Sukses

Kista Tiroid, Bahayakah?

Jika ada benjolan di leher, bisa jadi itu kista tiroid. Apakah itu berbahaya? Berikut fakta medisnya.

Klikdokter.com, Jakarta Adanya benjolan di leher bisa menandakan beberapa hal, salah satunya adalah kista tiroid. Kista tiroid merupakan benjolan padat atau kantung berisi cairan yang terbentuk pada permukaan kelenjar tiroid yang berada di dasar leher.

Jika Anda mengalami benjolan di leher semacam ini, tentu saja tidak boleh diabaikan. Lalu apakah kondisi ini berbahaya?

Penyebab benjolan tiroid

Sampai detik ini masih belum bisa diketahui pasti penyebab benjolan tersebut. Hingga usia 60 tahun, setengah dari populasi manusia akan memiliki benjolan di tiroid. Meski penyebabnya masih misterius, tetapi ada beberapa kondisi medis yang menyebabkan benjolan terbentuk, yakni:

  • Tiroiditis: peradangan kronis yang berhubungan dengan aktivitas tiroid yang rendah (hipotiroid).
  • Kekurangan iodin: merupakan akibat dari pola makan yang rendah iodin.
  • Adenoma tiroid: sebagian besar bersifat jinak, tetapi sebagian kecilnya memproduksi hormon tiroid, sehingga terdapat kondisi tiroid hiperaktif (hipertiroidisme).
  • Kista tiroid: biasanya disebabkan oleh adenoma tiroid yang mengalami degenerasi.
  • Kanker tiroid: sebagian benjolan pada tiroid bukanlah kanker, tetapi kemungkinan ini ada saja walaupun kecil.

Sebagian besar benjolan tiroid bukanlah kondisi serius dan umumnya tidak menimbulkan tanda maupun gejala. Anda kemungkinan tak akan tahu bahwa Anda memilikinya setelah dokter melakukan pemeriksaan fisik di leher.

Meski begitu, beberapa benjolan tiroid bisa membesar, sehingga jelas terlihat, teraba, atau menyebabkan sulit menelan atau bernapas karena menekan tenggorokan maupun kerongkongan. Pengobatannya sendiri akan bergantung dari tipe benjolan yang dimiliki.

Pada kasus ketika benjolan memproduksi hormon tiroksin (hormon kelenjar gondok) tambahan yang dikeluarkan oleh kelenjar tiroid, akan menyebabkan gejala hipertiroid seperti:

  • Penurunan berat badan yang tidak diketahui sebabnya.
  • Keringat berlebih.
  • Tremor atau gemetar pada kedua tangan.
  • Rasa cemas berlebihan.
  • Detak jantung yang tidak teratur dan lebih cepat dari biasanya.

Sebagian benjolan tiroid bersifat ganas dan menjadi kanker, tetapi menentukan mana yang ganas tidak bisa dilakukan hanya dengan melihat gejala semata. Sebagian benjolan yang ganas tumbuh secara perlahan dan berukuran kecil ketika pertama kali ditemukan.

Kanker tiroid yang agresif jarang ditemukan. Tetapi benjolannya bisa berwujud besar, tetap di tempat, tidak dapat digerakkan, serta tumbuh dengan cepat.

1 dari 2 halaman

Kapan kista tiroid berbahaya?

Walaupun sebagian besar benjolan tiroid bersifat jinak dan tidak menimbulkan masalah, konsultasi dengan dokter tetap diperlukan. Langkah ini penting untuk menilai ada atau tidaknya pembengkakan yang tidak biasa di leher, terutama jika ada gangguan bernapas atau menelan. Selain itu, penting juga untuk menilai adanya kemungkinan kanker.

Segera periksakan diri ke dokter jika Anda mengalami tanda dan gejala hipertiroidisme seperti:

  • Penurunan berat badan yang signifikan secara tiba-tiba padahal nafsu makan normal atau meningkat.
  • Dada terasa berdebar.
  • Sulit tidur.
  • Kelemahan otot.
  • Rasa cemas atau mudah tersinggung

Jika Anda memiliki kista tiroid yang jinak dan berukuran kecil, biasanya yang dilakukan adalah menunggu sambil mengamati. Anda akan disarankan dokter untuk melakukan USG leher dari waktu ke waktu untuk memonitor apakah benjolan tiroid tersebut tumbuh semakin besar.

Dokter juga akan memeriksa kadar hormon tiroid Anda secara teratur. Jika terdapat perubahan, Anda mungkin akan membutuhkan obat-obatan untuk mengatur kadar hormon.

Jika Anda memiliki benjolan di leher seperti kista tiroid, sebaiknya memang memeriksakan diri. Meski umumnya bukan masalah serius, namun tetap ada kemungkinan kondisi tersebut bisa merupakan tanda atau gejala kondisi medis yang serius. Jika Anda mengalami gejala yang mengganggu, konsultasi dan skrining awal akan berguna untuk menepiskan penyakit yang mungkin menyerang Anda.

(RN/ RVS)

1 Komentar