Sukses

Pertolongan Pertama Saat Mata Kemasukan Benda Asing

Ada benda asing masuk ke mata? Jangan panik, berikut pertolongan pertama yang bisa Anda lakukan.

Klikdokter.com, Jakarta Kemasukan benda asing pada mata bisa langsung mengganggu aktivitas Anda. Tak perlu panik. Ada beberapa langkah pertolongan pertama yang bisa Anda lakukan. Apa saja itu? Simak uraian di bawah ini.

Benda asing yang masuk ke mata dan akan mengganggu bisa berupa bulu mata atau bagian dari sweater Anda. Bahkan, debu yang berukuran sangat kecil pun dapat membuat mata Anda banjir seketika.

Ketika mata kemasukan benda asing

Pada sebagian besar kasus, beberapa kedipan yang menghasilkan air mata mengalir sudah cukup untuk membasuh benda asing tersebut keluar dari mata. Namun jika tidak, itulah saatnya Anda melakukan langkah-langkah pertolongan pertama pada mata.

Jika mata Anda sendiri yang kemasukan benda asing dan di sekitar Anda tidak ada orang yang bisa membantu, maka langkah-langkah yang harus Anda lakukan adalah:

  1. Cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir.
  1. Usahakan untuk mengeluarkan benda asing menggunakan air mengalir yang bersih dan hangat. Gunakan gelas kecil yang sudah terisi air tersebut dan letakkan pada tulang di bawah rongga mata.

Cara lain adalah dengan berdiri di bawah shower dan targetkan agar air mengalir dari dahi ke dalam mata yang kemasukan benda asing, sambil membuka mata tersebut menggunakan jari-jari tangan.

  1. Jika Anda menggunakan lensa kontak, lepaskan dulu sebelum Anda melakukan irigasi pada permukaan mata menggunakan air. Sebab, terkadang, benda asing dapat melekat pada permukaan bawah lensa kontak (sisi yang menempel langsung pada mata Anda).
1 dari 3 halaman

Untuk menolong orang lain yang kemasukan benda asing di mata

Sementara itu jika yang mengalami mata kemasukan benda asing adalah orang lain di sekitar Anda, maka langkah-langkah yang dapat Anda lakukan adalah:

  1. Cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir.
  1. Dudukkan individu tersebut di tempat dengan pencahayaan terang.
  1. Periksa secara saksama mata orang tersebut. Tekan kelopak mata bawah ke arah bawah, dan minta dia untuk melihat ke arah atas.

Setelah itu, lakukan sebaliknya, tahan kelopak mata atas dan minta dia untuk melihat ke arah bawah.

  1. Jika benda asing terlihat melayang pada permukaan mata, gunakan pipet yang sudah dibersihkan yang biasa digunakan untuk mengambil obat, lalu isi menggunakan air hangat untuk mengeluarkan benda asing.

Atau, dongakkan kepala ke belakang dan alirkan air bersih yang hangat dari gelas kecil ke permukaan mata.

Harap diingat juga, selain pertolongan pertama, ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan saat mata kemasukan benda asing, yaitu:

  • Jangan mengucek mata.
  • Jangan mencoba mengeluarkan benda asing yang tertancap di mata, atau tidak dapat dikeluarkan dengan aliran air.
2 dari 3 halaman

Kapan saatnya meminta bantuan tenaga medis?

Namun, Anda juga perlu hati-hati. Tidak semua kondisi kemasukan benda asing pada mata dapat diatasi dengan langkah-langkah pertolongan pertama di atas. Ada beberapa kondisi di mana Anda sudah harus meminta bantuan tenaga medis, seperti:

  1. Benda asing tidak dapat dikeluarkan dengan aliran air.
  1. Benda asing terlihat mencuat di antara kelopak mata atas dan bawah.
  1. Individu yang kemasukan benda asing mengalami penurunan penglihatan, seperti penglihatan ganda atau buram.
  1. Terdapat rasa nyeri, kemerahan, atau sensasi bahwa masih terdapat benda asing pada mata, meski benda asing tersebut telah berhasil dikeluarkan.

Jika Anda mengalami minimal salah satu dari empat hal di atas, segera kunjungi Instalasi Gawat Darurat di Rumah Sakit terdekat. Dokter spesialis mata akan dapat melihat dan membantu mengeluarkan benda asing pada mata dengan menggunakan obat bius lokal.

Ingat, mata yang kemasukan benda asing dapat tergores. Segera lakukan langkah-langkah pertolongan pertama. Jika hal tersebut tidak membantu atau kondisinya memang cukup parah, jangan sungkan untuk segera meminta pertolongan pada ahlinya. Sebab, mata merupakan salah satu organ vital yang sangat Anda butuhkan sehari-hari.

[MS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar