Kesehatan Anak

Tips Menyiapkan Bekal untuk Anak Prasekolah

dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons, 22 Jun 2019

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Tak terasa, anak sudah masuk masa prasekolah. Siapkan bekal untuk anak dengan makanan sehat untuk membantu memenuhi kebutuhan gizinya.

Tips Menyiapkan Bekal untuk Anak Prasekolah

Kelompok anak prasekolah adalah usia 2-6 tahun, atau masa jenjang taman kanak-kanak atau sebelum sekolah dasar. Pada usia ini, anak-anak tergolong sangat aktif dalam mengenal lingkungannya. Sering kali, asupan gizi mereka kurang jika dibandingkan dengan energi yang dikeluarkan. Karenanya, penting untuk menyiapkan bekal untuk anak dengan memberikan makanan sehat yang memenuhi kebutuhan gizinya.

Zaman sekarang, anak-anak sudah merasakan pendidikan prasekolah sejak dini, bahkan dari usia 1,5 tahun. Beberapa sekolah menyiapkan camilan sebagai selingan kegiatan di sekolah. Namun, pada usia yang cukup dini tersebut, tidak semua anak suka dengan makanan yang disediakan tersebut.

Oleh karena itu, Anda sebagai orang tua harus turut serta menyiapkan bekal yang disukai anak untuk tetap mencukup kebutuhan gizi mereka. Apalagi anak usia prasekolah ini sangat aktif, sehingga butuh asupan energi yang memadai agar bisa berkonsentrasi di sekolah. Kebutuhan gizi yang cukup juga penting untuk mendukung kesehatan anak agar ia tak mudah sakit atau tertular penyakit.

Perlu diingat bahwa sistem kekebalan tubuh anak prasekolah belum sempurna dibandingkan dengan orang dewasa. Anak-anak juga lebih rentan mengalami alergi, terlebih lagi jika mencoba makanan baru yang tidak pernah dicoba atau diberikan oleh orang tuanya sebelumnya.

Tips menyiapkan bekal untuk anak prasekolah

Jika si Kecil sudah memasuki masa prasekolah, Anda perlu menyiapkan bekal untuknya. Hal ini bertujuan untuk menjaga kesehatannya dan agar tumbuh kembangnya optimal.

Berikut ini adalah tips menyiapkan bekal untuk anak usia prasekolah:

  1. Prioritas utama: bekal harus sehat dan bersih

Sehat di sini berarti bekal harus bergizi seimbang untuk tumbuh kembang anak. Pastikan menyertakan makanan sumber karbohidrat, protein, lemak, serta vitamin dan mineral. Bekal makan anak juga harus bersih dan higienis, mulai dari tahap pemilihan bahan hingga penyajiannya.

  1. Buat bekal semenarik mungkin

Ini penting untuk mencegah anak malas atau bosan makan bekal yang Anda siapkan. Karenanya, buat  bekal semenarik mungkin. Misalnya nasi dicetak dan dibentuk mirip panda, beruang, atau karakter kesukaannya, telur dibentuk seperti wajah yang sedang tersenyum, dan lain-lain.

  1. Siapkan bekal makanan kesukaan anak

Ajak anak untuk terlibat dalam menyiapkan bekal makanannya. Tanya anak tentang makanan kesukaannya atau mengajaknya saat berbelanja bahan makanan. Selanjutnya, sebagai ibu tugas Anda adalah memastikan makanan kesukaan anak dibuat atau dimodifikasi sesehat mungkin.

Aneka ide bekal makan anak prasekolah

Masih bingung memilih makanan apa untuk bekal untuk anak prasekolah? Anda bisa menyontek beberapa menu di bawah ini.

  1. Roti isi

Roti isi adalah salah satu contoh bekal sehat yang cukup berat karena merupakan sumber karbohidrat. Roti isi dapat dibuat asin seperti dengan isian telur, keju, sayuran, dan daging, atau juga bisa disajikan manis seperti roti isi keju dan cokelat.

Roti isi tersebut juga dapat divariasikan bentuknya agar anak menjadi senang saat memakannya, seperti bentuk hati, kucing, beruang, dan lain-lain.

  1. Telur

Sajian telur ini bisa berupa telur rebus, dadar, atau ceplok. Selain sumber protein, telur juga mengandung beberapa jenis vitamin dan mineral, termasuk vitamin B12, riboflavin, dan selenium. Selain itu, telur juga mengandung lutein dan zeaxanthin, dua jenis karotenoid yang baik bagi kesehatan mata.

  1. Yoghurt

Yoghurt bisa Anda sertakan dalam bekal makan anak karena kandungan protein dan kalsiumnya, yang mana ini bermanfaat untuk pertumbuhan tulang si Kecil. Yoghurt juga mengandung probiotik yang baik untuk kesehatan sistem pencernaan anak.

  1. Buah dan sayur

Buah dan sayur merupakan sumber serat sekaligus sumber berbagai vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Untuk itu, ajari anak makan buah sayur sedini mungkin.

Biasakan pula anak tetap menyantap buah sayur meski berada di sekolah. Anda bisa membawakannya buah yang mudah dimakan seperti pisang, atau buah potong yang segar seperti pepaya dan semangka. Berinovasi dengan menjadikannya menu menarik seperti salad buah juga dapat meningkatkan nafsu makan buah pada anak.

Menyiapkan bekal untuk anak prasekolah adalah upaya penting orang tua untuk memastikan pemenuhan kebutuhan nutrisi anak agar tumbuh kembangnya optimal. Jangan malas untuk terus berkreasi dalam merancang dan menyiapkan bekal anak, sehingga ia semangat saat menyantapnya!

(RN/ RVS)

Nutrisi AnakTumbuh Kembang AnakMakanan SehatsekolahAnakbekalAnak PrasekolahBekal untuk Anak

Konsultasi Dokter Terkait