Sukses

Tips Mudah Mengatasi Mata Ikan di Kaki

Mata ikan di kaki bisa sangat mengganggu. Bagaimana cara mengobatinya? Simak ulasan berikut ini.

Merasa seperti ada yang mengganjal di telapak kaki saat berjalan? Bukan karena ada kerikil yang terselip di sepatu ataupun solnya, melainkan karena ada mata ikan di kaki! Mata ikan di kaki memang bisa bikin penderitanya meringis tiap melangkahkan kaki.

Dalam istilah medis, mata ikan disebut sebagai clavus. Kondisi tersebut merupakan penebalan kulit akibat gesekan dan tekanan terus-menerus. Jika dibiarkan, mata ikan bisa menimbulkan rasa nyeri, terutama saat Anda jalan dengan bertelanjang kaki.

Salah satu faktor yang paling sering menimbulkan mata ikan adalah penggunaan sepatu yang salah. Entah karena ukurannya tidak sesuai dengan kaki, ataupun bahan alas kakinya terlalu keras. Selain itu, berdiri lama memakai high heels juga bisa memicunya.

Sebelum makin memburuk, Anda bisa melakukan cara menghilangkan mata ikan berikut ini.

1. Menggunakan Obat-obatan

Anda bisa menggunakan obat keratolitik untuk menghancurkan sel kulit mati. Karena tujuan utama penanganan mata ikan adalah menipiskan atau melepas penebalan kulit tersebut, tanpa membuat luka yang menimbulkan perdarahan.

Obat mata ikan di kaki ini mudah ditemukan di apotek dan bisa Anda gunakan sendiri di rumah. 

Gunakan obat keratolitik yang mengandung asam salisilat. Obat yang mengandung asam salisilat biasanya tersedia dalam bentuk plester agar lebih mudah digunakan sendiri di rumah. 

Artikel Lainnya: Mata Ikan Muncul Pada Bayi, Ini Faktanya!

1 dari 4 halaman

2. Pakai Sepatu yang Nyaman dan Empuk

Hindari dulu memakai flat shoes atau high heels agar pengobatan mata ikan memberikan hasil yang maksimal. 

Bila perlu, gunakan bantalan tambahan pada sepatu atau kaus kaki untuk mengurangi gesekan di kulit.

3. Pastikan Ukuran Sepatu Tepat

Mata ikan sering terjadi akibat adanya gesekan atau tekanan yang terus-menerus karena ukuran sepatu yang tidak sesuai. 

Jadi, mata ikan di telapak kaki bisa dicegah dan diatasi dengan memilih ukuran sepatu yang sesuai, tidak terlalu ketat maupun tidak terlalu longgar.

4. Rendam Kaki di Air Hangat

Cara berikutnya untuk menghilangkan mata ikan di kaki adalah merendam kaki dengan air hangat selama 5 hingga 10 menit. Hal ini dilakukan untuk melunakkan mata ikan di kaki.

Semakin lunak mata ikan, maka semakin mudah bagi Anda untuk menghilangkan mata ikan tersebut. 

Artikel Lainnya: Kenali Penyebab Timbulnya Penyakit Kulit Mata Ikan

2 dari 4 halaman

5. Gosok dengan Batu Apung

Tidak hanya dengan obat, mata ikan bisa Anda tangani dengan batu apung. Ya, Anda dapat mencoba menggosok atau mengikis mata ikan yang muncul dengan batu apung.

Lakukan perawatan ini secara rutin agar mata ikan cepat menghilang. Anda juga bisa menggosok mata ikan dengan batu apung setelah merendam kaki di air hangat.

Hindari menggunakan benda-benda tajam untuk mengikis mata ikan di telapak kaki, karena ini bisa meningkatkan risiko timbulnya luka dan infeksi.

6. Jaga Kulit Agar Tetap Lembap

cara menghilangkan mata ikan di telapak kaki selanjutnya adalah memastikan kulit Anda tetap lembap. Ketika kulit lembap, kulit mata ikan akan semakin lembut dan mudah diangkat. 

Anda bisa menggunakan pelembap yang mengandung urea, asam salisilat, atau amonium laktat. 

7. Gunakan Bantalan Khusus Mata Ikan

Cara lain untuk menghilangkan mata ikan adalah melindungi mata ikan tersebut dari kontak dengan sepatu atau sandal. Anda bisa menggunakan bantalan untuk melindungi mata ikan.

8. Kompres Es Batu

Jika mata ikan di kaki terasa nyeri dan bengkak, cobalah untuk mengatasi kondisi tersebut dengan memberikan kompres dingin.

Anda bisa membungkus es batu menggunakan kain bersih atau plastik ziplock. Setelah itu, letakkan bungkusan es batu ke bagian tubuh yang terdapat mata ikan selama 10-20 menit.

Artikel Lainnya: Lakukan Tips Ini agar Terhindar dari Mata Ikan

3 dari 4 halaman

9. Pastikan Anda Menjaga Kuku Kaki Tetap Rapi

Kuku kaki yang panjang membuat jari-jari Anda menekan ke bagian atas sepatu, sehingga memicu gesekan dan tekanan yang berlebihan. 

Jadi, sangat disarankan untuk rutin memotong kuku jari kaki agar tetap rapi dan tidak menambah tekanan.

10. Konsumsi Obat atas Rekomendasi Dokter

Cara mengobati mata ikan yang dianjurkan adalah dengan menggunakan obat yang direkomendasikan dokter. 

Apabila mata ikan menunjukkan tanda-tanda infeksi, dokter mungkin akan memberikan obat tambahan seperti pereda nyeri dan antibiotik.

11. Bedah Minor

Jika sudah melakukan upaya-upaya di atas tetapi mata ikan di kaki masih membandel, Anda bisa mempertimbangkan tindakan bedah minor untuk menghilangkannya. 

Tindakan pengangkatan mata ikan tergolong mudah dan dapat dilakukan di klinik tanpa masuk ke ruang operasi.

Meski begitu, mata ikan yang sudah hilang bisa kembali lagi. Mata ikan bisa kambuh apabila Anda terus-menerus mengulangi kebiasaan, misal memakai ukuran sepatu yang salah dan keras.

Hindari mencabut atau melukai mata ikan, terlebih jika Anda melakukannya menggunakan alat yang tidak higienis di rumah.

Itulah cara-cara menghilangkan mata ikan di kaki yang bisa Anda lakukan. Jika tidak berhasil atau mungkin muncul tanda infeksi, sebaiknya Anda konsultasi langsung dengan dokter agar dapat ditangani dengan tepat. Terlebih apabila Anda memiliki kondisi medis tertentu, seperti diabetes.

Selain itu, jangan lupa untuk melakukan pencegahan, misalnya menggunakan bantalan sepatu agar mengurangi tekanan di telapak kaki. 

Anda bisa berkonsultasi langsung ke dokter spesialis kulit dan kelamin dengan mudah melalui aplikasi Live Chat di aplikasi Klikdokter.

[WA]

0 Komentar

Belum ada komentar