Sukses

Kenali Lebih Dekat tentang Anak Ambidextrous

Buah hati Anda bisa menggunakan kedua tangannya secara bersamaan? Bisa jadi, ia tergolong ke dalam anak ambidextrous.

Klikdokter.com, Jakarta Sejak masa pertumbuhan, anak-anak selalu diajarkan untuk menggunakan tangan yang lebih dominan untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Mulai dari makan, bermain, menulis dan sebagainya. Namun, bila anak bisa menggunakan kedua tanggannya secara bersamaan, kondisi ambidextrous bisa jadi alasannya.

Nah, bagaimana dengan anak Anda? Apakah ia dominan menggunakan tangan kanan, kidal atau justru bisa memakai kedua tangannya, alias ambidextrous?

Terjadinya ambidextrous pada anak

Di masyarakat, tangan kiri memiliki stigma negatif. Itu sebabnya, menggunakan tangan kiri dalam beraktivitas dinilai tidak sopan dan kurang baik. Sehingga, dari kecil para orang tua terbiasa mengajarkan anak-anaknya untuk selalu menggunakan tangan kanan.

Bagi anak yang lebih dominan menggunakan tangan kiri atau yang lebih kita kenal sebagai kidal, mereka akan belajar untuk menggunakan tangan kanan karena stigma masyarakat tersebut.

Dari kejadian ini, tidak sedikit orang tua yang baru menyadari bahwa anak mereka pada akhirnya dapat menggunakan kedua tangan dengan sama baiknya. Orang-orang yang memiliki kemampuan ini disebut ambidextrous.

Ambidextrous atau mixed-handed merupakan kondisi ketika seseorang dapat menggunakan kedua tangannya secara bergantian ataupun bersamaan dengan sama baiknya. Kondisi ini juga menunjukkan bahwa kedua otak kanan dan kiri seseorang itu cukup seimbang.

Kemampuan ini dapat mudah dikenali sejak usia dini. Anak-anak dengan ambidextrous kerap menggambar, melempar bola dan melakukan aktivitas sehari-harinya dengan menggunakan kedua tangan mereka, sehingga berpengaruh juga terhadap tumbuh kembang anak.

Apakah anak dengan ambidextrous memiliki keterbatasan?

Dapat mengerjakan suatu hal dengan kedua tangan secara bersamaan mungkin bisa dianggap sebagai suatu kemampuan yang luar biasa. Menariknya, justru banyak orang yang menginginkan kemampuan ini.

Akan tetapi, hal ini tidak sepenuhnya dianggap sebagai suatu kelebihan. Dalam beberapa penelitian, diungkapkan bahwa anak dengan ambidextrous memiliki kelemahan dalam bidang akademik.

Mereka dinilai memiliki tingkat konsentrasi yang cukup rendah, sehingga prestasi akademiknya lebih rendah dibandingkan teman-teman sebayanya yang tidak mengalami ambidextrous. Bahkan, anak dengan ambidextrous memiliki kesulitan dalam memahami ilmu-ilmu pasti seperti matematika dan bahasa.

Sisi positif anak dengan ambidextrous

Dengan segala kekurangan yang sudah disampaikan sebelumnya, anak dengan ambidextrous juga memiliki banyak kelebihan yang bisa dikembangkan. Anak-anak dengan kemampuan ini dinilai lebih pandai dalam bidang seni dan olahraga.

Maka tak heran, banyak musisi, atlet, pelukis dan profesi seni lainnya mempunyai kemampuan ini. Meskipun prestasi akademik anak dengan ambidextrous dinilai lebih rendah, namun Anda tak perlu berkecil hati. Karena kemampuan ini unik dan tidak banyak orang yang memilikinya.

Ketika potensi mereka dikembangkan sesuai minat dan bakat, bukan tidak mungkin anak-anak dengan kondisi ini menjadi lebih sukses.

Banyak penelitian yang dilakukan bertujuan untuk membantu para orang tua dan juga guru mengetahui kondisi anak-anak dengan ambidextrous. Apabila Anda merupakan satu di antara orang tua yang memiliki anak dengan kemampuan ini, cobalah untuk lebih memahami kelebihan dan kekurangan anak.

Sebaiknya Anda tidak menganggap nilai akademik yang rendah sebagai sesuatu yang buruk. Carilah sisi atau kemampuan lain dari anak dan dukung mereka untuk mengembangkannya.

Kini Anda sudah lebih paham dengan kekurangan dan kelebihan anak dengan ambidextrous. Apabila si Kecil mengalaminya, Anda tidak perlu berkecil hati dan khawatir. Banyak nama-nama besar seperti Adam Levine dan James LeBron juga diketahui memiliki kemampuan seperti ini, namun mereka dapat sukses di bidangnya masing-masing. Yuk, terus dukung dan beri semangat si Kecil untuk mengembangkan potensi sesuai minat dan bakatnya!

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar