Sukses

Punya Masalah Gigi Sensitif, Bolehkah Memutihkan Gigi?

Rasa ngilu akibat gigi sensitif dapat muncul setelah Anda memutihkan gigi. Lantas, bisakah pasien gigi sensitif memutihkan gigi? Simak apa kata dokter lewat ulasan ini.

Untuk mendapatkan gigi putih, bersih, serta senyum menawan, Anda bisa melakukan perawatan memutihkan gigi di dokter. Banyak orang ingin melakukan perawatan tersebut untuk meningkatkan kepercayaan diri, termasuk orang dengan gigi sensitif.

Umumnya, gigi sensitif merupakan salah satu efek samping yang muncul setelah memutihkan gigi. Sensasi gigi sensitif yang timbul cukup bervariasi, mulai dari ringan dan mereda dengan cepat, hingga berlangsung selama beberapa hari setelah memutihkan gigi.

Jika demikian, apakah orang dengan gigi sensitif boleh memutihkan gigi? Apakah kondisi gigi sensitifnya tidak menjadi semakin parah?

Sebelum melakukan pemutihan, orang dengan gigi sensitif harus berkonsultasi dengan dokter gigi. Nantinya, dokter dapat memeriksa kondisi gigi dan memutuskan apakah Anda boleh melakukan perawatan pemutihan gigi atau tidak.

1 dari 3 halaman

Risiko Memutihkan Gigi Sensitif

Semua produk pemutih gigi mengandung sejumlah hidrogen atau karbamid peroksida. Jumlah kedua zat tersebut dapat bervariasi antara perawatan yang dilakukan di rumah dan juga di klinik dokter gigi.

Namun, berapa pun jumlah hidrogen dan karbamid peroksida tetap dapat menimbulkan efek sensitivitas terhadap gigi. Sensitivitas terjadi ketika peroksida menembus email gigi ke lapisan lunak dentin (lapisan pelindung ruang saraf) atau mencapai gusi.

Faktor lain seperti bleaching tray yang tidak pas atau perawatan yang tidak dilakukan sesuai instruksi juga dapat memengaruhi derajat dan durasi kepekaan gigi sensitif.

Rasa ngilu akibat gigi sensitif dapat terjadi ketika gigi terpapar minuman atau makanan bersuhu panas maupun dingin. Kondisi gigi sensitif bisa sangat mengganggu aktivitas sehari-hari, bahkan menurunkan kualitas hidup orang yang mengalaminya.

Kondisi tersebut juga dapat menjadi berat jika Anda sudah memiliki gigi sensitif sebelumnya.

Oleh karena itu, jika Anda memiliki gigi sensitif dan ingin memutihkan gigi, jangan lupa berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter gigi.

Dokter gigi akan mengatasi masalah kesehatan mulut yang menyebabkan gigi sensitif, misalnya seperti penyakit gusi atau gigi berlubang. Untungnya, sebagian besar masalah kesehatan gigi tersebut dapat diatasi terlebih dahulu sehingga Anda dapat memulai perawatan pemutihan gigi.

Ikuti setiap saran dokter, terlebih jika ia menganjurkan penundaan perawatan pemutihan gigi sampai masalah kesehatan mulut Anda bisa diatasi. Mengikuti saran dokter dapat menghindari kerusakan gigi lebih lanjut dan mencegah kondisi sensitivitas gigi semakin memburuk.

Artikel Lainnya: Risiko Gigi Sensitif Akibat Memutihkan Gigi, Apa Saja?

2 dari 3 halaman

Cara Memutihkan Gigi pada Pasien Gigi Sensitif

Untuk memutihkan gigi pada pasien dengan riwayat gigi sensitif, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu:

1. Anamnesa

Pada tahap awal, dokter gigi akan melakukan pemeriksaan klinis untuk mengetahui kondisi rongga mulut, serta melakukan tanya jawab kepada pasien mengenai gaya hidup dan juga pola makannya.

2. Meredakan Gigi Sensitif

Sebelum memutihkan gigi, dokter akan mengatasi penyebab pasien mengalami  gigi sensitif terlebih dahulu.

Biasanya, dokter gigi akan menyarankan pasien untuk menggunakan pasta gigi khusus gigi sensitif dan pemberian fluoride selama 2 hingga 3 minggu sebelum tindakan memutihkan gigi.

Selain itu, dokter juga akan melakukan penambalan di bagian gigi berlubang yang menjadi penyebab gigi sensitif.

Artikel Lainnya: Proses Pemutihan Gigi Bisa Picu Gigi Sensitif, Apakah Benar?

3. Menggunakan Bleaching Tray

Dokter dapat menyarankan Anda untuk menggunakan bleaching tray. Bleaching tray yang berisi gel mengandung sodium fluoride atau potassium nitrate akan diberikan dalam waktu 10 hingga 30 menit sebelum dan sesudah tindakan pemutihan gigi.

4. Pemberian Vitamin Gigi

Dokter dapat memberikan vitamin gigi mengandung CPP-ACP sebelum dan sesudah tindakan pemutihan gigi. Hal ini bertujuan mencegah agar gigi tidak mengalami kerusakan lebih lanjut sehingga rasa ngilu bisa diminimalkan.

Orang yang memiliki keluhan gigi sensitif diperbolehkan melakukan perawatan pemutihan gigi. Akan tetapi, masalah gigi sensitif Anda harus diatasi terlebih dahulu sesuai anjuran dokter gigi.

Selain itu, selama tindakan pemutihan dilakukan oleh dokter gigi yang ahli, Anda tak perlu khawatir dengan hasilnya dan efek samping yang muncul pun dapat diminimalkan.

Cari tahu informasi kesehatan gigi lainnya dengan membaca artikel kesehatan di aplikasi Klikdokter. Anda juga bisa konsultasi langsung dengan dokter gigi melalui fitur Live Chat.

(OVI/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar