Sukses

7 Kiat Mudah untuk Memanjakan Diri Anda

Setelah berkutat dengan kesibukan di kantor, Anda juga perlu memanjakan diri. Ada beberapa cara mudah dan sehat yang bisa Anda lakukan.

Klikdokter.com, Jakarta Setelah hari-hari yang penat karena urusan pekerjaan atau lainnya, Anda berhak memanjakan diri. Cara ini bagus dilakukan untuk menghindarkan Anda dari stress sekaligus untuk menciptakan keseimbangan dalam hidup.

Memanjakan diri bisa dibilang tak berbeda jauh seperti me-time. Ini adalah saat Anda menyempatkan waktu untuk melakukan hal-hal yang disenangi secara sendirian.

"Selain dapat membuat Anda lebih bahagia, meluangkan waktu untuk sendirian juga memiliki beragam manfaat sehat. Berbeda dengan kesepian yang bisa mendatangkan berbagai penyakit, me-time atau memanjakan diri dapat menjadi momen Anda menyepi, sekaligus menyehatkan tubuh," ujar dr. Nadia Octavia dari KlikDokter.

Dalam memanjakan diri, pilihlah kegiatan yang memang Anda suka. Pada ahkirnya, itu akan membuat suasana hati menjadi lebih baik dan Anda akan kembali punya cukup energi untuk menjalani periode sibuk lainnya.

Cara mudah untuk memanjakan diri

Tak perlu melakukan sesuatu yang mengeluarkan biaya mahal, memanjakan diri bisa Anda lakukan dengan beragam cara yang sederhana, namun murah dan sehat. Beberapa cara yang bisa Anda lakukan antara lain:

1. Makan cokelat hitam

Mengonsumsi 1 ons cokelat hitam setiap hari dapat menurunkan tekanan darah, meningkatkan aliran darah, dan meningkatkan kolesterol baik. Nah, itu jelas sebuah cara mudah nan murah yang layak dijalani.

2. Pasang aroma wangi di kamar

Jika Anda ingin memanjakan diri dengan hanya sekadar di kamar sambil membaca buku atau menonton televisi, cobalah pasang aromaterapi. Beberapa penelitian menemukan bahwa menghirup aroma wangi alami dapat mengangkat suasana hati. Jadi, manjakanlah diri dengan menikmati hari libur Anda dengan dibantu wewangian.

3. Cobalah perawatan manikur

Tangan menjadi salah satu bagian tubuh Anda yang paling sibuk. Mulai dari untuk mengetik, menyetir, menggosok, menyikat, hingga menggendong anak. Sudah sepantasnya untuk memanjakan dan mengistirahatkan tangan Anda.

Cobalah perawatan manikur. Seperti halnya pijatan, manikur melibatkan kontak dengan orang lain melalui sentuhan. Hal itu akan membuat Anda merasa dimanjakan.

4. Terapi pijat

Pijatan dikenal bagus untuk kesehatan fisik dan mental. Ketika mendapatkan pijatan, tubuh Anda akan melepaskan endorfin, zat penghilang rasa sakit alami. Pijatan juga dapat mengurangi hormon stres, menurunkan kecemasan, dan meningkatkan kekebalan tubuh.

5. Lakukan peregangan

Peregangan juga bisa Anda lakukan untuk memanjakan tubuh. Peregangan tak hanya membantu meringankan otot yang lelah dan meningkatkan fleksibilitas, tapi juga meningkatkan jangkauan gerak dan sirkulasi Anda, dan juga menghilangkan stres. Lakukan perlahan dan tahan setiap pose selama sepuluh detik, lalu rasakan kelegaannya.

6. Jalan menikmati alam

Bagi Anda yang tinggal di daerah perumahan yang masih terdapat banyak pohon atau taman, cobalah jalan-jalan sebentar di sana. Hal ini sama seperti menikmati alam. Selain terasa menyehatkan cara memanjakan diri semacam ini juga bisa menimbulkan perasaan tenang dari dalam diri Anda. Hasilnya stres akibat pekerjaan pun bisa berkurang, atau bahkan hilang.

7. Tidur

Cara ini mungkin terdengar sebagai cara memanjakan diri yang paling murah dan mudah. Setelah pekan yang berat, tidur nyenyak adalah sesuatu yang sangat Anda perlukan untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran.

Itulah cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk memanjakan diri. Selain mudah dan murah, Anda pun bisa menjadi lebih sehat.  Jika Anda merasakan kondisi fisik dan mental Anda sudah jauh lebih baik, ajak serta keluarga Anda untuk merasakan manfaat dari memanjakan diri dengan cara-cara di atas.

[MS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar