Sukses

Cara Efektif Melawan Kecanduan Gula

Merasa tak bisa lepas dari makanan atau minuman manis? Jangan tinggal diam! Ini yang bisa Anda lakukan untuk melawan kecanduan gula.

Sebagian besar orang tidak bisa menolak nikmatnya mengonsumsi makanan manis atau mengandung banyak gula. Apakah Anda salah satunya? Jika ya, sebaiknya segera hilangkan kebiasaan tersebut.

Pasalnya, Anda bisa saja mengalami kecanduan gula, yang berujung pada meningkatnya risiko berbagai penyakit, seperti obesitas, diabetes, dan penyakit jantung.

Mengetahui bahwa kecanduan gula adalah hal yang sangat berbahaya, Anda sebaiknya segera mengurangi konsumsi makanan atau minuman manis mulai saat ini. Adapun beberapa cara mengatasi kecanduan gula, antara lain:

1 dari 6 halaman

1. Kurangi Secara Perlahan

Semua perubahan dilakukan secara bertahap. Oleh karena itu, Anda tidak perlu menghindari gula sama sekali. Cara menghilangkan kecanduan gula bisa diawali dengan menguranginya sedikit demi sedikit hingga Anda bisa lepas sepenuhnya.

Jika Anda langsung menghindari gula sepenuhnya, hal tersebut malah bisa menyebabkan terjadinya stres.

Bila sudah begini, tubuh akan menghidupkan mekanisme ‘fight-or-flight’ dengan meningkatkan produksi hormon yang meningkatkan kadar gula darah dan menekan fungsi tubuh. Keadaan ini bisa berdampak buruk bagi kesehatan tubuh Anda.

Artikel Lainnya: Kenali 8 Gejala Anda Kecanduan Gula

2. Banyak Minum Air Putih

Menurut ahli gizi kuliner dan penulis Super Cleanse, Adina Niemerow, CN, keinginan makan gula yang tinggi bisa menjadi tanda bahwa Anda sedang dehidrasi.

Oleh karena itu, cara mengatasi kecanduan gula bisa dilakukan dengan konsumsi lebih banyak air putih. Jadi, jika mulai ada tanda bahwa Anda ingin mengonsumsi yang manis-manis, lebih baik ambil segelas air putih.

2 dari 6 halaman

3. Pelajari Nama Lain Gula dan Hindari

Pada makanan atau minuman kemasan, gula biasanya ditulis dengan nama berbeda. Beberapa istilah yang sering digunakan, misalnya laktosa, sirup beras merah, molase, dekstrosa, atau beragam istilah untuk gula yang berakhiran ‘–osa’ lainnya.

Perlu diketahui, gula juga bisa Anda temukan dalam bentuk dan sajian yang berbeda. Misalnya pada saus barbeku, saus pasta, saus salad rendah lemak, roti, kacang panggang, dan beberapa kopi beraroma.

Karenanya, cara mengatasi kecanduan gula yang penting dilakukan adalah dengan membaca label dan fakta nutrisi pada kemasan makanan yang hendak dibeli.

4. Bersantai dan Pergi Tidur

Keinginan makanan gula yang tinggi sering terjadi akibat tidur terlambat, kurang tidur, atau bangun terlalu dini. Menanggapi ini, Niemerow merekomendasikan untuk mencoba tidur 8 jam setiap malam.

Artikel Lainnya: Inilah Penyebab Anda Kecanduan Gula

Menurutnya, jika ingin sesuatu yang manis, maka konsumsilah sedikit camilan. Meski Anda diperbolehkan untuk ngemil, ingatlah untuk memilih camilan sehat, misalnya buah-buahan sebagai cara mengatasi kecanduan gula.

3 dari 6 halaman

5. Olahraga Rutin

Saat mengurangi asupan gula, tubuh membutuhkan sumber energi baru. Percaya atau tidak, Anda bisa mendapatkan sumber energi tersebut dari olahraga.

Faktanya, cara mengatasi kecanduan gula ini dapat membantu menyeimbangkan kadar gula darah, mengurangi ketegangan, dan meningkatkan energi tubuh.

Anda disarankan untuk memulai olahraga dengan durasi 10 menit sehari, lalu ditingkatkan secara bertahap hingga 30 menit per hari.

6. Konsumsi Protein

Mengonsumsi protein adalah cara mudah untuk mengekang keinginan makan gula. Pasalnya makanan tinggi protein dicerna lebih lambat oleh tubuh sehingga Anda merasa kenyang lebih lama.

Selain itu, makanan tinggi protein juga tidak meningkatkan kadar gula darah di dalam tubuh Anda.

Beberapa sumber protein yang bisa Anda jadikan pilihan, misalnya ayam tanpa lemak, yoghurt rendah lemak, telur, kacang-kacangan, buncis, dan lentil. Jangan lupa untuk menyeimbangkan asupan protein dengan banyak sayuran.

Artikel Lainnya: 7 Tanda Tubuh Anda Sudah Kelebihan Gula

Konsumsi makanan tinggi protein dengan sayuran adalah cara mengatasi ketergantungan gula yang efektif. Dengan begitu, keinginan untuk makan gula akan semakin tertekan hingga akhirnya hilang.

4 dari 6 halaman

7. Kurangi Kopi

Kandungan kafein dalam kopi bisa membuat Anda mengalami dehidrasi dan gejolak gula darah di dalam tubuh. Pada akhirnya, kondisi tersebut membuat tubuh ‘mengidam’ gula.

Oleh karena itu, cara mengatasi kecanduan gula bisa Anda lakukan dengan mengurangi konsumsi kopi menjadi hanya satu cangkir per hari.

Jika Anda tidak bisa menghindari kafein sama sekali, Niemerow merekomendasikan untuk menyeduh teh matcha atau teh hijau dari Jepang daripada membuat espresso atau latte.

8. Perbanyak Sayuran

Ketika Anda menjadi pecandu makanan dan minuman tinggi gula, cobalah untuk mengonsumsi makanan tinggi vitamin dan antioksidan. Kandungan tersebut dapat memperbaiki sirkulasi darah, menurunkan gula, juga dapat menangkal radikal bebas.

Artikel Lainnya: Dampak Negatif Gula yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Cara mengatasi kecanduan gula tentunya bisa dengan memperbanyak konsumsi sayuran. Pasalnya, sayuran menyimpan kandungan tinggi vitamin dan antioksidan yang baik untuk mengatasi kecanduan Anda.

Jangan lupa juga untuk mengombinasikannya bersama makanan tinggi protein untuk memperoleh hasil yang maksimal.

5 dari 6 halaman

9. Konsumsi Jus Buah Tanpa Gula

Mulailah minum jus buah tanpa menggunakan gula karena beberapa buah juga memiliki kandungan gula alami di dalamnya. Selain manis, Anda juga bisa hidup lebih sehat jika mengonsumsi jus buah tanpa gula.

10. Ganti Gula dengan Madu

Cara menghilangkan kecanduan gula juga bisa dengan mengganti gula biasa dengan gula alami seperti madu. Terutama bagi Anda yang memang tidak bisa minum minuman tanpa ada rasa manis.

Madu terbukti memiliki indeks glikemik jauh lebih rendah dibandingkan dengan gula. Jadi, selain minuman tersebut manis oleh madu, Anda pun akan merasakan khasiat kesehatannya.

Yuk, lakukan beberapa cara menghilangkan kecanduan gula di atas. Menghilangkan ketergantungan gula adalah langkah awal untuk memiliki kesehatan tubuh yang paripurna. Jadi, sudah siapkah Anda untuk terbebas dari gula dan memiliki kesehatan tubuh yang lebih terjaga?

[WA]

0 Komentar

Belum ada komentar