Sukses

Nutrisi Agar Si Kecil Tetap Sehat Saat Aktivitas di Luar Rumah

Supaya Si Kecil tetap bertenaga saat melakukan aktivitas di luar rumah, salah satu aspek yang perlu Bunda perhatikan adalah nutrisi.

Klikdokter.com, Jakarta Anak yang aktif merupakan salah satu keinginan orangtua. Hal ini dikarenakan, aktivitas-aktivitas tersebut dapat mengasah kreativitas Si Kecil. Lantas, apa yang perlu dilakukan agar Si Kecil tetap sehat dan semangat saat melakukan aktivitas di luar rumah?

Salah satu hal yang perlu Bunda perhatikan adalah aspek kecukupan nutrisi. Karena Si Kecil sedang berada pada fase tumbuh kembang dan membutuhkan asupan nutrisi yang cukup. 

Nah, berikut ini tips yang perlu Bunda perhatikan agar aktivitas Si Kecil di luar rumah bisa menyenangkan dan tumbuh kembangnya terus terjaga:

  • Terus penuhi kebutuhan nutrisinya

Kebutuhan makronutrien (karbohidrat, lemak, dan protein) serta mikronutrien (vitamin dan mineral) harus tetap terpenuhi agar Si Kecil tidak mengalami kekurangan asupan nutrisi. Meski sedang bermain di luar rumah, usahakan untuk tetap memberikan 3 kali makan porsi sedang dengan 2 kali makanan selingan (sesuai dengan jumlah dan frekuensi makan sehari-hari).

Bunda juga dapat memberikan susu Morinaga Chil*Go! dengan kandungan serat pangan inulin 1700 miligram, kolin dan inositol, vitamin B kompleks, zat besi, yodium, kalsium, serta vitamin A, C, dan E. Kandungan-kandungan tersebut berperan penting untuk memberikan pertahanan tubuh ganda dan menjaga kesehatan pencernaan Si Kecil. 

Hadir dengan varian rasa cokelat, vanila, stroberi, pisang dan melon madu yang pasti disukai Si Kecil, upaya Bunda dalam memenuhi nutrisi harian menjadi lebih mudah bersama Morinaga Chil*Go! yang Enak Bernutrisi. Bunda tak perlu cemas karena Morinaga Chil*Go! tidak menggunakan bahan pengawet serta telah melewati proses produksi yang bebas bakteri merugikan.

Dan jangan lupa, penuhi juga kebutuhan serat buah hati Bunda dengan banyak mengonsumsi buah dan sayur. Dengan demikian, nutrisi Si Kecil akan tetap terjaga meski ia sering beraktivitas di luar rumah.

  • Jangan lewatkan waktu makan 

Sebagian besar anak enggan digganggu saat sedang beraktivitas di luar rumah bersama teman-temannya. Meski begitu, Bunda tetap harus berupaya agar ia mau pulang ke rumah untuk menyantap makanan yang disajikan. Salah satu cara yang bisa dicoba adalah dengan menyajikan menu sehat dan bergizi yang disukai Si Kecil. 

  • Ajarkan kebiasaan hidup bersih dan sehat

Ajarkan Si Kecil untuk selalu menjaga kebersihan tangan, dengan menerapkan kebiasaan mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir khususnya sebelum dan sesudah makan, setelah dari toilet, dan sesudah beraktivitas.

Selain itu, ajarkan pula Si Kecil untuk mandi menggunakan sabun setelah beraktivitas. Kebiasaan positif ini sangat baik untuk dilakukan setidaknya dua kali sehari, yaitu pagi dan sore agar tubuh bersih dan bebas kuman sehingga kesehatan senantiasa terjaga.

  • Lakukan pemantauan berat badan secara berkala 

Bunda perlu waspada dan melakukan pemantauan berat badan secara berkala. Hal ini untuk memastikan bahwa berat badan Si Kecil tidak semakin turun gara-gara terlalu sering beraktivitas di luar rumah.

Jikalau terjadi demikian, Bunda perlu mengevaluasi kembali bagaimana pemenuhan nutrisi selama ia beraktivitas. Pada anak dengan masalah kesehatan seperti gizi buruk atau menderita penyakit kronik, aktivitas luar rumah sebaiknya tidak dilakukan terlalu sering karena berisiko menganggu kesehatannya.

Melakukan aktivitas di luar rumah dapat menjadi ajang Si Kecil untuk mengembangkan bakat yang ada di dalam dirinya. Meski begitu, Bunda tetap perlu melakukan pengawasan agar kebutuhan nutrisi Si Kecil terus terpenuhi sehingga ia terus memiliki tumbuh kembang yang optimal.

[NB / NP/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar