Sukses

Kena Obat Nyamuk Semprot, Ini Pertolongan Pertamanya

Anggota keluarga ada yang tak sengaja kena dan menghirup obat nyamuk semprot? Jangan panik, lakukan pertolongan pertama ini.

Klikdokter.com, Jakarta Rasanya pasti tak nyaman dan khawatir bila banyak nyamuk berterbangan di dalam rumah. Pertama, suara dengungannya amat mengganggu di telinga. Kedua, gigitannya pun membuat bentol dan gatal. Ketiga, belum lagi risiko untuk terkena virus demam berdarah atau malaria. Jadilah penggunaan obat nyamuk semprot menjadi solusinya!

Kendati demikian, menggunakan obat nyamuk semprot tentu memiliki risiko. Bila tak sengaja terkena semprotannya, terhirup, tertelan, atau terkena mata, itu bisa sangat berbahaya dan berakibat fatal (kematian). Oleh sebab itu, di bawah ini ada penjelasan mengenai pertolongan pertama yang bisa dilakukan jika Anda atau anggota keluarga terkena obat nyamuk semprot.

Solusi mengatasi keracunan obat nyamuk semprot

Perlu diketahui bahwa obat nyamuk semprot terbuat dari beragam bahan kimia yang berbahaya. Bila masuk ke dalam tubuh, bahan kimia tersebut dapat menyebabkan penurunan detak jantung dan tekanan darah, kejang, iritasi lambung, dan kerusakan sistem saraf. Bahkan, keracunan cairan obat nyamuk semprot pun dapat menyebabkan koma yang berujung pada kematian.

Sebenarnya, kemasan obat nyamuk semprot selalu mencantumkan label peringatan yang berisikan cara penyimpanan, sekaligus hal-hal seperti pertolongan pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi keracunan.

Namun ingat, pertolongan pertama hanya bertujuan untuk meminimalkan dampak racun pada tubuh sebelum korban mendapatkan bantuan medis. Pertolongan pertama bukan untuk menyembuhkannya.

Adapun pertolongan pertama yang dapat dilakukan saat seseorang terkena obat nyamuk semprot, antara lain:

  • Segera hubungi petugas medis.
  • Informasikan kepada petugas medis tentang produk obat nyamuk semprot yang membuat orang tersebut keracunan, seperti nama produknya, kandungannya, hingga kadarnya jika memang dicantumkan pada kemasan.
  • Informasikan usia, berat badan, dan kondisi terkini dari korban kepada petugas medis.
  • Bila korban keracunan akibat menghirup, maka pindahkan dia ke tempat lain untuk menghirup udara segar.
  • Bila mata korban terkena obat nyamuk semprot, basuh matanya dengan air mengalir selama 15 menit.
  • Bila cairan obat nyamuk semprot tertelan, jangan paksakan diri untuk memuntahkannya apabila petugas medis tidak menyarankan hal serupa. Sama halnya dengan memberikan susu atau air putih. Apabila korban masih bisa menelan dan petugas medis memperbolehkannya, barulah hal tersebut bisa dilakukan.
  • Berikan larutan arang aktif (Norit) kepada korban. Tapi sekali lagi, tanyakan dulu kepada petugas medis. Bila petugas medis tidak menyarankannya, sebaiknya jangan dilakukan.
  • Jangan memasukkan apa pun ke dalam mulut korban yang kesulitan menelan atau tidak sadarkan diri.
  • Bila korban tidak bernapas dan Anda bisa memberikan bantuan napas buatan secara benar, lakukanlah.
  • Jaga tubuh korban tetap nyaman dan hangat selagi menunggu bantuan medis datang. 
1 dari 2 halaman

Alternatif selain obat nyamuk semprot agar rumah bebas nyamuk

Menggunakan obat nyamuk semprot untuk mengusir dan membunuh nyamuk beserta serangga lainnya memang cukup berisiko, apalagi bila Anda memiliki anak kecil di rumah. Untuk itu, dr. Sara Elise Wijono, MRes dari KlikDokter memberikan alternatif lain bila Anda tidak ingin memanfaatkan obat nyamuk semprot, yakni:

  • Pasang kawat nyamuk di area-area tertentu rumah, seperti jendela, ventilasi di atas pintu, dan lain sebagainya. Hal tersebut sangat efektif dalam mengurangi jumlah nyamuk yang masuk ke dalam rumah.
  • Gunakan tanaman alami, seperti serai untuk mengusir nyamuk. Bila Anda malas untuk menanamnya, gunakan saja aromaterapi essential oil yang memiliki aroma serai.
  • Selalu tutup wadah air di dalam rumah. Bila perlu, taburkan bubuk abate di penampungan air mandi agar nyamuk tidak berkembang biak.

Terkena obat nyamuk semprot dan mengalami keracunan memang tak boleh dianggap sepele. Oleh karena itu, simpanlah obat nyamuk semprot di tempat aman yang tidak mudah dijangkau anak-anak.

Selain itu, pastikan tutupnya menghadap ke arah yang tepat dan tidak mengalami kebocoran. Setelah menyemprotkannya, sebaiknya Anda juga langsung mencuci tangan dan tidak berada di dalam area yang baru saja disemprot selama beberapa saat sampai baunya benar-benar hilang. Dengan begitu, Anda pun bisa meminimalkan risiko keracunan obat nyamuk semprot.

[MS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar