Sukses

Rambut Menipis, Atasi dengan Cara Ini

Tidak ada seorang pun yang ingin rambutnya menipis. Jika Anda mengalami kondisi rambut menipis, segera atasi dengan cara mudah ini.

Klikdokter.com, Jakarta Kalau bisa sih inginnya rambut selalu sehat, kuat, dan subur, bukannya rontok lalu menipis. Jika ini terjadi, penampilan bisa menjadi taruhannya. Jika saat bercermin Anda mendapati rambut menipis, ada cara mudah yang bisa Anda coba untuk mengatasinya.

Dikatakan oleh dr. Nadia Octavia dari KlikDokter, rambut rontok terjadi karena beberapa faktor.

“Yaitu infeksi, kemoterapi, anemia, gangguan hormonal, penggunaan obat-obatan tertentu, dan lain-lain,” paparnya.

Saat mendapati banyak rambut di penutup saluran air kamar mandi atau saat bercermin merasa rambut menipis, banyak orang yang langsung membeli berbagai produk perawatan untuk rambut rontok. Namun, ternyata ada cara mudah untuk mengatasi rambut rontok, yaitu dengan memijat kulit kepala!

Mengatasi rambut rontok dengan pijat kulit kepala

“Memijat kulit kepala dapat meningkatkan aliran darah ke kulit kepala dan folikel rambut,” kata Debra Jaliman, MD, dermatolog asal Amerika Serikat (AS) dan penulis buku “Skin Rules: Trade Secrets from a Top New York Dermatologist” kepada Reader’s Digest.

Sebuah studi yang dimuat di jurnal “ePlasty” tahun 2016 menunjukkan, memijat kulit kepala selama 4 menit sehari dapat meningkatkan aktivitas di antara gen yang dikenal dapat meningkatkan pertumbuhan rambut, sekaligus menurunkan gen yang berkaitan dengan rambut rontok dan peradangan. Selain itu, para pertisipan studi juga melaporkan adanya peningkatkan ketebalan rambut.

 “Pemijatan ini bekerja dengan cara melebarkan arteri yang sangat kecil di kulit kepala, meningkatkan aliran darah ke folikel rambut, sehingga ini memperpanjang siklus pertumbuhan rambut,” kata Dr. Debra.

Selain itu, pijatan di kulit kepala juga dapat meredakan stres, yang mana stres merupakan salah satu penyebab rambut rontok. Menurut sebuah studi yang ada di jurnal “Journal of Physical Therapy Science” tahun 2016 ditemukan bahwa memijat kulit kepala teratur dua kali seminggu menurunkan kadar hormon stres, tekanan darah, serta detak jantung. Semuanya itu diketahui bisa meningkat selama Anda mengalami stres fisik maupun emosional.

Pijatan ini bisa Anda lakukan saat mencuci rambut ketika mandi, atau bisa juga saat rambut masih kering sebelum keramas.

“Targetkan setidaknya memijat kulit kepala selama 3 menit. Lakukan dengan kedua tangan sehingga pijatan mencakup semua area kepala,” kata Jessie Cheung, MD, dermatolog asal AS.

Ia juga mengatakan bahwa Anda tak perlu menggunakan minyak atau serum. Namun, beberapa orang memang menambahkan aromaterapi.

“Wangi yang menenangkan seperti lavender atau yang menyegarkan seperti eucalyptus atau mint dapat menambah dorongan peredaran darah,” kata Dr. Jessie lagi.

1 dari 2 halaman

Cara tepat memijat kulit kepala

Lakukan pijatan dengan menggunakan ujung jari, yang mana itu cukup untuk menstimulasi aliran darah.

Apabila Anda sering merasakan tekanan di leher kulit kepala, Anda bisa meningkatkan intensitas pijatan secara bertahap. Mulailah dari tepi garis rambut, lalu bergerak menuju crown (bagian belakang atas tengkorak).

“Teknik pijat kneading (gerakan memijat ataupun meremas dengan menggunakan telapak maupun jari-jari tangan untuk menjepit beberapa bagian kulit) membantu pemanasan kulit, yang pada akhirnya dapat meningkatkan aliran darah ke kulit kepala,” kata Dr. Debra.

Cara lain untuk mengatasi masalah rambut rontok

Selain dengan memijat kulit kepala, mungkin Anda juga bisa mengombinasikannya dengan cara-cara dari dr. Nadia di bawah ini, agar hasilnya optimal.

  • Menjaga asupan makan. “Konsumsi makanan yang tinggi protein, zat besi, zink, dan vitamin B12,” kata dr. Nadia.
  • Mampu mengelola stres sebaik mungkin. Ingat, stres bisa picu rambut rontok!
  • Jangan memakai produk atau menata rambut berlebihan. Kata dr. Nadia, karet pengikat rambut, pewarna, pengering, pengeriting, dan pelurus rambut bisa membuat rambut menipis. Rambut yang tipis akan lebih mudah rontok. Anda menghindari atau membatasi penggunaan alat-alat tersebut, agar rambut terbebas dari produk kimia dan pemanas rambut.
  • Gunakan hair tonic atau obat khusus rambut rontok. Obat topikal atau oles yang mengandung minoxidil dapat digunakan untuk menumbuhkan rambut dan mencegah rambut rontok bertambah parah. Namun, obat ini butuh resep dan pengawasan dokter. Injeksi steroid di kulit kepala juga dapat dilakukan untuk mengatasi rambut rontok.
  • Transplantasi rambut bisa menjadi alternatif terbaik jika kerontokan rambut sudah terlanjur parah.

Sering melihat helaian rambut berjatuhan di jari, bahu, sisir, atau di kamar mandi? Sebelum membeli produk perawatan khusus rambut rontok, Anda bisa mencoba memijat kulit kepala secara rutin untuk mengatasi rambut yang menipis.

Selain itu, kombinasikan juga dengan perbaikan pola makan, tidak menggunakan peralatan dan menata rambut secara berlebihan, serta menjauhi stres agar kerontokan rambut bisa teratasi dengan baik. Jika memang kondisi rambut menipis menjadi semakin parah dan ada gejala lainnya, sebaiknya periksakan diri ke dokter karena bisa jadi itu menandakan kondisi medis tertentu yang serius.

(RN/ RVS)

0 Komentar

Belum ada komentar