Mata

Cara Menjaga Kesehatan Mata untuk Generasi Milenial

dr. Valda Garcia, 08 Jul 2019

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Generasi milenial perlu kiat khusus dalam menjaga kesehatan mata. Tingginya paparan gawai membuat mereka berisiko tinggi kena gangguan mata.

Cara Menjaga Kesehatan Mata untuk Generasi Milenial

Generasi milenial rupanya perlu kiat untuk menjaga kesehatan mata. Pasalnya baik hobi maupun pekerjaan mereka saat ini menuntut mereka untuk terpapar cahaya dan radiasi dari gawai (gadget) mereka. Tingginya paparan gadget tersebut tentu saja tidak bisa diabaikan. lalu bagaimana cara terbaik generasi milenial menjaga kesehatan matanya? Simak penjelasan berikut ini.

Kondisi di atas memang cukup mengkhawatirkan, sebab kesehatan mata terkadang masih sering diabaikan. Apalagi ada sebuah studi yang menyatakan bahwa 4 dari 10 milenial menghabiskan waktu sekitar 9 jam dalam sehari untuk bekerja di depan layar komputer atau gadget.

Masalah kesehatan mata generasi milenial

Berdasarkan salah satu jurnal di Asia Pasifik, penyebab gangguan refraksi seperti mata minus dapat dipengaruhi oleh faktor genetik dan faktor risiko lain, di antaranya adalah pekerjaan jarak dekat, termasuk dalam pemakaian gadget.

Dengan peningkatan jumlah pengguna komputer dan gadget yang begitu pesat dalam beberapa tahun terakhir, terdapat hubungan erat antara durasi penggunaan gadget dengan perkembangan gangguan refraksi, khususnya mata minus atau miopia.

Berdasarkan penelitian tersebut, 70 persen generasi milenial dilaporkan mengalami masalah kesehatan mata dengan gejala mata lelah. Jika tidak tertangani dengan baik, keluhan ini dapat semakin berat hingga menimbulkan penglihatan buram dan sakit kepala.

Paling sering, keluhan ini muncul ketika melakukan pekerjaan di depan komputer atau gadget dalam waktu panjang.

Penyebab masalah kesehatan mata pada generasi milenial

Berikut adalah beberapa penyebab masalah kesehatan mata pada generasi milenial yang identik dengan penggunaan computer atau gadget berlebih:

  • Mata dipaksa untuk fokus terlalu lama

Saat bekerja di depan layar komputer, mata akan dipaksa untuk terus fokus dalam waktu lama. Ketika mata sudah fokus terlalu lama, makan otot mata akan merasa lelah dan tegang.

  • Kurangnya frekuensi berkedip

Ketika mata sangat fokus menatap layar komputer atau gadget, terkadang frekuensi berkedip pun akan semakin menurun. Ketika hal ini terjadi terus-menerus, maka akan memicu mata kering yang dapat menimbulkan gejala gatal hingga iritasi.

Bahkan, ketika seseorang dengan mata kering tidak sengaja menggosok atau mengucek mata, akan meningkatkan risiko mata terkena infeksi hingga menimbulkan luka pada kornea.

  • Kondisi ruangan terlalu terang

Pada saat bekerja dengan komputer atau gadget, terkadang dibutuhkan kondisi ruangan yang terang. Padahal, hal ini bisa menimbulkan efek silau yang dapat memicu iritasi pada mata hingga menimbulkan mata lelah.

  • Paparan blue light

Selain durasi bekerja di depan layar komputer atau gadget yang panjang, gangguan kesehatan mata juga dipengaruhi oleh paparan blue light atau cahaya biru dari layar gadget, yang dapat mengganggu kesehatan saraf mata.

Tips menjaga kesehatan mata untuk generasi milenial

Meski bisa menjadi penyebab berbagai gangguan kesehatan mata pada generasi milenial, tapi penggunaan komputer dan gadget tak dapat dihindari karena tuntutan perkembangan.

Oleh sebab itu, berikut adalah beberapa tips yang dapat diterapkan untuk menjaga kesehatan mata saat harus banyak menatap layar komputer atau gadget:

  • Terapkan "aturan 20-20-20", yaitu setiap bekerja di depan layar komputer atau gadget selama 20 menit, Anda harus berhenti dan menatap pada suatu obyek jarak jauh (jarak minimal 20 kaki) selama 20 detik atau lebih.
  • Mengatur pencahayaan ruangan dan kontras pada tampilan layar komputer atau gadget agar tetap nyaman bagi mata.
  • Menentukan jarak kerja yang sesuai.
  • Meningkatkan frekuensi mengedip secara sadar.
  • Melakukan pemeriksaan dan terapi yang tepat untuk berbagai gangguan penglihatan yang memerlukan koreksi (gangguan refraksi).

Menjaga kesehatan mata bagi generasi milenial adalah hal yang krusial. Hal ini karena paparan layar komputer dan gadget dalam jangka waktu yang lama sering tidak bisa mereka hindari. Akibatnya kesehatan mata mereka juga turut terganggu. Oleh karena itu, terapkan beberapa tips yang dapat membantu menjaga kesehatan mata seperti disarankan di atas untuk menghindari gangguan kesehatan pada mata.

[MS/ RVS]

Kesehatan Matamata lelahMiopiagawaigenerasi milenialMata MinusRefraksiMenjaga Kesehatan MataCahaya Birupenglihatan buram

Konsultasi Dokter Terkait