Sukses

Atasi Jamur Kuku dengan 3 Cara Ini

Tidak hanya kulit, kuku juga bisa terserang jamur. Jangan panik, atasi jamur kuku dengan cara berikut ini.

Klikdokter.com, Jakarta Salah satu masalah yang bisa muncul di tubuh adalah jamur. Tetapi, pernahkah terbayangkan muncul jamur di kuku-kuku Anda? Kondisi itu tentu akan merusak penampilan kaki Anda. Tapi tenang, ada cara untuk mengatasi jamur kuku tersebut.

Menurut dr. Nadia Octavia dari KlikDokter, infeksi jamur pada kuku dikenal dalam dunia medis sebagai onikomikosis. Hal ini disebabkan oleh pertumbuhan jamur pada kuku.

Gejala yang muncul jika terkena masalah infeksi jamur pada kuku adalah:

  • Kuku mudah patah
  • Kuku menguning atau terdapat bintik-bintik kuning pada kuku
  • Kuku menebal dan memutih
  • Kuku menjadi rapuh dan mudah terlepas
  • Terdapat bau dari kuku yang terinfeksi

Jika Anda merasakan gejala-gejala di atas atau melihat perubahan sekecil apa pun di kuku kaki Anda atau di sekitar dan di bawah tepi, segera temui dokter Anda.

Mengatasi jamur kuku

Menurut dr. Dyan Mega Inderawati dari KlikDokter, infeksi jamur pada kuku adalah salah satu jenis penyakit yang sulit disembuhkan dan memerlukan waktu cukup lama untuk pengobatannya.

Meski begitu, ada beberapa cara yang dipercaya ampuh untuk mengatasi jamur kuku menurut Daily Heart Alerts:

1. Cuka sari apel

Cuka sari apel ketika diberikan pada kuku jari kaki bisa bertindak sebagai de-alkalizer yang menciptakan lingkungan asam yang tidak ramah untuk jamur. Pada saat yang sama, cuka sari apel telah terbukti dapat membunuh bakteri dan jamur lain seperti dermatofit.

Campurkan cuka sari apel dengan air hangat dan rendam kaki yang memiliki masalah jamur selama 30 menit dan lakukan itu dua kali per hari. Bisa juga dengan mengoleskannya pada kapas dan ditempelkan langsung pada kuku. Pastikan kaki tidak dalam kondisi basah saat kapas ditempelkan pada kuku.

2. Minyak lavender

Minyak lavender yang selama ini terkenal karena wanginya, ternyata bisa mengobati jamur pada kuku. Minyak ini memiliki sifat antivirus, antijamur, antiinflamasi dan antiseptik alami.

Selain itu, aplikasi minyak lavender telah dikaitkan dengan peningkatan sirkulasi dan sistem kekebalan tubuh. Dua faktor yang sering diabaikan ketika mencoba untuk membasmi jamur kuku kaki.

Sangat penting untuk membeli minyak lavender murni dan bukan minyak esensial lavender. Ini penting karena minyak esensial biasanya hanya untuk aromaterapi, bukan obat.

Meskipun minyak murni dapat menembus kuku, ada baiknya minyak murni digunakan pada ujung kuku yang dipangkas untuk memastikan maksimalnya penyerapan ke dalam kulit. Banyak ahli merekomendasikan mencampur minyak lavender dengan minyak tea tree untuk mempercepat pemulihan.

3. Minyak tea tree

Minyak tea tree berasal dari genus pohon tertentu yang sebagian besar tumbuh di Australia dan Selandia Baru. Minyak ini memiliki bau yang kuat, hampir seperti obat dan memiliki sifat antimikroba, antijamur, antivirus dan antiinflamasi. Kandungan ini menjadikannya obat yang kuat untuk onikomikosis.

Minyak ini dapat diaplikasikan dengan bola kapas yang direndam, disemprot atau dioleskan dua kali sehari selama beberapa bulan sampai jamur benar-benar hilang dan tidak tumbuh lagi. Namun, sebelumnya pastikan Anda tidak alergi pada minyak yang satu ini.

Ada banyak pengobatan rumahan yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi jamur kuku, tetapi tiga solusi alami di atas termasuk yang paling sering berhasil. Cobalah satu bulan atau lebih menggunakan tiga solusi di atas dan Anda mungkin akan melihat hasilnya lebih cepat. Akan tetapi, jika sudah melakukannya secara rajin dan tidak ada hasil, lebih baik segera periksakan ke dokter.

[MS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar