Kesehatan Umum

Badan Tiba-tiba Menggigil? Ini Penyebabnya

dr. Muhammad Iqbal Ramadhan, 17 Feb 2020

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Biasanya, penyebab tersering badan menggigil adalah udara dingin. Namun, jika rasa menggigil tiba-tiba muncul, apa penyebabnya?

Badan Tiba-tiba Menggigil? Ini Penyebabnya

Demam atau badan menggigil adalah suatu respons alami tubuh untuk menghangatkan diri saat terpapar suhu dingin.

Dalam beberapa keadaan, badan menggigil juga bisa dirasakan tiba-tiba meski suhu di sekitar terbilang normal. Dalam kasus ini, salah satu penyebabnya adalah kondisi medis tertentu.

Beberapa gangguan kesehatan memang bisa memicu badan menggigil. Untuk itu, Anda perlu mengenali gejala dan penyebabnya.

Penyebab Badan Tiba-tiba Menggigil

Beragam kondisi yang bisa menyebabkan badan menggigil, antara lain:

  • Demam

Jika Anda demam, suhu tubuh akan meningkat melebihi 37,5 derajat Celcius. Demam sebetulnya bukanlah penyakit atau diagnosis, melainkan mekanisme tubuh untuk melawan infeksi.

Demam juga bisa terjadi saat organ tubuh mengalami peradangan, infeksi, atau ketika Anda mengalami reaksi alergi.

Artikel Lainnya: Bolehkah Mandi Saat Demam?

Saat demam, tubuh tak hanya akan menggigil, sebagian orang juga akan mengalami gejala seperti kenaikan suhu badan, hidung berair, lemas, atau pusing.

Kondisi tersebut biasanya disebabkan infeksi virus dan bakteri, yang biasanya akan mereda dengan sendirinya.

Jika mengalami gejala demikian, Anda bisa mengonsumsi obat penurun demam dan perbanyak minum air putih.

  • Reaksi Aktivitas Fisik Ekstrem

Maraton atau bentuk olahraga ekstrem lain yang butuh pengerahan fisik intens bisa menyebabkan perubahan pada suhu inti tubuh, kemudian tubuh jadi menggigil.

Respons tersebut bisa terjadi dalam segala cuaca, tetapi lebih sering terjadi di suhu yang sangat panas (kelelahan akibat panas) atau sangat dingin (hipotermia dan dehidrasi).

Gejala lain yang bisa terjadi adalah badan merinding, kram otot, pusing, lesu, muntah, dan mual.

  • Hipoglikemia

Hipoglikemia atau kadar gula darah sangat rendah bisa memengaruhi kerja tubuh dan pada akhirnya bisa menyebabkan badan menggigil.

Hal itu merupakan respons tubuh yang lazim jika Anda tidak mengonsumsi makanan dalam waktu cukup lama, atau jika tubuh mengalami kekurangan zat gula.

Hipoglikemia juga terkadang juga terjadi pada penderita diabetes yang tidak bisa menjaga kestabilan gula darah sehingga kadarnya cenderung rendah.

Selain menggigil, hipoglikemia juga dapat ditandai dengan tubuh berkeringat, jantung berdebar, penglihatan buram, hingga mengalami kejang pada kasus yang berat.

  • Efek Samping Konsumsi Obat-obatan

Konsumsi obat-obatan tertentu kadang bisa memunculkan efek samping, termasuk membuat badan tiba-tiba menggigil.

Kondisi serupa juga bisa muncul jika Anda mengonsumsi obat-obatan bebas, suplemen, produk herbal, bahkan obat-obatan medis dalam dosis yang tidak sesuai.

Selain itu, badan menggigil juga bisa disebabkan oleh reaksi tubuh terhadap suatu obat atau zat di dalamnya. Mekanisme ini adalah tanda bahwa tubuh tidak butuh zat tersebut.

  • Hipotiroidisme

Hipotiroidisme merupakan kurangnya jumlah hormon tiroid yang diproduksi oleh kelenjar tiroid untuk melangsungkan metabolisme tubuh.

Keadaan ini dapat meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap suhu di luar tubuh, sehingga tubuh jadi mendadak menggigil.

Artikel Lainnya: Hujan Mulai Sering Turun, Waspada Hipotermia

Gejala lain dari hipotiroidisme adalah kenaikan berat badan, kuku, kulit, dan rambut kering, wajah tampak membengkak, otot lemah, kaku, ataupun nyeri.

  • Prosedur Anestesi Pascaoperasi

Suhu tubuh bisa turun selama operasi. Ketika operasi selesai dan prosedur anestesi berakhir, tubuh akan menyesuaikan suhu ke angka normal sehingga menimbulkan efek menggigil.

Obat bius pada prosedur anestesi juga dapat memengaruhi kemampuan tubuh dalam mengatur suhu.

Oleh karena itu, proses kembalinya suhu tubuh menjadi normal pascaoperasi dapat berlangsung lebih lama daripada biasanya.

  • Kurang Nutrisi

Tanpa pasokan nutrisi yang seimbang, tubuh tak bisa menjalankan fungsinya dengan baik. 

Selain badan menggigil, gejala lain dari kekurangan nutrisi adalah lelah, mengantuk, lemas, sulit fokus, pucat, ruam, jantung berdebar, rasa ingin pingsan, dan lainnya.

Pada wanita, kekurangan nutrisi juga bisa menyebabkan gangguan pada siklus haid.

Jika mengalami gejala-gejala tersebut, periksakan diri ke dokter. Karena, kekurangan nutrisi termasuk dalam kondisi serius yang bisa sebabkan komplikasi jika tidak ditangani.

  • Sepsis

Sepsis adalah peradangan yang diebabkan oleh infeksi. Kondisi ini memang jarang ditemukan, namun dapat menyebabkan komplikasi serius jika terjadi.

Selain badan mengigil, sepsis juga bisa menyebabkan kebingungan, kesulitan bernapas, detak jantung cepat, nyeri, dan produksi urine menurun.

Pada kasus parah, sepsis dapat menyebabkan kegagalan pada fungsi organ vital tubuh. Karena itu, kondisi ini perlu segera diatasi.

  • Tremor

Tremor adalah penyakit neurologis, yang menyebabkan gangguan pada fungsi gerak tubuh. Penyakit ini ditandai dengan tubuh bergetar, dan paling sering terjadi pada tangan atau kaki.

Secara kasat mata, orang yang mengalami tremor terlihat seperti mengigil meski cuaca tidak sedang dingin. Ini karena tubuhnya bergetar dengan cepat dan tanpa disadari.

  • Serangan Panik

Serangan panik adalah kondisi yang terjadi secara mendadak, serta/tanpa pemicu dan sulit diprediksi. Saat terjadi, penderita akan meerasa sangat gelisah dan ketakutan yang tidak beralasan.

Selama serangan panik, darah akan mengalir dari area yang tidak diperlukan. Tak heran, orang yang mengalaminya bisa saja menggigil di bagian tubuh tertentu.

Jika badan menggigil tiba-tiba namun suhu di sekitar tergolong normal, bisa jadi itu merupakan tanda dari adanya gangguan kesehatan.

Apabila Anda sering mengalami badan menggigil secara tiba-tiba atau tanpa sebab yang jelas, jangan sungkan untuk segera memeriksakan diri ke dokter agar penyebabnya bisa diketahui.

(RN/ RVS)

badan menggigilSuhu Badan TurunHipoglikemia

Konsultasi Dokter Terkait