Sukses

8 Cara Mengatasi Rasa Lelah

Jangan sepelekan rasa lelah yang Anda rasakan. Lebih baik segera usir rasa itu dengan cara-cara berikut.

Klikdokter.com, Jakarta Rasa lelah dapat timbul akibat aktivitas fisik dan mental yang berlebihan tanpa mendapatkan istirahat yang cukup. Biasanya, hal tersebut akan membuat Anda seolah tak memiliki tenaga dan tidak sanggup melanjutkan aktivitas. Bukan tak mungkin, kondisi kelelahan membuat Anda lebih rentan terserang penyakit.

"Akibat terlalu lelah, kondisi kesehatan tubuh dapat menurun drastis dan sistem daya tahan pun ikut turun," dr. Theresia Rina Yunita dari KlikDokter menjelaskan.

Agar hal ini tidak berujung pada munculnya penyakit, tanda-tanda tubuh kelelahan harus Anda pahami. Yang pertama, menurut dr. There, adalah sulit berkonsentrasi.

“Saat mulai sulit berkonsentrasi, mungkin itu tanda tubuh Anda kelelahan. Hal ini biasanya terjadi ketika otak terlalu lelah untuk berpikir.”

Tanda selanjutnya adalah gangguan emosi. Tubuh yang mengalami kelelahan bisa memengaruhi emosi, yakni mudah marah, mudah menangis, dan menjadi orang yang pesimistis.

Tanda ketiga adalah gangguan pola tidur. Menurut dr. There, pola tidur yang kacau adalah salah satu tanda tubuh kelelahan. Sulit tidur padahal tubuh terasa sangat lelah dan ngantuk bisa menjadi awal tanda ini.

Tanda terakhir adalah sering sakit. Seperti yang diungkapkan sebelumnya, orang yang kelelahan mudah terserang penyakit, misalnya batuk, pilek, dan demam.

Cara usir rasa lelah

Saat Anda merasakan tubuh kelelahan, Anda harus tahu cara mengatasinya. Berikut beberapa cara mengatasi rasa lelah yang bisa Anda lakukan:

1. Minum lebih banyak air

Usahakan tetap terhidrasi dengan baik untuk menjaga tubuh Anda dalam kondisi optimal. Sebab, dehidrasi dapat menyebabkan tingkat energi yang rendah. Hal ini juga berdampak negatif pada tidur Anda dan dapat menyebabkan Anda mendengkur, suara serak, dan kram pada kaki. Selain itu mulut dan saluran hidung juga cenderung menjadi kering.

2. Kurangi kafein

Mengurangi asupan kafein dapat memberi Anda lebih banyak energi dalam jangka panjang. Meskipun kafein memberi Anda energi awal, setelahnya Anda akan merasa sangat mudah lelah. Hindari kafein setelah makan malam, jadi Anda dapat beristirahat dengan nyenyak di malam hari.

3. Tidur cukup

Cukup istirahat sangat penting jika Anda ingin mempertahankan tingkat energi sepanjang hari. Bersantailah sebelum tidur, atau lakukan peregangan ringan. Ciptakan kondisi dan suasana kamar senyaman mungkin untuk Anda tidur.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

4. Kurangi stres

Stres dapat memengaruhi energi Anda untuk menjalani hari. Hormon stres dapat memiliki efek negatif pada pola tidur Anda, sistem tubuh, dan kesehatan secara keseluruhan.

Jadi, agar rasa lelah tidak menghampiri, kurangi stres. Pergilah ke spa untuk perawatan agar tubuh lebih rileks. Selain itu, lakukan aktivitas fisik yang bisa menenangkan otak, seperti tai chi, meditasi, atau yoga.

5. Kurangi durasi duduk

Bangun, bergerak, dan dapatkan energi Anda secara alami misalnya dengan senam ringan, jalan kaki di sekitar tempat kerja Anda atau naik turun tangga. Ini sangat penting jika Anda banyak menghabiskan waktu Anda dengan duduk, entah di kantor atau di manapun Anda berada.

6. Prioritaskan makanan kaya zat besi

Anemia juga bisa menyebabkan kelelahan. Ini karena kadar hemoglobin yang rendah, yang membuat oksigen lebih sulit dibawa ke jaringan dan otot Anda. Kondisi ini juga melemahkan sistem kekebalan tubuh Anda.

Berikut adalah beberapa makanan kaya zat besi untuk dimasukkan dalam diet Anda:

  • Sayuran hijau berdaun
  • Sereal
  • Daging
  • Kacang, kacang polong, dan lentil
  • Hati
  • Biji-bijian

7. Porsi makan lebih kecil, lebih sering

Dalam hal tingkat energi, makan porsi kecil lebih sering sepanjang hari mungkin lebih bermanfaat daripada makan beberapa kali dalam jumlah besar. Hal tersebut berguna untuk menjaga kadar gula darah Anda tetap stabil.

Makan setiap 3-4 jam akan mengurangi kemungkinan energi Anda rusak. Pada gilirannya, Anda akan lebih kecil kemungkinannya untuk mengonsumsi makanan yang tidak sehat. Hindari makan berlebihan dan berhentilah makan sebelum Anda kenyang.

8. Belajarlah untuk santai

Luangkan waktu untuk benar-benar bersantai, rileks, dan melepaskan segala sesuatu yang menekan. Teknik pernapasan dalam, peregangan ringan, dan meditasi adalah cara terbaik untuk melepas lelah. Menemukan kedamaian di alam adalah cara lain untuk "memberi makan" jiwa Anda.

Itu adalah cara-cara yang mudah Anda terapkan untuk mengusir rasa lelah. Jika Anda sudah merasakan satu atau lebih tanda kelelahan, jangan biarkan berlarut-larut. Segera atasi dengan cara di atas. Namun, bila rasa lelah Anda tak kunjung hilang, segera periksa ke dokter.

[HNS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar