Sukses

Walikota Tri Rismaharini Dirawat, Diduga Akibat Kelelahan

Diduga akibat kelelahan dan batuk berdahak Walikota Tri Rismaharini harus dirawat. Ia kini masih menjalani pemulihan.

Klikdokter.com, Jakarta Kabar mengejutkan datang dari Surabaya. Sang walikota, Tri Rismaharini, atau yang kerap disapa Ibu Risma, dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. M. Soewandhi sejak Selasa (25/06) pagi. Dilansir CNN Indonesia, dugaan sementara terkait penyebab masuknya Ibu Risma ke rumah sakit disebabkan oleh kelelahan dan batuk berdahak.

Pada awalnya, Ibu Risma dirawat di ruang VVIP. Namun, walikota tersebut akhirnya dipindahkan ke ruang Intensive Care Unit (ICU) agar tim dokter bisa lebih fokus dalam mengobservasi penyakit yang dideritanya.

Dilansir sejumlah sumber, kabar terkini mengatakan bahwa Ibu Risma dirujuk dari RSUD dr. M. Soewandhi ke RSUD dr. Soetomo, Surabaya dan tengah menjalani perawatan intensif di lantai 2 Gedung Bedah Pusat Terpadu (GBPT) RSUD dr. Soetomo.

Penyebabnya belum diketahui secara pasti

Hingga saat ini penyebab drop-nya kondisi Ibu Risma masih simpang siur. Di satu sisi, ada yang mengatakan bahwa dia mengalami kelelahan dan batuk berdahak. Tapi di sisi lainnya, ada pula informasi yang mengatakan bahwa mag-nya kambuh, sehingga mengalami sesak napas akiat asam lambung naik. Keterangan bahwa Ibu Risma terserang mag dan masih menjalani observasi disampaikan oleh Plt Direktur Utama RSUD dr. M. Soewandhie, Febria Rachmanita.

Menurut dr. Theresia Rina Yunita dari KlikDokter, ketika seseorang dirawat di ruang ICU, itu berarti, observasi yang dilakukan dokter cukup serius.

Jika penyebabnya adalah kelelahan atau sekadar batuk berdahak, seharusnya beliau tidak harus masuk ke ruang ICU. Memang, ada beberapa gejala penyakit yang harus dikenali lebih lanjut, sehingga tidak bisa langsung didiagnosis penyakitnya.

Ada gejala sesak napas

Namun, mengingat ada sesak napas yang sempat disinggung oleh pihak RS dr. M. Soewandhie, bisa saja itu menjadi kondisi pertama yang membuat Ibu Risma dirawat di ruang ICU.

Saat seseorang merasa napasnya lebih pendek daripada biasanya atau bahkan mengalami sesak napas, kemungkinan besar dia dan orang di sekitarnya akan panik, sehingga kondisi tersebut akan mendapatkan pertolongan yang lebih bersifat darurat ketimbang gejala lainnya.

Lalu, sesak napas yang diderita Ibu Risma pun bisa jadi akibat penyakit asam lambung yang sudah parah. Apabila penyakit asam lambung sudah telanjur parah, asam lambung bisa masuk ke celah paru, sehingga membuat penderitanya mengalami sesak napas.

Namun sekali lagi, ini masih dugaan sementara. Pasalnya, belum ada keterangan resmi yang menyatakan penyebab pasti dari memburuknya kondisi walikota Surabaya tersebut.

Agar Anda tidak mengalami kelelahan, batuk, ataupun mag akut seperti yang diduga menjadi pemicu drop-nya kondisi Ibu Risma, mulai sekarang terapkan pola hidup sehat dan kelola stres dengan baik.

Terkadang, banyaknya pekerjaan memang menjadi tekanan tersendiri, sehingga tanpa disadari, hal tersebut justru “menggerogoti” kesehatan fisik Anda. Cobalah tetap imbangi kesibukan dengan relaksasi dan hiburan, agar psikis Anda tetap bahagia dan daya tahan tubuh Anda terpelihara.

Walikota Surabaya Tri Rismaharini saat ini tengah menjalani pemulihan setelah dilarikan ke rumah sakit akibat kondisi kelelahan dan batuk berdahak yang dialaminya. Tekanan kerja yang berat sebagai walikota tentu rentan mengganggu kesehatannya. Masyarakat tentu mendoakan untuk kesembuhan beliau.

[MS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar