Sukses

Wasir Kambuh, Hentikan Konsumsi 5 Makanan Ini

Bagi penderita wasir, memilih makanan yang tepat bisa mencegah kambuhnya penyakit ini. Berikut beberapa makanan yang harus dihindari.

Klikdokter.com, Jakarta Anda penderita wasir? Sebaiknya jangan sembarangan makan karena bisa-bisa wasir Anda tambah parah. Ada beberapa makanan yang harus dihindari penderita wasir agar penyakitnya tidak kambuh.

Wasir, atau dalam bahasa medisnya disebut sebagai hemoroid, merupakan suatu kondisi terjadinya pelebaran dari pembuluh darah yang berlokasi di sekitar anus. Pembuluh darah anus yang melebar ini sering kali teregang hebat, menipis, dan teriritasi.

Penyakit ini juga lazim disebut dengan ambeien. Wasir sendiri terbagi dalam dua, yakni interna dan eksterna. Kalau interna, wasir berlokasi cukup dalam dan tidak kelihatan. Sementara kalau eksterna, berlokasi lebih luar dari wasir interna. Saat mengeluarkan tinja, wasir sering timbul keluar sehingga mudah dilihat dan dirasakan penderitanya.

Gejala penyakit wasir biasanya adalah:

  • Munculnya darah segar menetes dari anus saat buang air besar.
  • Gatal pada anus.
  • Nyeri yang timbul akibat teriritasinya wasir karena bergesekan dengan pakaian atau saat duduk. Nyeri hebat juga dapat timbul bila terdapat pembekuan darah pada wasir.
  • Tampak benjolan lembap di area anus yang berwarna merah muda atau lebih terang dari area sekitarnya.
  • Muncul benjolan keluar dari anus pasca buang air besar, benjolan dapat masuk sendiri atau harus didorong terlebih dahulu.
  • Pucat, mudah lemas, tidak mudah konsentrasi bila telah terjadi komplikasi anemia akibat perdarahan yang berlebihan.
1 dari 2 halaman

Makanan yang perlu dihindari penderita wasir

Menurut dr. Citra Roeseno dari KlikDokter, ada beberapa makanan yang perlu dihindari penderita wasir. Ini agar sistem pencernaan tetap bagus, sehingga wasir pun bisa dikendalikan.

Penderita wasir memang perlu memilih makanan yang tepat untuk dikonsumsi. Salah-salah, malah wasir akan kambuh dan menyulitkan Anda beraktivitas. Berikut deretan makanan yang tidak boleh Anda konsumsi saat wasir kambuh:

  1. Makanan pedas

Bila wasir kambuh dan bengkak, makanan pedas berada di daftar teratas untuk dihindari sampai rasa sakitnya berkurang. Hal ini karena makanan pedas dapat memicu naiknya asam lambung dan membuat rasa tidak nyaman pada saluran pencernaan.

  1. Gorengan

Gorengan bisa menyebabkan wasir dalam dua cara. Pertama, gorengan sulit dicerna. Hal itu tentu dapat memperlambat sistem pencernaan secara keseluruhan, sehingga Anda lebih sulit untuk buang air besar.

Kedua, gorengan biasanya dimasak dengan minyak nabati seperti jagung, kedelai, dan minyak lobak. Tiga jenis minyak tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada dinding usus.

  1. Terlalu banyak garam

Terlalu banyak garam akan memperlambat sistem pencernaan dan membuat pergerakan usus lebih menyakitkan. Selain itu, penumpukan garam dalam darah dapat menyebabkan kembung, yang berpotensi membuat wasir bengkak dan lebih sensitif.

  1. Makanan olahan

Makanan olahan, terutama junk food memiliki kandungan serat yang rendah, sehingga dapat mengakibatkan sembelit.

  1. Alkohol

Tidak ada yang bilang bahwa alkohol memiliki manfaat. Hal tersebut juga berlaku bagi Anda yang terkena masalah wasir. Minum alkohol dalam jumlah besar dapat mengganggu keseimbangan pencernaan dalam perut., sehingga ada baiknya selalu dihindari penderita wasir.

Itulah beberapa jenis makanan dan minuman yang harus dihindari para penderita wasir jika tak mau kambuh. Cara tersebut juga bisa mengurangi gejala wasir yang Anda alami. Namun jika wasir atau ambeien sudah sangat menganggu, lebih baik segera periksakan ke dokter.

[MS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar