Sehat dan Bugar

Tips Menurunkan Berat Badan ala Simon Cowell

Krisna Octavianus Dwiputra, 14 Jun 2019

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Juri American Idol, Simon Cowell kini terlihat lebih bugar dan ramping. Ikuti tips ampuhnya untuk menurunkan berat badan.

Tips Menurunkan Berat Badan ala Simon Cowell

Bagi Anda penggemar tayangan pencari bakat semacam American Idol, America's Got Talent, dan X-Factor tentu tidak asing dengan salah satu juri dalam ajang tersebut, Simon Cowell. Kepiawaiannya menemukan artis-artis baru penuh talenta tidak diragukan lagi. Jika sebelumnya Anda melihat Simon Cowell bertubuh agak gemuk, kini ia memiliki tubuh yang lebih ramping. Pria asal London ini berhasil menurunkan berat badan sehingga tampak lebih bugar.

Dalam sebuah wawancara baru-baru ini, Simon Cowell mengungkapkan dirinya memang berhasil memangkas sekitar 20 pound (9 kilogram) agar lebih sehat. Cowell mengaku merasa jauh lebih baik dengan kondisi badan menjelang ulang tahunnya yang ke-60 pada Oktober mendatang.

Cowell pertama kali memutuskan untuk “berubah” setelah ia pingsan dan jatuh menuruni tangga di rumahnya pada 2017. Kejadian itu membuatnya tersentak hingga merasa perlu melakukan perubahan drastis agar tetap sehat.

"Kadang-kadang manusia mendapatkan pengingat dengan jelas. Kejadian itu sangat mengejutkan. Mereka pikir saya pingsan karena tekanan darah saya rendah. Saya pun harus benar-benar merawat diri sendiri untuk mengatasinya. Bagaimanapun, saya seorang ayah dan memiliki tanggung jawab lebih dari sebelumnya," ujarnya seperti dikutip dari Prevention.com.

Tips diet sehat dan seimbang ala Simon Cowell

Demi bisa dalam kondisi seperti sekarang ini, Cowell diketahui melakukan diet seimbang. "Diet seimbang terbukti bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan menurunkan berat badan ke rentang normal. Di samping itu, diet seimbang juga efektif untuk menurunkan risiko penyakit seperti obesitas dan penyakit kardiovaskular, seperti serangan jantung dan stroke," ujar dr. Melyarna Putri dari KlikDokter.

Anda yang ingin mengikuti jejak Simon Cowell menurunkan berat badan, dapat mengikuti tipsnya berikut:

Membuang semua makanan enak

Cowell kepada The Sun memberitahu bahwa dia dulu suka makanan yang menenangkan. "Itu saja yang saya makan sepanjang hidup saya. Saya suka kue tar selai, burger, spaghetti," katanya. Tetapi sekarang, dia memutuskan untuk menghentikan semua makanan kesukaan itu demi kesehatannya.

Lebih banyak makan sayur

Cowell juga mengatakan dia kini makan lebih banyak sayuran. Saat ini dia sedang dalam usaha menjadi vegan, meski belum sepenuhnya bisa. "Saya bisa makan ikan, tetapi tahun ini saya akan menyingkirkan itu jauh-jauh," katanya kepada The Sun.

Menjalani tes alergi makanan

Alergi makanan dan intoleransi dapat menyebabkan banyak masalah bagi banyak orang, termasuk masalah kembung, gas, dan pencernaan jika alergi tidak parah. Cowell mengatakan dia sudah menjalani tes itu dan menemukan banyak masalah dengan makanan tertentu.

"Setelah melakukan tes darah, saya ternyata tidak bisa makan daging merah, susu, gula, roti atau gluten," kata Cowell kepada Extra.

Berhenti mengonsumsi makanan tertentu

Sebagai bagian dari perombakan besar dietnya, Cowell mengatakan dia tak lagi mengonsumsi susu, gandum, dan gula. “Saya konsumsi banyak hal yang seharusnya tidak saya makan, terutama daging, susu, gandum, gula. Itu adalah empat hal utama yang saya hindarkan.”

Cowell mengatakan perubahan itu jauh lebih mudah daripada yang Anda kira. Misalnya, ia sekarang memilih minum yoghurt, susu almond, bukan yoghurt biasa dan sering mencampur susu almond di tehnya.

Memilih buah dengan hati-hati

Cowell mengatakan dia masih menikmati buah, tetapi memilihnya dengan cermat dan menghindari pilihan buah dengan gula tinggi.

"Saya bisa makan buah-buahan tertentu, tetapi tidak semua buah. Anda harus berhati-hati karena beberapa buah dapat memiliki lebih banyak gula daripada sekaleng soda," katanya.

Keluarga dan orang terdekat ikut terlibat

Cowell mengatakan, dalam melakukan perubahan ini, ia melibatkan orang terkasih. Pacarnya, Lauren Silverman, juga memberikan dukungan penuh terhadap perubahan pola makannya.

"Jika saya duduk bersamanya dengan semangkuk sayuran di depan saya, dia tidak akan memakan piza di depan saya. Lauren akan makan hidangan yang sama dengan saya," ungkapnya.

Itu adalah tips diet sehat ala Simon Cowell yang masih dijalaninya hingga sekarang. Bila Anda sedang berniat menurunkan berat badan, tak ada salahnya mengadaptasi cara di atas. Tapi ingat, tidak semua diet cocok bagi semua orang. Anda bisa konsultasi dengan ahli diet atau dokter gizi untuk memilih diet yang benar-benar sesuai.

[HNS/ RVS]

Menurunkan Berat BadanPola MakanDiet sehatSimon CowellArtisBerat BadanDiet

Konsultasi Dokter Terkait