Sukses

Bolehkah Ibu Hamil Minum Susu Kunyit alias Golden Milk?

Minum susu kunyit alias golden milk dikatakan baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Apakah aman jika diminum ibu hamil?

Klikdokter.com, Jakarta Susu kunyit atau golden milk adalah minuman asal India (disebut sebagai haldi-dhooh) yang beberapa tahun belakangan populer diminum demi kesehatan. Bagaimana dengan ibu hamil, apakah susu ini boleh atau aman diminum?

Susu kunyit dibuat dari susu sapi yang sudah dipanaskan, lalu ditambahkan dengan rempah-rempah seperti bubuk kunyit, kayu manis, serta jahe. Dengan bahan-bahan alami tersebut, pantaslah jika susu kunyit diyakini berkhasiat baik untuk tubuh.

Amankah golden milk dikonsumsi ibu hamil?

Wanita yang sedang hamil memang harus memperhatikan asupan makanan dan minumannya selama kehamilan, karena janin bisa menyerap substansi berbahaya lewat tubuh ibu. Mungkin sulit untuk tahu secara pasti aman atau tidaknya makanan atau minuman tertentu, khususnya zat alami seperti kunyit.

Dilansir dari Livestrong, menurut University of Maryland Medical Center, Amerika Serikat, kunyit tergolong aman untuk ibu hamil jika digunakan sebagai bumbu makanan.

Belum ada studi hewan yang menemukan bahwa kunyit dapat menyebabkan perkembangan abnormal pada janin, sehingga kemungkinan janin akan mengalami cacat lahir sangat kecil. Meski demikian, MedlinePlus menyatakan bahwa kunyit dapat menyebabkan stimulasi pada uterus, yang mana bisa sebabkan kontraksi dan aliran menstruasi.

Hal ini juga diamini oleh dr. Theresia Rina Yunita dari KlikDokter. Ia mengatakan bahwa susu yang dicampur beragam rempah, seperti golden milk sebaiknya tidak dikonsumsi oleh ibu hamil, apalagi bila usia kehamilannya masih dalam trimester awal.

“Ibu hamil memang sebaiknya tidak minum jamu-jamuan, meski itu berupa susu atau golden milk karena bisa memicu kontraksi. Trimester pertama itu, kan, kondisi janin masih rentan sekali. Jadi, lebih baik dijaga dulu kondisinya dengan tidak minum atau makan makanan yang memicu,” jelas dr. Theresia.

Kabar baiknya, ketika ibu hamil sudah melahirkan dan mulai menyusui, dr. Theresia mengatakan bahwa saat itulah sang ibu boleh mengonsumsi susu kunyit dalam batas yang sewajarnya. Jika dikonsumsi secara berlebihan, ditakutkan ibu akan mengalami gangguan pencernaan.

1 dari 2 halaman

Manfaat susu kunyit bila dikonsumsi secara rutin

Pria dan wanita pada dasarnya boleh mengonsumsi golden milk, asalkan mereka tidak memiliki kondisi tertentu yang bertentangan dengan susu, kunyit, jahe, serta kayu manis. Beberapa manfaat yang bisa didapat dari konsumsi rutin susu kunyit adalah:

  • Meredakan peradangan dan nyeri otot

Penelitian menunjukkan bahwa jahe, kayu manis, serta kurkuma (bahan aktif dalam kunyit) memiliki sifat antiinflamasi yang kuat, sehingga bisa meredakan peradangan. Efek antiinflamasi ini dapat mengurang nyeri sendi akibat osteoartritis dan artritis reumatoid.

  • Meningkatkan fungsi otak dan daya ingat

Studi menunjukkan, kurkuma dapat meningkatkan kadar BDNF (senyawa yang membentuk koneksi baru serta mendorong pertumbuhan sel otak). Kadar BDNF yang rendah berkaitan dengan gangguan otak, termasuk penyakit Alzheimer.

  • Mencegah penyakit jantung

Review dari 10 penelitian menyimpulkan bahwa 120 mg kayu manis per hari dapat menurunkan kadar kolesterol total, trigliserida, dan LDL, sekaligus meningkatkan level HDL atau kolesterol baik. Terlebih lagi, kurkuma dalam kunyit dapat meningkatkan fungsi lapisan pembuluh darah.

  • Mengurangi tingginya kadar gula darah

Bahan-bahan dalam susu kunyit, terutama jahe dan kayu manis, dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Misalnya, 1-6 gram kayu manis per hari dapat menurunkan kadar gula darah hingga 29 persen. Bahkan, kayu manis dapat mengurangi resistensi insulin.

  • Memelihara kesehatan pencernaan

Kunyit dapat membantu mengurangi gejala gangguan pencernaan. Kunyit juga dapat meningkatkan pencernaan lemak dengan meningkatkan produksi empedu hingga 62 persen.

Meski menawarkan manfaat sehat, tetapi ibu hamil, khususnya pada trimester awal, sebaiknya tidak minum susu kunyit atau golden milk. Pasalnya, konsumsinya dikhawatirkan bisa sebabkan kontraksi. Kalau sudah di trimester ketika atau sudah melahirkan, barulah ibu hamil boleh mengonsumsinya.

(RN/ RVS)

1 Komentar

  • selain susu golden milk apa ibu hamil bisa minum susu lain ..soalnya saya suda hamil 7 bulan kok perut saya kecil .saya pengen berat badan saya bertambah dengan cara minum susu ..tapi susu apa yah yg bagus untuk ibu hamil