Sukses

Aktivitas Rumahan Ini Ampuh Bakar Kalori Usai Libur Lebaran

Berat badan Anda naik usai Lebaran? Yuk, lakukan beberapa aktivitas rumahan ini untuk membakar kalori!

Klikdokter.com, Jakarta Libur Lebaran, selain menjadi kesempatan bersilaturahmi, juga jadi “ajang” untuk menaikkan berat badan. Bagaimana tidak, jika setiap berkunjung ke rumah sanak saudara, berbagai hidangan Lebaran dilahap. Mulai dari ketupat, opor ayam, rendang, gulai, hingga kue seperti kastengel dan putri salju. Namun demikian, Anda bisa melakukan beberapa aktivitas rumahan untuk meminimalisasi penambahan berat badan itu.

Tidak ada salahnya memang menyantap hidangan khas yang Anda nikmati setahun sekali itu. Akan tetapi, Anda harus ingat kalau makanan-makanan tersebut mengandung kalori dan lemak yang tinggi. Maka, jangan heran bila berat badan akan mudah bertambah saat Anda terlalu banyak mengonsumsi makanan tersebut selama libur Lebaran.

Jadi, apa saja aktivitas rumahan yang ampuh untuk membakar kalori usai libur Lebaran? Simak penjelasannya di bawah ini.

  • Berkebun

Siapa yang tak senang melihat pepohonan hijau dan taman bunga yang asri? Ya, berkebun bisa menjadi salah satu cara membakar kalori yang efektif sekaligus menangkal stres. Cobalah memotong rumput halaman rumah. Aktivitas memotong rumput selama 1 jam dapat membakar 324 kalori.

Jadi, jangan buru-buru meminta orang lain atau tukang kebun untuk mencabuti rumput liar di halaman rumah Anda. Manfaat lainnya, Anda bisa menghemat biaya dan kebun di rumah Anda pun menjadi lebih indah dan terawat.

  • Menyetrika

ART atau asisten rumah tangga belum kembali dari kampung halaman sementara cucian sudah menumpuk untuk diseterika? Jangan buru-buru memasukkan seluruh cucian Anda ke penatu. Cobalah menyetrika pakaian-pakaian tersebut.

Selain pakaian menjadi licin, menyeterika ternyata bisa membakar kalori cukup banyak lho! Yaitu 76,5 kalori selama 30 menit. Ayo jangan malas menyetrika pakaian Anda sendiri!

  • Membersihkan kamar mandi

Kamar mandi Anda kotor akibat lama ditinggal mudik? Tak perlu tunggu ART Anda datang dan mulailah membersihkan sendiri. Tahukah Anda, menggosok bak mandi selama 15 menit dapat membakar hingga 100 kalori atau sama dengan 30 kali squat?

Selain dapat membakar kalori, aktivitas ini bisa menguatkan otot tangan dan bahu Anda. Kamar mandi bersih, kalori terpangkas, otot tangan dan bahu Anda pun dapat terbentuk.

  • Mencuci piring

Piring-piring kotor di rumah Anda mungkin sudah menumpuk karena banyaknya tamu yang datang silaturahmi. Melihat tumpukan piring-piring kotor mungkin sudah membuat Anda langsung malas.

Akan tetapi, jika Anda mau meluangkan 15 menit saja mencuci piring dan gelas kotor tersebut, Anda bisa membakar hingga 500 kalori. Ingin membakar kalori lebih banyak? Coba jadikan aktivitas tersebut sebagai kegiatan rutin Anda setiap hari.

  • Membersihkan rumah

Usai liburan, membersihkan rumah mungkin menjadi aktivitas terakhir yang ingin Anda lakukan. Namun, membersihkan rumah ternyata dapat membakar banyak kalori. Misalnya, memvakum karpet selama 30 menit dapat membakar 90 kalori setara dengan 15 menit Anda berlatih olahraga kickboxing.

Selain itu membersihkan meja, rak buku, atau lemari pakaian selama 30 menit dapat membantu membakar 80 kalori. Semakin besar ukuran rumah Anda, tentu kalori yang dibakar juga semakin banyak saat Anda membersihkannya.

Banyak cara sederhana untuk membakar kalori yang menumpuk usai libur Lebaran. Beberapa aktivitas rumahan di atas bisa Anda coba lakukan. Jadi, Anda tak perlu lagi menunggu ART kembali dari mudik. Bonusnya, rumah bersih terawat dan Anda pun menjadi sehat serta langsing kembali. Silakan dicoba, ya!

[HNS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar