Sukses

Tidur Pakai Kaus Kaki, Perlu atau Tidak?

Ada yang mengatakan, tidur pakai kaus kaki jauh lebih baik ketimbang bertelanjang kaki. Benarkah demikian?

Klikdokter.com, Jakarta Kaus kaki memiliki fungsi penting untuk melindungi kaki dari gesekan saat sedang memakai sepatu. Namun tak cuma itu, rupanya beberapa orang juga punya kebiasaan tidur pakai kaus kaki. Beberapa orang beralasan menggunakan kaus kaki membuat mereka lebih nyaman dan hangat. Akan tetapi, perlukah kebiasaan ini dilakukan?

Manfaat pakai kaus kaki saat tidur

Memakai kaus kaki saat tidur untuk menjaga kaki tetap hangat di malam hari dapat memberikan perbedaan terhadap pola tidur Anda, khususnya mereka yang kerap terserang insomnia. Nah, apa lagi manfaat memakai kaus kaki saat tidur? Dilansir dari Reader’s Digest, berikut ulasannya.

1. Bikin cepat tertidur

Menghangatkan kaki yang dingin dapat menyebabkan vasodilatasi atau pelebaran pembuluh darah. Hal tersebut dapat memberi tahu otak bahwa kini adalah waktunya tidur. Setelah pembuluh darah di kaki terbuka akibat suhu hangat, panas akan didistribusikan kembali ke seluruh tubuh untuk persiapan tidur.

Dengan kata lain, menjaga kaki tetap hangat akan mengurangi rasa gelisah di malam hari sehingga dapat membuat Anda mudah terlelap. Selain itu, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam International Weekly Journal of Science menemukan bahwa memakai kaus kaki sebelum tidur dapat membuat seseorang tertidur 15 menit lebih cepat ketimbang biasanya. 

2. Suhu hangat di kaki bikin relaks

Logikanya, ketika Anda ingin cepat beristirahat dan rileks, berendam di air hangat akan mewujudkan hal tersebut. Beda halnya jika Anda mandi dengan air dingin. Suhu dingin dapat membuat badan Anda “bangun” dan bahkan menciptakan rasa nyeri pada orang yang sensitif.

Hal ini sama saat Anda memakai kaus kaki untuk menghangatkan kaki. Meski pikiran pertama Anda akan merasa gerah, pada akhirnya suhu hangat di kaki justru bisa merelaksasikan tubuh dan membuat Anda cepat tertidur. 

Lancarkan sirkulasi darahTak berhenti di situ, pengobatan tradisional Tiongkok juga mendukung konsep memakai kaus kaki saat tidur karena bisa meningkatkan sirkulasi. Kondisi kaki yang dingin dapat menguras energi tubuh dan menghambat aliran darah dalam tubuh. Ketika aliran darah dan energi tersirkulasi dengan baik akibat suhu kaki yang hangat, kondisi tubuh Anda akan jauh lebih sehat dan tak mudah jatuh sakit.

Lantas, bagaimana tanggapan dokter mengenai hal ini?

1 dari 2 halaman

Tetap sesuaikan dengan kondisi fisik

Menurut dr. Devia Irine Putri dari KlikDokter, memakai kaus kaki untuk tidur di malam hari memang dapat menyelamatkan tubuh Anda dari kondisi tertentu, khususnya bila cuaca sedang dingin. Namun, bila kondisi cuaca sedang normal dan orang itu tidak memiliki kondisi medis tertentu, tidak ada kewajiban untuk memakai kaus kaki saat ingin tidur. 

“Beda halnya jika dia adalah penderita Raynaud’s Disease.  Ketika mereka stres atau kedinginan dan ingin tidur, kaki mereka bisa membiru. Nah, itu bisa dicegah dengan memakai kaus kaki,” ucap dr. Devia.

Dia menambahkan, beberapa orang dengan kondisi medis tertentu memang akan lebih baik kondisinya bila dia memakai kaus kaki dan tak cuma saat tidur. Adapun beberapa orang yang sebaiknya selalu mengenakan kaus kaki, antara lain:

  • Penderita penyakit pembuluh darah (peripheral artery)
  • Ibu hamil dengan varises yang sangat menonjol.
  • Penderita diabetes. Penggunaan kaus kaki dimaksudkan agar kaki mereka tidak mudah kena gesekan dan terluka. Kalau sudah terkena gesekan, luka pada penderita diabetes akan sulit sembuh.
  • Dan, orang-orang yang pekerjaannya menuntut dia untuk lama berdiri.

Selain penderita diabetes, menurut dr. Devia, sebenarnya kegunaan pakai kaus kaki untuk penderita penyakit pembuluh darah, ibu hamil dengan varises, serta orang-orang yang sering lama berdiri adalah untuk menekan kembali pembuluh darah katup vena. Ketika sudah ditekan oleh kaus kaki atau stocking, pembuluh darah itu bisa kembali ke jantung dengan lebih lancar.

Dengan demikian, tidak ada keharusan untuk menggunakan kaus kaki saat tidur. Semuanya kembali kepada kenyamanan dan kondisi kesehatan Anda. Namun, Anda juga dapat mempertimbangkan sejumlah manfaat sehat tidur pakai kaus kaki. Selain lebih cepat tidur, Anda juga dapat merasa lebih santai.

[HNS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar