Sukses

Cara Tepat Atasi Nyeri Pinggang Saat Hamil

Nyeri pinggang saat hamil sering dikeluhkan oleh sebagian wanita yang mengandung. Berikut cara mengatasinya.

Klikdokter.com, Jakarta Seiring bertambah usia kehamilan, ada-ada saja gangguan kesehatan yang dikeluhan ibu hamil. Salah satu yang paling sering dan mungkin dialami oleh hampir setiap wanita yang mengandung pada bulan-bulan pertengahan hingga akhir adalah nyeri pinggang saat hamil.

Faktanya, nyeri pinggang saat hamil biasanya muncul pada usia kehamilan 20 minggu dan 50–70% ibu hamil akan mengalami keluhan ini. Tidak menutup kemungkinan, seorang ibu hamil dapat merasakan nyeri pinggang lebih awal yang biasanya dipicu oleh riwayat cedera.

Selain akibat cedera, nyeri pinggang saat hamil juga bisa terjadi akibat kondisi-kondisi berikut ini:

  • Peningkatan hormon selama hamil

Saat hamil banyak perubahan hormon yang terjadi sehingga membuat otot-otot sekitar panggul menjadi lebih renggang dan longgar, sehingga tidak mampu mendukung jaringan sekitarnya. Alhasil, yang terjadi adalah nyeri pinggang.

  • Bertambah berat badan

Berat badan ibu hamil akan terus bertambah seiring pertumbuhan janin di dalam kandungan. Akibat keadaan ini, bagian pinggang ibu hamil harus menahan beban yang lebih berat. Jika tidak “kuat", yang terjadi kemudian adalah nyeri pinggang.

  • Perubahan postur tubuh

Seiring bertambahnya usia kehamilan, ukuran rahim ibu hamil akan semakin besar sehingga menyebabkan perubahan postur tubuh. Keadaan ini meningkatkan tekanan di daerah pinggang, sehingga memicu timbulnya rasa nyeri.

Mengatasi nyeri pinggang saat hamil

Nyeri pinggang saat hamil diatasi, bahkan dicegah. Berikut beberapa tips yang dapat diterapkan oleh ibu hamil untuk itu:

  • Perhatikan posisi tubuh

Jika ingin mengurangi keluhan nyeri pinggang, ibu hamil perlu memperhatikan posisi tubuhnya setiap beraktivitas. Selain itu, hindari mengangkat benda yang berat karena biasanya ibu hamil lebih memusatkan tekanan di sekitar pinggang ke bawah. Hindari pula berdiri terlalu lama, karena dapat menyebabkan tekanan di sekitar area pinggang meningkat.

Untuk membantu mengurangi atau mencegah terjadinya nyeri pinggang berkelanjutan, ibu hamil dapat menggunakan braces untuk menyokong daerah perut dan pinggang sehingga tekanan dapat berkurang.

  • Gunakan alas kaki yang nyaman

Pemilihan alas kaki yang nyaman menjadi kunci agar ibu hamil terhindar dari nyeri pinggang. Karenanya, pilihlah alas kaki dengan hak datar dan nyaman, seperti flat shoes, sandal, maupun sepatu kets.

Hindari penggunaan alas kaki dengan hak tinggi. Karena, selain dapat meningkatkan risiko cedera (tergelincir), penggunaan alas kaki hak tinggi juga bisa menyebabkan postur tubuh ibu hamil cenderung membungkuk ke depan.

  • Olahraga

Olahraga adalah cara yang efektif untuk mengurangi maupun mencegah nyeri pinggang saat hamil. Dibandingkan mengonsumsi obat antinyeri, lebih baik ibu hamil mulai membiasakan diri untuk berolahraga secara rutin dan teratur.

Beberapa olahraga yang terbukti efektif mengurangi keluhan nyeri pinggang saat hamil, yaitu berenang dan prenatal yoga. Lakukan sebanyak 3–4 kali dalam seminggu, dan jangan paksakan jika memang sudah lelah.

  • Istirahat yang cukup

Saat ibu hamil terserang nyeri pinggang, hentikan segala aktivitas dan segeralah beristirahat. Hindari berbaring terlentang, melainkan miring ke sebelah kiri dengan kaki memeluk bantal atau guling. Posisi ini akan membantu meregangkan otot-otot yang tertekan.

Selain posisi miring ke kiri, ibu hamil juga bisa menggunakan kompres dingin maupun hangat untuk mengurangi keluhan nyeri pinggang. 

Jika nyeri pinggang saat hamil tidak kunjung hilang atau keluhan yang dirasakan semakin hebat, sebaiknya segera konsultasikan masalah tersebut dengan dokter yang merawat. Hindari melakukan terapi apapun, baik dengan pijat atau lainnya, apalagi di luar pengawasan dokter yang ahli. Sebab, bukannya menyembuhkan nyeri pinggang, terapi yang tidak tepat malah bisa membahayakan kesehatan ibu hamil dan janin yang ada di dalam kandungan.

(NB/ RVS)

0 Komentar

Belum ada komentar