Sehat dan Bugar

Tips Sehat Menambah Berat Badan untuk si Kurus

dr. M. Dejandra Rasnaya, 04 Jan 2024

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Kamu kurus dan sulit menaikkan berat badan? Agar tubuh kamu bisa ideal, baca tips menambah berat badan secara sehat berikut ini.

Tips Sehat Menambah Berat Badan untuk si Kurus

Untuk kebanyakan orang, agar bisa mencapai berat badan ideal, biasanya yang diperlukan adalah menurunkan berat badan karena kegemukan, atau bahkan obesitas. Namun, ada sebagian orang lagi yang justru berbadan terlalu kurus dan sulit menambah berat badan. Jika kamu termasuk yang mengalaminya, maka sangat disarankan untuk menyimak tips menambah berat badan secara sehat berikut ini.

Ketika kamu yang kekurusan tak juga mencapai berat badan ideal, akhirnya faktor-faktor lain seperti genetik, proses kecepatan metabolisme individu, bahkan cacingan mulai dicurigai sebagai penyebabnya.

Meskipun kenyataannya faktor genetik dan kecepatan metabolisme seseorang memang mempunyai peran dalam pertumbuhan berat badan, tetapi pola hidup seperti diet dan olahraga yang berperan lebih besar dalam menentukan berat badan seseorang. Lantas, apa saja yang harus kamu lakukan untuk menambah berat badan secara sehat? Simak tips berikut ini.

1. Makan Banyak dan Sering

Prinsipnya, jika ingin menambah berat badan, harus ada lebih banyak yang masuk daripada keluar. Hal itu juga berlaku sebaliknya jika ingin menurunkan berat badan. Artinya, kalori yang masuk ke tubuh harus lebih banyak daripada yang dibakar atau digunakan.

Kesalahan yang banyak dilakukan adalah meningkatkan porsi makanan, tapi karena terlalu kenyang, sehari jadi hanya makan 2-3 kali.

Untuk menambah berat badan yang aman, sebaiknya fokus dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi.

Kamu dapat mengonsumsi makanan dengan kandungan protein, karbohidrat dan lemak pada setiap makanan yang kamu konsumsi. Pastikan untuk makan setidaknya tiga kali sehari, ya.

Kamu juga bisa makan lebih sering dengan menggunakan ukuran piring yang lebih besar agar kalori yang masuk kedalam tubuh lebih banyak.

Selain itu, di sela-sela jam makan, kamu juga bisa makan camilan yang tentunya bukan kue manis atau makanan ringan. Camilan yang disarankan adalah buah, yoghurt, atau oatmeal.

2. Konsumsi Karbohidrat, Protein, dan Lemak

sumber makanan tinggi protein untuk anak

Ketiga zat ini adalah makronutrien sebagai sumber kalori utama untuk tubuh. Maka dari itu, kamu memerlukan ketiganya untuk menambah berat badan.

Sumber karbohidrat yang sering kamu konsumsi adalah nasi, roti, kentang, singkong, mie, pasta, dan yang berbahan tepung. Selain yang sudah disebut sebelumnya, sumber karbohidrat yang baik adalah yang tinggi serat seperti nasi merah dan oatmeal agar tidak terjadi lonjakan gula darah.

Sementara sumber protein adalah daging merah, daging ayam, daging ikan, telur, keju, dan susu. Untuk menambah berat badan, protein diperlukan untuk menambah massa otot, selain dengan olahraga. Daging ayam dan ikan paling disarankan dijadikan sumber protein karena mempunyai kandungan kolesterol paling sedikit. Selain itu, putih telur juga merupakan sumber protein yang baik.

Konsumsi makanan berlemak biasanya terdengar buruk. Padahal, sumber lemak baik seperti alpukat juga disarankan untuk dikonsumsi. Lemak baik tersebut juga dapat menambah berat badan karena mempunyai kalori yang cukup banyak.

Artikel Lainnya: Serba-serbi Vitamin B Complex untuk Menambah Berat Badan

3. Olahraga

Ketika mengetahui prinsip menambah berat badan di atas, pasti kamu membayangkan makan yang banyak dan tidak melakukan aktivitas apa pun. Padahal, olahraga tetap disarankan, khususnya angkat beban atau weightlifting karena akan membentuk massa otot.

Berat badan akan bertambah dengan jumlah massa otot yang meningkat. Selain itu, hal tersebut tentunya lebih sehat daripada lemak di tubuh yang meningkat. Angkat beban untuk otot paha dan bokong yang paling disarankan karena otot pada bagian itu besar dan bisa mempercepat penambahan berat badan.

4. Konsisten

Kesabaran dan konsistensi adalah kunci untuk mencapai berat badan ideal. Sebab, kalau hanya dilakukan dalam waktu singkat dan berharap hasil instan, maka harapan itu tidak akan terjadi.

5. Suplemen dan Konsumsi Makanan Pendamping

Konsumsi Suplemen Protein Picu Gangguan Ginjal dan Hati? (Syda Productions/Shutterstock)

Mengonsumsi suplemen penambah berat badan dengan kandungan tinggi kalori dan protein juga disarankan untuk membantu mempercepat penambahan berat badan.

Ada beberapa alasan mengapa kamu kekurangan berat badan. Mungkin saja kamu memiliki metabolisme tubuh yang cepat, melakukan aktivitas berlebihan, kurangnya asupan nutrisi, atau mengidap penyakit yang serius.

Artikel Lainnya: Konsumsi Suplemen Penambah Berat Badan, Aman dan Efektifkah?

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kekurangan berat badan adalah mengonsumsi makanan pendamping atau suplementasi nutrisi. Kamu dapat mengonsumsi Entramix dan Entrasoy sebagai makanan pendamping yang dapat memenuhi asupan gizi yang seimbang.

Entramix memiliki nutrisi lengkap dan seimbang, yang dilengkapi dengan serat pangan inulin yang berperan sebagai prebiotik untuk kesehatan saluran cerna, bantu lengkapi kebutuhan protein dari 100% hewani (whey dan kasein) dan kalori harian kamu.

Sedangkan Entrasoy memiliki nutrisi lengkap dan seimbang dengan 100% protein nabati. Entramix dan Entrasoy juga mengandung berbagai vitamin dan mineral yang mendukung metabolisme tubuhmu.

Dengan mengonsumsi Entamix dan Entasoy minimal 1x sehari, kamu dapat #SehatKuatProduktif dan bisa membantu kamu mencukupi kebutuhan harian sehingga terhindar dari kekurangan gizi dan kekurangan berat badan.

Kamu bisa dapatkan Entramix dan Entrasoy melalui KALStore di aplikasi KlikDokter, ya! 

Selain itu, ketika sudah melakukan tips sehat menambah berat badan di atas, tetapi tetap tak kunjung berhasil, disarankan untuk segera konsultasi ke dokter. Ditakutkan, kamu memiliki penyakit seperti hipertiroid (gondok) yang biasanya menyebabkan seseorang sulit menambah berat badan.

Oke jangan lupa untuk #JagaSehatmu Selalu!

KarbohidratproteingemukBerat BadanBerat Badan IdealgiziDietKurusmenambah berat badan

Konsultasi Dokter Terkait