Sukses

Ada Rasa Logam di Mulut Ibu Hamil, Bagaimana Mengatasinya?

Banyak perubahan yang dialami ibu hamil, termasuk mengecap rasa logam di mulut. Cari tahu penyebab dan cara mengatasinya!

Klikdokter.com, Jakarta Sudah menjadi rahasia umum bahwa ibu hamil mengalami hal “lucu” yang kadang bikin suami kebingungan. Entah itu menghirup aroma-aroma yang tidak masuk akal, atau mengecap rasa logam di mulut. Jika Anda adalah wanita yang sudah pernah hamil, keluhan apa yang dulu sempat dirasakan?

Jika yang pernah dirasakan adalah rasa logam di dalam mulut, Anda tidak sendirian. Tak sedikit ibu hamil yang memang mengalami kondisi tersebut. Rasa logam yang dirasakan oleh ibu hamil berkaitan dengan jumlah konsumsi zat besi yang tinggi selama kehamilan. Selain itu, menurut dr. Devia Irine Putri dari KlikDokter, timbulnya rasa logam pada mulut ibu hamil juga bisa disebabkan oleh kondisi lainnya.

Rasa logam di mulut ibu hamil

Dalam dunia kedokteran, rasa logam pada mulut dinamakan sebagai dysgeusia. Kondisi ini sebenarnya tidak sampai memengaruhi nafsu makan ibu hamil. Hanya saja, makanan yang dikonsumsi akan terasa lebih pahit dan kurang enak.

Berdasarkan penjelasan dr. Devia, rasa logam di mulut umumnya dirasakan ibu hamil di kehamilan trimester pertama. Penyebab timbulnya kondisi ini adalah adanya perubahan hormon, khususnya estrogen.

“Ketika hamil, hormon estrogen meningkat drastis. Kondisi itu pada akhirnya membawa perubahan-perubahan unik, termasuk menghirup bau macam-macam dan merasa macam-macam juga di lidahnya, termasuk rasa logam,” jelas dr. Devia.

Kondisi ini, lanjut dr. Devia, umumnya hanya dirasakan di 3 bulan pertama kehamilan. Saat ibu hamil memasuki trimester kedua, gejala-gejala rasa logam di mulut dan sejenisnya akan berkurang. 

“Tidak semua ibu hamil akan mengalami sensasi mengecap logam di lidah. Ini sama saja seperti morning sickness, di mana tidak semua ibu hamil akan merasakan mual berlebihan ataupun hal-hal yang bikin tak nyaman di trimester pertama kehamilan,” pungka dr. Devia.

Mengatasi rasa logam di mulut ibu hamil

Beruntunglah jika Anda adalah ibu hamil yang tidak merasakan sensasi logam di dalam mulut. Sebab, kondisi tersebut benar-benar mampu mengubah rasa makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Akan tetapi, bagi Anda yang kebetulan mengecap rasa logam di trimester awal kehamilan, jangan terlalu berkecil hati. Masih ada sejumlah cara mudah untuk mengatasi hal tersebut, yaitu:

  • Apabila ibu hamil tidak memiliki gangguan lambung, cobalah konsumsi buah yang memiliki rasa asam seperti jeruk ataupun lemon.
  • Konsumsi makanan yang punya cita rasa tajam.
  • Kunyah permen karet atau hisap permen, khususnya permen mint untuk menyamarkan rasa logam di mulut sekaligus meningkatkan produksi air liur. 
  • Selalu jaga kebersihan gigi dan mulut dengan cara rajin menyikat gigi. Bila perlu, gunakan benang gigi serta berkumurlah dengan obat kumur yang aman untuk ibu hamil. 
  • Cukupi kebutuhan cairan dengan minum 8–12 gelas air putih setiap hari. 

Bila ibu hamil benar-benar merasa tidak nyaman atau keluhan rasa logam di mulut tak kunjung hilang, jangan sungkan untuk berkonsultasi lebih lanjut pada dokter. Jangan tunda, karena rasa logam di mulut yang tak kunjung hilang atau semakin parah dari waktu ke waktu bisa menjadi tanda dari adanya infeksi di mulut, diabetes dan penyakit ginjal.

(NB/ RVS)

0 Komentar

Belum ada komentar