Sukses

Bolehkah Minum Obat Sakit Gigi Saat Hamil?

Sakit gigi bisa diatasi dengan konsumsi obat yang tepat. Namun, bagaimana jika sakit gigi saat hamil? Bolehkah minum obat sakit gigi?

Klikdokter.com, Jakarta Kondisi sakit gigi saat hamil sangat mungkin dialami oleh wanita yang sedang mengandung. Hal ini karena kehamilan menyebabkan banyak perubahan pada tubuh wanita, baik di luar maupun di dalam. Tak heran, ibu hamil menjadi salah satu golongan orang yang rentan terhadap beberapa penyakit, salah satunya sakit gigi.

Terjadinya sakit gigi pada ibu hamil disebabkan oleh banyak faktor. Namun, yang paling sering adalah akibat hormon estrogen dan progesteron yang bergejolak selama kehamilan. Apabila sebelumnya ibu hamil sudah mengalami berbagai masalah pada rongga mulut, risiko terjadinya sakit gigi bisa lebih tinggi lagi.

Mengobati sakit gigi saat hamil

Pertanyaan yang paling banyak dilontarkan adalah mengenai boleh atau tidaknya ibu hamil mengonsumsi obat untuk mengatasi keluhan sakit gigi. Menjawab pertanyaan ini, ibu hamil sebenarnya boleh-boleh saja minum obat sakit gigi asalkan di bawah pengawasan dokter. Dengan kata lain, ibu hamil hanya boleh mengonsumsi obat sakit gigi yang diresepkan oleh dokter gigi.

Bagaimana dengan obat sakit gigi yang dijual bebas? Guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan selama kehamilan, ibu hamil sebaiknya tidak mengonsumsi obat secara sembarangan. Ini karena segala sesuatu yang dikonsumsi wanita selama kehamilan bisa berdampak langsung pada janin yang ada di dalam kandungannya.

Lagi pula, daripada bergantung pada obat-obatan, sakit gigi nyatanya bisa diobati dengan cara-cara alami yang terbukti efektif dan aman dilakukan bahkan oleh ibu hamil. Cara-cara yang dimaksud, meliputi:

  • Kumur air garam

Berkumur dengan air garam dapat membantu meredakan gejala sakit gigi serta gusi yang bengkak. Ini karena garam merupakan salah satu bumbu dapur yang memiliki kandungan antiseptik.

Cara untuk mendapatkan manfaat tersebut adalah dengan mencampurkan 1 sendok teh garam dengan air hangat. Aduk hingga sedikit merata, kemudian kumur dengan larutan tersebut selama 30 detik. Ulangi hingga 2 atau 3 kali sehari sampai rasa nyeri hilang.

  • Minyak cengkeh

Minyak cengkeh telah lama digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi sakit gigi. Eugenol adalah senyawa kimia dalam cengkeh yang diketahui memiliki sifat analgesik, antiseptik dan antibakteri sehingga dapat membantu melawan infeksi pada gusi dan gigi.

Cara mendapatkan manfaat tersebut, teteskan minyak cengkeh dan minyak zaitun pada sebuah bola kapas. Kemudian tempelkan bola kapas tersebut selama beberapa menit di bagian gigi dan gusi yang terasa sakit. Usahakan untuk tidak mengenai lidah saat prosesnya, sebab minyak cengkeh memiliki rasa yang cukup kuat.

  • Bawang

Mengunyah bawang adalah solusi lain dari meredakan gusi bengkak dan sakit gigi secara alami. Ini karena bawang memiliki antioksidan, antimikroba dan antiseptik, sehingga mampu membasmi bakteri di mulut dan mengurangi rasa sakit.

Cara mendapatkan manfaat tersebut adalah dengan mengunyah langsung beberapa siung bawang. Jika tidak mampu melakukannya, Anda dapat meletakkan sepotong bawang di atas gigi atau gusi yang terasa sakit. Atau dengan cara lain, yaitu menumbuk 1 siung bawang yang ditambah dengan 1 sendok teh garam untuk ditempelkan pada area yang sakit.

Jadi, jika Anda mengalami sakit gigi saat hamil sebaiknya tidak minum obat sakit gigi di luar pengawasan dokter. Ingat, segala sesuatu yang masuk ke tubuh wanita selama kehamilan bisa berdampak langsung pada janin. Oleh karena itu, berkonsultasilah terlebih dahulu pada dokter gigi sebelum memutuskan untuk minum obat sakit gigi yang dijual bebas. Anda tak ingin kesehatan janin dalam kandungan terancam gara-gara sembarang minum obat, bukan?

(NB/ RVS)

0 Komentar

Belum ada komentar