karbohidrat bisa menyebabkan ngantuk, lesu, dan perut kembung saat beraktivitas. 

Oleh karenanya, dianjurkan untuk mengonsumsi putih telur karena tidak mengandung lemak dan dapat memberi Anda 4 gram protein. Asupan ini juga bisa Anda konsumsi saat Anda butuh camilan ketika lapar.

Kunci agar tubuh langsing tetap terjaga kondisinya bukan dengan sama sekali tidak makan, melainkan dengan lebih cerdas dalam memilih camilan. Hindari makanan manis dan produk olahan tinggi kalori, tapi pilih camilan sehat dan berenergi, sehingga produktivitas terjaga, berat badan tetap ideal, dan tubuh tetap bugar.

[MS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar