Sukses

Tips Mudah Mengatasi Mata Ikan di Kaki

Punya mata ikan di kaki bikin menderita saat berjalan. Sebelum semakin sakit dan semakin tebal, coba tips mudah mengatasinya berikut ini.

Klikdokter.com, Jakarta Merasa seperti ada yang mengganjal di telapak kaki saat berjalan? Bukan karena ada kerikil yang terselip di sepatu ataupun solnya, melainkan karena ada mata ikan di kaki!

Mata ikan di kaki memang bisa bikin penderitanya meringis tiap melangkahkan kaki. Sebelum makin sakit dan makin tebal, ada beberapa tips mudah untuk mengatasi mata ikan di kaki.

Dalam istilah medis, mata ikan disebut sebagai clavus. Kondisi tersebut merupakan penebalan kulit akibat adanya gesekan dan tekanan terus-menerus. Jika dibiarkan, mata ikan bisa menimbulkan rasa nyeri, terutama saat Anda berjalan bertelanjang kaki.

Penyebab mata ikan di kaki

Menurut dr. Nadia Octavia dari KlikDokter, mata ikan dan kapalan adalah suatu bentuk perlindungan alami dari tubuh terhadap gesekan dan tekanan. Apabila tidak menebal, kulit justru akan mengalami kerusakan dan luka.

Adapun salah satu faktor yang paling sering menimbulkan mata ikan adalah penggunaan sepatu yang salah. Bisa karena ukurannya tidak sesuai dengan kaki ataupun bahan alas kakinya yang terlalu keras. Selain itu, berdiri lama apalagi menggunakan high heels juga bisa memicunya.

“Berdiri terlalu lama, berjalan, atau berlari dengan frekuensi yang sering juga dapat meningkatkan risiko terjadinya mata ikan. Terlebih bila Anda sering menggunakan sepatu hak tinggi,” jelas dr. Nadia.

Sementara itu, orang-orang yang memiliki anatomi telapak kaki datar dan bunion juga rentan mengalami mata ikan. Bunion adalah kondisi tulang menonjol yang terbentuk di sendi bagian bawah ibu jari kaki. Sehingga, ibu jari kaki terdorong ke arah jari-jari kaki yang lain. Bila Anda memiliki dua kondisi ini, usahakan untuk selalu memilih sepatu yang ukurannya benar-benar pas, nyaman, empuk, sehingga munculnya mata ikan bisa dicegah.

1 dari 2 halaman

Tips mengatasi mata ikan di kaki

Sebelum mata ikan di kaki kondisinya makin memburuk, Anda bisa mengatasinya dengan beberapa cara berikut:

1. Menggunakan obat-obatan

Berdasarkan penuturan dari dr. Astrid Wulan Kusumoastuti dari KlikDokter, obat keratolitik bisa diandalkan karena kemampuannya dalam menghancurkan sel kulit mati.

“Tujuan utama penanganan mata ikan adalah dengan menipiskan atau melepas penebalan kulit tersebut tanpa membuat luka yang menimbulkan perdarahan,” kata dr. Astrid.

Obat keratolitik yang bisa digunakan adalah yang mengandung asam salisilat. Dalam bentuk praktis, obat yang mengandung asam salisilat ini biasanya tersedia juga di pasaran dalam bentuk plester untuk memudahkan pemakaian sendiri di rumah.

2. Pakai sepatu yang lebih nyaman dan empuk

Jangan dulu memakai flat shoes ataupun high heels agar pengobatan mata ikan memberikan hasil yang maksimal. Bila perlu, gunakan bantalan tambahan pada sepatu untuk mengurangi gesekan.

3. Gosok dengan batu apung

Rendam kaki dengan air hangat selama 5-10 menit. Setelah mata ikan melunak, gosok dengan batu apung untuk mengikisnya. Lakukan perawatan ini secara rutin agar mata ikan cepat menghilang.

4. Jika sudah parah, mungkin Anda butuh bedah minor

Jika sudah melakukan upaya-upaya di atas tetapi mata ikan di kaki masih saja membandel, Anda bisa mempertimbangkan tindakan bedah minor untuk mengangkatnya.

“Tindakan pengangkatan mata ikan adalah tindakan yang tergolong mudah dan dapat dilakukan di klinik tanpa masuk ke ruang operasi,” pungkas dr. Astrid. Meski begitu, mata ikan yang sudah hilang bisa kembali lagi jika Anda terus-menerus mengulangi kesalahan yang sama (memakai sepatu yang salah ukuran dan keras).

Itulah tips mudah mengatasi mata ikan di kaki. Kondisi ini memang tak berbahaya, tetapi bisa sangat mengganggu saat beraktivitas. Hindari mencabut sendiri mata ikan yang tidak sesuai prosedur, apalagi dengan menggunakan alat yang tidak higienis. Jika upaya-upaya di atas tidak berhasil, sebaiknya memang konsultasi dengan dokter agar bisa ditangani sampai akar-akarnya.

(RN/ RVS)

0 Komentar

Belum ada komentar