Sukses

7 Penyakit Berbahaya Ini Harus Diwaspadai Saat Gusi Berdarah

Gusi berdarah yang sering terjadi tanpa sebab harus Anda waspadai. Sebab, kondisi tersebut bisa jadi tanda adanya penyakit berbahaya.

Klikdokter.com, Jakarta Apakah gusi Anda mudah berdarah? Mungkin penyebabnya adalah hal yang sederhana, misalnya karena cara menyikat gigi yang salah, sehingga kebersihan gigi kurang terjaga dan plak gigi menumpuk. Berbagai kondisi tersebutlah yang rentan menyebabkan gusi berdarah.

Penyebab gusi berdarah sendiri bisa beragam. Berikut ini adalah di antaranya:

  • Memiliki radang gusi atau penyakit lain yang menyebabkan radang gusi.
  • Cara menyikat gigi yang salah ataupun terlalu keras
  • Baru saja memulai rutinitas flossing, sehingga gusi belum terbiasa
  • Minum obat tertentu, seperti pengencer darah
  • Memiliki gusi yang meradang karena tengah hamil (gingivitis kehamilan)
  • Memakai gigi palsu yang tidak pas

Meski demikian, ada juga beberapa masalah kesehatan lain yang juga dapat menyebabkan gusi berdarah terlalu sering. Tentunya, kondisi tersebut harus Anda waspadai.

Waspada gusi berdarah akibat penyakit berbahaya

Jika beberapa hal di atas bukanlah penyebab gusi berdarah Anda, bisa jadi yang Anda alami merupakan tanda kondisi kesehatan yang perlu diwaspadai. Berikut ini merupakan beberapa penyakit serius yang dapat ditandai dengan gusi sering berdarah.

  • Gingivitis

Peradangan pada gusi ini adalah salah satu penyakit yang membuat gusi lebih rentan mengalami perdarahan. Kondisi ini juga ditandai dengan pembengkakan pada gusi dan nyeri di sekitar gusi.

  • Periodontitis

Penyakit ini bisa menjadi dampak dari gingivitis yang dibiarkan hingga semakin parah. Penyakit periodontal ini menyebabkan infeksi pada gusi, tulang rahang, dan jaringan penghubung antara gigi dan gusi. Parahnya lagi, periodontitis dapat menyebabkan gigi Anda lepas atau posisinya merenggang.

  • Leukemia

Salah satu tanda dari penyakit leukemia atau kanker darah adalah gusi berdarah.  Pada leukemia, jumlah sel darah normal mengalami kekurangan dan tergantikan dengan sel darah abnormal yang diproduksi oleh sumsum tulang belakang. Akibatnya, tubuh pun kesulitan untuk mengontrol perdarahan dan melawan infeksi.

  • Kekurangan vitamin

Gusi sering berdarah juga bisa menjadi tanda Anda sedang mengalami kekurangan vitamin, khususnya vitamin C dan vitamin K. Sebab, keduanya diperlukan dalam pembekuan darah.

Cukupi kebutuhan vitamin C harian Anda lewat asupan sumber makanan seperti brokoli, jeruk, tomat dan kiwi. Sedangkan, makanan yang mengandung vitamin K adalah bayam, daun kale, selada, kacang kedelai dan minyak zaitun.

  • Diabetes

Masalah kesehatan ini bisa menjadi penyebab penyakit gusi ataupun bisa diperburuk oleh penyakit gusi. Sebab, diabetes dapat melemahkan kekuatan bakteri baik di dalam mulut dalam melawan bakteri jahat, sehingga bakteri dalam mulut dapat dengan mudah membentuk plak gigi.

Selain itu, kadar gula darah yang tidak terkendali pada penderita diabetes dapat membuat penyakit gusi menjadi sulit sembuh, bahkan semakin memburuk.

  • Hemofilia

Penyakit lainnya yang menyebabkan gusi sering berdarah adalah hemofilia. Penyakit gangguan perdarahan ini dapat diturunkan. Penderitanya akan mengalami perdarahan abnormal atau berlebihan dan sistem pembekuan darah yang buruk. Tak heran, gusi berdarah atau gejala perdarahan lainnya bisa muncul pada hemofilia karena terjadi gangguan pada sistem pembekuan darah.

  • HIV (Human Immunodeficiency Virus) merupakan penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh seseorang. Salah satu bagian tubuh yang terkena dampak dari HIV adalah mulut. Itu sebabnya orang dengan HIV biasanya selalu memiliki masalah pada mulutnya, termasuk gusi berdarah. Penderita HIV mempunyai sistem kekebalan tubuh yang lemah, sehingga mudah terluka ataupun berdarah.

Menjaga kesehatan mulut adalah hal utama yang dapat Anda lakukan untuk mengobati gusi berdarah. Oleh sebab itu, sikat gigi dengan benar dan teratur, sehingga terhindar dari berbagai penyakit gigi dan mulut yang juga menyerang gusi.

Namun, jika gusi berdarah tak kunjung terhenti, waspadai berbagai penyakit berbahaya di atas, Selanjutnya, segera periksakan diri ke fasilitas kesehatan terdekat.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar