Sukses

Badan Tiba-tiba Menggigil? Ini Penyebabnya

Biasanya, penyebab tersering badan menggigil adalah udara dingin. Namun, jika rasa menggigil tiba-tiba muncul, apa penyebabnya?

Klikdokter.com, Jakarta Demam atau menggigil merupakan suatu respons alami tubuh, yaitu menghangatkan diri saat terkena udara dingin. Namun, dalam beberapa kondisi rasa menggigil bisa dirasakan tiba-tiba meski suhu di sekitarnya terbilang normal. Bisa jadi, penyebabnya adalah adanya kondisi medis tertentu.

Beberapa gangguan kesehatan memang bisa memicu rasa menggigil dari dalam tubuh. Untuk itu Anda perlu mengenali gejala dan penyebabnya.

Beragam kondisi yang bisa menyebabkan badan menggigil antara lain:

  • Demam

Jika Anda mengalami demam, maka suhu tubuh akan meningkat melebihi 37,5 derajat Celcius. Demam sebetulnya bukanlah penyakit ataupun diagnosis, melainkan sebuah mekanisme mekanisme tubuh untuk melawan infeksi. Demam juga bisa terjadi saat organ tubuh mengalami peradangan, infeksi, atau ketika Anda mengalami reaksi alergi.

Saat mulai demam, tubuh tak hanya akan menggigil, tetapi akan muncul gejala seperti kenaikan suhu badan, hidung berair, lemas, atau pusing mirip gejala bisa muncul meski tak semua orang bisa mengalaminya. Kondisi ini biasanya disebabkan infeksi virus dan bakteri yang biasanya akan mereda dengan sendirinya. Jika gejala tersebut muncul, Anda bisa mengonsumsi obat penurun demam dan perbanyak minum air putih.

  • Reaksi aktivitas fisik ekstrem

Maraton atau bentuk olahraga ekstrem lainnya yang butuh pengerahan fisik intens bisa menyebabkan perubahan pada suhu inti tubuh, kemudian tubuh jadi menggigil. Respons tersebut bisa terjadi dalam segala cuaca, tetapi lebih sering terjadi di suhu yang sangat panas (kelelahan akibat panas) atau sangat dingin (hipotermia dan dehidrasi). Gejala lainnya yang bisa terjadi adalah merinding, kram otot, pusing, lesu, muntah, dan mual.

  • Hipoglikemia

Hipoglikemia atau rendahnya kadar gula darah bisa memengaruhi kerja tubuh dan pada akhirnya bisa membuat badan tiba-tiba menggigil. Ini merupakan respons tubuh yang lazim jika Anda tidak mengonsumsi makanan dalam waktu cukup lama, atau jika tubuh mengalami kekurangan zat gula.

Kondisi ini juga terkadang menjadi penyebab pada penderita diabetes yang tidak bisa menjaga kestabilan gula darah dan kadarnya cenderung rendah. Selain menggigil, hipoglikemia juga dapat ditandai dengan tubuh berkeringat, jantung berdebar, penglihatan buram, hingga mengalami kejang pada kasus yang berat.

  • Efek samping konsumsi obat-obatan

Konsumsi obat-obatan tertentu kadang bisa memunculkan efek samping, termasuk membuat badan tiba-tiba menggigil. Kondisi ini juga bisa muncul akibat mengonsumsi obat-obatan bebas, suplemen, produk herbal, bahkan obat-obatan medis dalam dosis yang tidak sesuai.

Selain itu, badan menggigil juga bisa disebabkan oleh reaksi tubuh terhadap suatu obat atau zat yang terkandung di dalamnya. Mekanisme menggigil bisa menjadi respons tubuh terhadap zat yang tidak diinginkan tubuh.

  • Hipotiroidisme

Hipotiroidisme merupakan kurangnya jumlah hormon tiroid yang diproduksi oleh kelenjar tiroid untuk melangsungkan metabolisme tubuh. Keadaan ini dapat meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap suhu di luar tubuh, sehingga tubuh jadi mendadak menggigil.

Gejala lain dari hipotiroidisme adalah kenaikan berat badan, kuku, kulit, dan rambut kering, wajah tampak membengkak, otot lemah, kaku, ataupun nyeri.

  • Prosedur anestesi pascaoperasi

Suhu tubuh juga dapat menurun selama operasi berlangsung. Ketika operasi selesai dan prosedur anestesi berakhir, tubuh akan kembali menyesuaikan suhunya ke angka normal sehingga menimbulkan efek menggigil.

Obat bius pada prosedur anestesi juga dapat memengaruhi kemampuan tubuh dalam mengatur suhu. Oleh karena itu, proses kembalinya suhu tubuh menjadi normal pascaoperasi dapat berlangsung lebih lama daripada biasanya.

  • Kurang nutrisi

Entah karena pola makan yang tidak bernutrisi atau kondisi yang memengaruhi kemampuan tubuh untuk menyerap nutrisi secara benar, atau gangguan makan seperti anoreksia. Tanpa keseimbangan nutrisi yang dibutuhkan, tubuh tak bisa menjalankan fungsinya dengan baik.

Selain menggigil, gejala lain dari kekurangan nutrisi adalah lelah, mengantuk, lemas, sulit konsentrasi, pucat, ruam, jantung berdebar, rasa ingin pingsan, kesemutan, atau mati rasa di sendi tangan dan kaki. Pada wanita, bisa juga terjadi gangguan pada siklus haid. Jika mengalami gejala ini, periksakan diri ke dokter karena kekurangan nutrisi termasuk dalam kondisi serius yang bisa sebabkan komplikasi jika tidak ditangani.

Jika badan tiba-tiba menggigil sementara suhu di sekitar tergolong normal, bisa jadi itu merupakan tanda dari adanya gangguan kesehatan. Selain itu, kondisi tersebut juga bisa terjadi akibat kondisi emosi yang tidak stabil seperti rasa takut atau kecemasan berlebih. Apabila Anda sering mengalami menggigil secara tiba-tiba, paling bijak adalah memeriksakan diri ke dokter agar penyebabnya bisa diketahui.

(RN/ RVS)

0 Komentar

Belum ada komentar