Sukses

Alis Gatal dan Rontok, Ini Dia Penyebabnya

Akhir-akhir ini Anda mengalami alis gatal dan rontok? Jangan panik dulu. Kenali beberapa penyebabnya berikut.

Klikdokter.com, Jakarta Nyatanya, bukan cuma rambut kepala saja yang bisa gatal dan rontok, alis pun bisa mengalami hal serupa. Bila rasa gatal hanya datang sesekali saja, tentu tak jadi persoalan. Tapi, kalau alis gatal terus-menerus datang, bahkan kulit di sekitarnya seperti mengelupas dan alis rontok, tentu penyebabnya mesti dicari tahu!

Dilansir dari Medical News Today, ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab alis gatal dan rontok. Beberapa pencetus yang dimaksud adalah:

  • Eksim atau dermatitis seboroik

Dermatitis seboroik adalah masalah kulit yang kerap terjadi. Kondisi ini memengaruhi sekitar 1-3 persen dari populasi. Apabila Anda termasuk orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah, risiko untuk mengalami dermatitis seboroik pun akan semakin tinggi.

Dermatitis seboroik memengaruhi bagian-bagian tubuh yang banyak memiliki kelenjar minyak, salah satunya alis. Selain bikin alis menjadi gatal, beberapa gejala lain yang menyertai adalah adanya bercak kuning atau putih berkerak dan mengelupas serta ada sensasi terbakar.

  • Psoriasis

Menurut dr. Anita Amalia Sari kepada KlikDokter, psoriasis adalah penyakit peradangan pada kulit yang bersifat kronis, yakni penderitanya mengalami pergantian kulit yang terlalu cepat. Penyakit ini terkadang hilang timbul dan tidak mengancam jiwa.

Meski demikian, psoriasis dapat menurunkan kualitas hidup karena dapat membuat penderitanya menjadi kurang percaya diri bila tidak dirawat dengan baik. Psoriasis wajah biasanya muncul di alis, kulit antara hidung dan bibir atas, dahi atas, serta garis rambut. Bagi sebagian orang, kondisi ini mungkin terasa seperti ketombe.

  • Reaksi alergi

Ada kemungkinan bahwa alis gatal menandakan adalah tanda reaksi alergi terhadap produk atau perawatan kecantikan wajah. Lebih dari 50 juta orang Amerika menderita alergi setiap tahunnya.

Selain alis gatal, beberapa gejala lain yang menyertai adalah bersin, kemerahan, dan juga batuk. Bila reaksi alergi parah, sesak napas dan pusing pun bisa dirasakan oleh penderita.

  • Dermatitis kontak

Dermatitis kontak adalah bentuk eksim yang berkembang saat kulit menyentuh zat yang mengiritasi. Ini adalah bentuk reaksi alergi yang dapat menyebabkan peradangan, gatal, kulit kering, dan bersisik segera atau beberapa jam setelah kontak dengan bahan pengiritasi. Bila alis tak sengaja bersentuhan dengan sampo, pensil alis, tindik alis, atau benda lainnya, itu bisa membuat alis Anda gatal.

  • Diabetes

Siapa sangka, diabetes juga bisa menyebabkan alis Anda gatal! Menurut American Diabetes Association, orang dengan diabetes mungkin mengalami lebih banyak masalah kulit ketimbang orang sehat. Beberapa masalah kulit umum yang dapat menyebabkan gatal pada penderita diabetes adalah folikulitis dan infeksi jamur.

  • Kutu

Ya, kutu juga bisa sampai ke alis Anda, lo. Kutu kepala atau Pediculus humanus capitis, biasanya hidup di kulit kepala. Namun, dalam beberapa kasus, kutu akan “membuat rumah” di alis.

Nah, ketika membuat sarang di alis, kutu akan menggigit kulit dan menyebabkan sensasi gatal. Parasit yang satu ini memakan darah manusia dan disebarkan melalui kontak langsung. Jadi, waspadalah bila ada perasaan menggelitik yang bergerak di rambut!

Itu dia beberapa penyebab alis gatal dan rontok yang bisa Anda kenali. Bila rasa gatal pada alis disertai dengan kulit yang mengelupas dan bebercak, sebaiknya Anda segera memeriksakan kondisi tersebut ke dokter. Selama alis gatal, sebaiknya hindari memakai riasan karena bisa meningkatkan rasa gatal.

[HNS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar