Sukses

Yuk, Lakukan Meditasi Kundalini untuk Tangkal Stres!

Sedang stres berat? Coba lakukan meditasi Kundalini! Setelah melakukan meditasi ini, pasti tubuh dan pikiran Anda terasa lebih ringan.

Klikdokter.com, Jakarta Ada saatnya hari-hari Anda terasa melelahkan. Ironisnya, lelah hati dan pikiran jauh lebih menyakiti ketimbang sekadar kelelahan fisik. Saat lelah fisik, tidur berkualitas dapat mengembalikan kondisi tubuh Anda. Namun saat Anda lelah hati dan pikiran, setelah tidur pun Anda tetap merasa kelelahan dan tidak bersemangat. Karena itulah, orang yang sedang stres membutuhkan penangkal selain tidur. Salah satunya adalah meditasi Kundalini.

Meditasi ini mungkin masih asing di telinga Anda. Dilansir dari Verywell Mind, meditasi Kundalini adalah cara untuk menyalurkan energi dan melepaskan diri dari stres. Kata “Kundalini” sendiri memiliki arti “energi primal”. Meditasi ini diperkenalkan pada 1968 oleh Yogi Bhajan. Master meditasi Kundalini itu pergi meninggalkan India ke Barat untuk mengajarkan teknik meditasi.

Saat itu, masih banyak kerahasiaan di lingkup meditasi sehingga Yogi Bhajan bertekad untuk mengubah hal tersebut. Dia berpendapat, meditasi sebenarnya sangat relevan dengan kehidupan masa sekarang.

Pasalnya, banyak orang yang kerap merasakan sakit yang tidak bersumber dari fisik, tapi pikiran. Jadi, ketimbang bergumul dalam sakit dan stres, lebih baik Anda bermeditasi agar tetap berada di kondisi yang stabil.

Tujuan dan manfaat meditasi Kundalini

Meditasi Kundalini adalah bagian dari yoga Kundalini yang dimaksudkan untuk memindahkan energi ke seluruh tubuh. Diperkirakan, energi di pangkal tulang belakang (chakra akar) perlu dilepaskan melalui tujuh chakra tubuh dan keluar melalui chakra mahkota di atas kepala.

Proses melepaskan energi dari tubuh ini bertujuan menciptakan sistem komunikasi antara pikiran dan tubuh untuk meringankan masalah mental, fisik, dan spiritual. Dengan terhubungnya kesadaran dan napas, tubuh akan membangun ritme baru. Anda pun bisa “berkomunikasi” dengan versi diri Anda yang “lebih tinggi”.

Sama seperti mandi setiap hari untuk membersihkan tubuh, para yogi memandang meditasi Kundalini sebagai cara untuk membersihkan pikiran. Hal serupa juga dikatakan dr. Valda Garcia dari KlikDokter.

Menurutnya, fungsi utama dari meditasi adalah untuk menenangkan pikiran dan mengurangi kadar stres. “Ketika pikiran Anda baik, pasti kondisi tubuh juga baik. Begitu pula sebaliknya. Itulah manfaat utama meditasi bagi kesehatan fisik,” ujar dr. Valda.

Meditasi akan membantu Anda menyeimbangkan energi dan menghilangkan keruwetan pikiran sehingga Anda tidak lagi bereaksi terhadap pikiran negatif yang dimiliki. Perlu digarisbawahi, meditasi Kundalini bukanlah seperangkat kepercayaan atau agama, melainkan sistem untuk membangkitkan energi dan menciptakan pikiran positif.

Adapun beberapa manfaat yang bisa dirasakan bila Anda melakukan meditasi Kundalini secara rutin, antara lain:

  • Stres berkurang
  • Memperluas kapasitas paru-paru
  • Membantu konsentrasi dan mencegah pikiran “acak” menguasai diri Anda
  • Memberikan keseimbangan emosi
  • Memperkuat sistem saraf
  • Dan membangun energi kreatif dalam diri Anda.
1 dari 2 halaman

Cara melakukan meditasi Kundalini

Bila Anda tertarik melakukan meditasi ini, ada beberapa persiapan dan langkah meditasi yang bisa dilakukan, yakni:

  • Pilih lokasi yang paling tenang dan Anda sukai.
  • Letakkan sebotol minuman di samping Anda.
  • Gunakan pakaian katun yang longgar, ringan, dan nyaman.
  • Pilih waktu berlatih yang tepat, entah itu pagi atau malam hari sebelum tidur.
  • Lalu, duduklah bersila di atas sebuah tikar matras yoga. Pastikan tulang punggung lurus dan tidak membungkuk.
  • Pejamkan mata dan mulailah bernapas.
  • Saat bernapas, lantunkan mantra untuk membantu Anda fokus. Contoh mantra bagi pemula adalah “Sat Nam” yang artinya ‘Kebenaran adalah identitas saya’. Ucapkan “Sat” saat menarik napas, dan ucapkan “Nam” saat mengembuskan napas.
  • Terus lakukan teknik bernapas sampai Anda merasa tenang.
  • Setelah melakukannya selama beberapa menit atau satu jam lamanya, Anda bisa mengakhiri meditasi dengan bernapas sambil menyatukan kedua telapak tangan atau mengangkat tangan ke udara, kemudian relaks dan kembali buka mata Anda.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi stres, salah satunya dengan mempraktikkan meditasi Kundalini. Meditasi sendiri termasuk cara pengendalian stres yang mudah dilakukan dan tidak mengeluarkan biaya. Jadi, daripada mengatasi stres dengan cara yang salah dan merugikan kesehatan, lebih baik Anda lakukan meditasi Kundalini secara rutin.

[HNS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar