Kesehatan Umum

Cara agar Sukses Berhenti Merokok

dr. Nadia Octavia, 13 Jun 2019

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Bagi sebagian perokok, berhenti merokok itu susah-susah gampang. Tapi dengan cara ini berhenti merokok jadi lebih mudah.

Cara agar Sukses Berhenti Merokok

Merokok bagi sebagian orang ibarat candu yang sulit untuk dilepaskan. Akibatnya sangat sulit bagi mereka untuk berhenti merokok. Ada saja alasannya.

Awal mula hanya coba-coba, selanjutnya tidak bisa lepas dari rokok. Habis makan harus merokok, sedang bekerja merokok, lembur di kantor merokok, setiap saat pun diisi dengan rokok.

Padahal rokok tidak punya manfaat baik sama sekali untuk tubuh. Bahkan bisa  menyebabkan timbulnya berbagai penyakit di tubuh mulai dari penyakit jantung, kanker, hingga tekanan darah tinggi.

Nah jika Anda memang berniat untuk berhenti merokok, berikut aadalah cara yang bisa Anda lakukan:

  1. Buat alasan kuat mengapa Anda harus berhenti merokok

Berhenti merokok bisa menjadi tantangan tersendiri bagi sebagian orang. Cari alasan kuat mengapa Anda harus berhenti merokok. Apakah karena nafas Anda sudah mulai tersengal-sengal atau sekedar ingin sehat.

Apapun alasannya, pastikan alasan tersebut ditanamkan kuat pada diri Anda. Jika sebelumnya, Anda sudah berusaha berhenti merokok tetapi gagal, jangan jadikan sebagai hambatan. Tetap semangat. Tuliskan alasan-alasan mengapa Anda ingin berhenti merokok. Kemudian bacalah daftar tersebut sebelum dan sesudah Anda berhenti merokok.

  1. Antisipasi waktu Anda sering merokok

Merokok tak hanya bagian dari adiksi terhadap nikotin, tetapi juga adiksi karena alasan psikologis. Ketahui alasan Anda merokok. Beberapa alasan seseorang merokok antara lain: saat menyetir mobil, acara sosial bersama kolega atau teman, situasi penuh tekanan, "teman" minum kopi, sesudah makan, dan masih banyak lagi.

Untuk mengatasinya, Anda perlu mengantisipasi situasi tersebut. Semisal jika Anda harus merokok sambil minum kopi di pagi hari, rencanakan minum kopi saat sudah tiba di kantor saat Anda sudah tidak bisa lagi merokok. Lalu jika Anda merokok saat menyetir pulang, ambillah rute lain sehingga pikiran Anda dibuat "sibuk" fokus pada jalan dan teralih dari rokok.

  1. Pilih tanggal untuk berhenti merokok

Tanggal berhenti merokok harus menjadi komitmen Anda terhadap diri sendiri. Pilih tanggal tertentu, tidak perlu harus tanggal spesial. Hindari tanggal di mana Anda memiliki segudang kesibukan, sedang stres atau menghadiri event tertentu.

Tuliskan tanggal kapan Anda akan berhenti merokok dan lihat setiap hari. Beritahu teman-teman atau keluarga yang suportif yang bisa membantu Anda mengingatkan.

  1. Hindari situasi "risiko tinggi"

Hindari situasi di mana Anda akan terdorong untuk kembali merokok, seperti jauhi teman-teman yang merokok. Bagaimanapun juga, meski teman atau keluarga Anda yang perokok tidak menawarkan Anda untuk merokok, Anda bisa dengan mudah tergoda melihat orang lain merokok.

Jika tidak memungkinkan, buat tangan Anda sibuk seperti memegang pulpen atau bermain handphone. Selalu tanamkan dan praktekkan dengan orang lain bahwa Anda memang sudah berhenti merokok.

  1. Jangan bawa rokok

Anda ingin berhenti merokok? Singkirkan pemantik, korek api termasuk rokok Anda. Jika Anda memiliki keinginan untuk merokok, tarik napas panjang, hitung hingga 10 dan buang napas.

Hindari minuman beralkohol. Pilihlah air mineral, teh atau jus buah. Sebaiknya perbanyak konsumsi buah dan sayuran. Hindari juga makanan yang manis ataupun pedas karena akan membuat Anda ingin merokok. Minta dokter Anda untuk meresepkan produk pengganti nikotin, misalnya dalam bentuk permen.

Untuk berhenti merokok memang susah-susah gampang. Meski demikian Anda bisa menerapkan cara-cara di atas supaya sukses berhenti merokok. Dengan tekad dan keinginan yang kuat, Anda pun bisa terlepas dari candu rokok.

[RVS]

merokokberhenti merokokRokoknikotinKankerHipertensiPenyakit Jantung

Konsultasi Dokter Terkait