Sukses

Manfaat di Balik Golden Milk, si Minuman Sehat Kekinian

Golden milk menjadi salah satu minuman yang digemari saat ini. Apakah minuman sehat kekinian ini memang bermanfaat?

Klikdokter.com, Jakarta Industri kuliner dewasa ini sangat berwarna. Kini muncul minuman sehat kekinian yang dinamakan golden milk (susu emas) setelah sebelumnya beberapa makanan dan minuman lain – seperti kue boba dan milk tea – menjadi tren.

Dinamakan demikian karena minuman ini berwarna keemasan. Warna emas ini berasal dari kandungan kunyit di dalamnya. Susu emas saat ini sedang tren di kota besar dunia, seperti Sydney, London, dan Los Angeles. Dan kini, tren tersebut telah sampai ke Indonesia.

Golden milk, bukan minuman baru

Golden milk atau disebut juga dengan turmeric latte (susu kunyit) sebenarnya bukan minuman yang benar-benar baru. Minuman ini dapat dibilang merupakan improvisasi dari susu kunyit yang berasal dari India.

Susu kunyit—atau dalam bahasa India disebut haldi doodh—merupakan minuman tradisional India yang dibuat dari susu dan kunyit, dan telah dikonsumsi selama lebih dari 4000 tahun. Tak heran masyarakat India banyak mengonsumsi kunyit karena negara itu adalah salah satu produsen kunyit terbesar di dunia.  

Susu yang digunakan pun dapat bermacam-macam, mulai dari susu sapi, susu kedelai, almond, kacang mede, santan, dan lainnya.

Golden milk adalah minuman populer yang dikenal memiliki manfaat bagi kesehatan, terutama karena kunyit yang memiliki khasiat anti-inflamasi. Masyarakat India kerap mengonsumsi kunyit untuk membantu mengatasi keluhan pencernaan, flu, dan radang tenggorokan.

Selain di India, kunyit juga bukan barang baru di Indonesia. Masyarakat Indonesia telah terbiasa menggunakan kunyit sebagai bumbu masak dan diolah menjadi minuman, seperti jamu kunyit asam.

Khasiat Golden Milk

Satu gelas susu emas yang terbuat dari susu rendah lemak memiliki sekitar 130 kalori, dengan kandungan lemak 5 gram. Angka tersebut dapat bertambah apabila Anda menggunakan susu sapi full cream. Selain itu, protein yang terkandung cukup tinggi, yakni 8 gram.

Jadi, apakah khasiat golden milk yang dapat Anda peroleh? Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

  • Antiradang

Kunyit mengandung kurkumin, zat polifenol yang memiliki berbagai khasiat positif untuk kesehatan. Kurkumin di dalam kunyit memiliki khasiat antiradang yang dapat bermanfaat untuk membantu meredakan berbagai penyakit seperti radang sendi, alergi, penyakit celiac, dan autoimun.

Bahkan, kemampuan kurkumin sebagai antiradang dan antinyeri tersebut ditemukan hampir menyamai khasiat dari ibuprofen, obat yang dikenal memiliki khasiat antiinflamasi, antinyeri, dan antipiretik (penurun panas).

Konsumsi kunyit memang tidak serta-merta dapat menyembuhkan kondisi tersebut. Namun, kurkumin dapat membantu meredakan gejala penyakit dan membuat penderitanya menjadi lebih nyaman.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

  • Menangkal bakteri jahat di mulut

Selain untuk penyakit peradangan, konsumsi kunyit juga bermanfaat untuk menangkal bakteri jahat di dalam mulut. Manfaat ini sebenarnya sudah diketahui secara tradisional, yakni kunyit digunakan untuk membantu mengatasi radang gusi, sakit gigi, dan bau mulut.

Menurut suatu studi yang dipublikasi pada tahun 2017, berkumur dengan kunyit hampir menyamai khasiat dari obat kumur yang mengandung chlorhexidine yang banyak diresepkan oleh para dokter gigi.

  • Sinergi susu dan kunyit yang baik

Susu dan kunyit di dalam golden milk dapat saling bersinergi secara baik. Susu mengandung fosfolipid yang dapat membantu meningkatkan penyerapan kunyit lebih baik ke dalam tubuh. Sementara, susu memiliki kandungan protein, kalsium, dan vitamin D yang baik untuk tubuh.

Kalsium dan vitamin D adalah mineral yang penting untuk kesehatan tulang dan gigi. Adapun, protein merupakan zat pembangun yang penting untuk pembentukan berbagai jaringan dan organ tubuh. Kerja sama yang apik di antara keduanya membantu kesehatan Anda tetap prima.

  • Baik dikonsumsi usai olahraga

Menurut penelitian yang baru dipublikasi pada 2018, golden milk adalah minuman yang sangat baik setelah berolahraga. Kandungan dalam golden milk dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang selama berolahraga. Di samping itu, kunyit juga dapat membantu meredakan peradangan dan nyeri otot usai berolahraga, serta protein dalam susu dapat membantu pembentukan otot.

Golden milk termasuk dalam minuman sehat kekinian yang bermanfaat bagi tubuh. Jika Anda salah satu yang menggemarinya, hindari menambahkan terlalu banyak gula. Ingatlah, gula berlebih dapat menyebabkan penambahan berat badan dan berbagai penyakit.

[HNS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar