Sukses

11 Tips Olahraga bagi Penderita Diabetes Tipe 2

Penderita diabetes tipe 2 tetap perlu olahraga untuk menjaga kesehatannya. Berikut tips olahraga yang bisa dilakukan para diabetesi.

Klikdokter.com, Jakarta Apabila saat ini Anda sedang mengidap diabetes tipe 2, olahraga secara teratur adalah aktivitas yang tidak boleh Anda tinggalkan. Berolahraga secara teratur bisa membantu Anda dalam menjaga kesehatan dan menstabilkan berat badan. Sebab, orang yang memiliki diabetes tipe 2 berisiko mengalami obesitas.

Selain itu, saat berolahraga, tubuh akan membutuhkan energi. Mekanisme tubuh ini menyebabkan otot menyerap glukosa sehingga membantu menurunkan kadar gula darah. Anda tidak perlu memilih olahraga yang rumit atau membutuhkan teknik khusus, cukup berjalan kaki rutin setiap hari selama 30 menit.

Dijelaskan dr. Alvin Nursalim, SpPD dari KlikDokter, “Dengan berolahraga 5 kali seminggu dengan durasi minimal 30 menit, penderita diabetes bisa mencapai berat badan yang ideal. Pada akhirnya, risiko terjadinya komplikasi bisa diturunkan.”

Jenis olahraga yang bisa dilakukan penderita diabetes, menurut dr. Alvin, cukup beragam. Yaitu, jalan santai, berenang, basket, bersepeda, sepak bola, golf, hiking, tenis, dan yoga.

Tips olahraga bagi penderita diabetes

Lalu bagaimana tips olahraga yang cocok bagi penderita diabetes? Simak beberapa tips olahraga untuk penderita diabetes berikut:

1. Cari olahraga yang menyenangkan

Para penderita diabetes tipe 2 punya banyak pilihan olahraga. Menari, yoga, berjalan, dan berenang adalah beberapa aktivitas fisik yang menarik. Apa pun yang meningkatkan detak jantung Anda, itu sangat baik dilakukan.

2. Konsultasi dulu dengan dokter

Dengan berkonsultasi terlebih dahulu, dokter akan tahu apa yang ingin Anda lakukan dan dapat memastikan apakah Anda siap untuk itu. Dokter juga akan memeriksa untuk melihat apakah Anda perlu mengganti makanan, insulin, atau obat diabetes Anda.

3. Periksa gula darah Anda

Tanyakan kepada dokter apakah Anda harus memeriksa gula darah sebelum berolahraga atau tidak. Jika Anda berencana untuk berolahraga lebih dari 1 jam, periksa kadar gula darah Anda secara teratur selama latihan, sehingga Anda akan tahu jika Anda membutuhkan camilan. Anda juga perlu memeriksa gula darah setelah berolahraga, sehingga Anda dapat melakukan penyesuaian jika diperlukan.

4. Siapkan camilan

Selalu sediakan camilan dengan kandungan rendah karbohidrat, seperti buah atau minuman buah. Ini sangat penting jika gula darah Anda turun sewaktu-waktu.

5. Lakukan bertahap

Jika Anda bukanlah orang yang terbiasa berolahraga, mulailah dengan latihan 10 menit setiap kali. Secara bertahap sampai akhirnya Anda terbiasa olahraga sampai 30 menit sehari.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

6. Latihan kekuatan setidaknya 2 kali seminggu

Latihan kekuatan dapat meningkatkan kontrol gula darah. Anda dapat mengangkat beban atau bisa melakukan gerakan seperti push-up dan squat jump.

7. Jadikan itu kebiasaan

Jangan anggap olahraga sebagai beban dan tuntutan. Akan terasa lebih menyenangkan bila Anda menjadikan olahraga sebagai sebuah kebiasaan dan gaya hidup.

8. Sebisa mungkin ditemani

Anda dianjurkan untuk berolahraga dengan seseorang yang tahu Anda menderita diabetes dan tahu apa yang harus dilakukan jika gula darah Anda menukik terlalu rendah. Selain lebih aman, olahraga akan lebih menyenangkan bila ada yang menemani Anda berolahraga.

9. Pakai sepatu yang tepat

Kenakan sepatu yang tepat dengan aktivitas olahraga yang Anda lakukan. Selain itu, pastikan sepatu Anda dalam kondisi baik. Misalnya, jangan joging dengan sepatu tenis, karena kaki Anda membutuhkan jenis dukungan yang berbeda saat Anda berlari. Selain itu, periksa dan bersihkan kaki Anda setiap hari.

10. Minum yang cukup

Minumlah air sebelum, selama, dan setelah berolahraga. Hal ini berguna agar tubuh Anda tetap terhidrasi.

11. Berhenti jika merasakan sakit

Jika Anda merasa sakit otot ringan, itu normal. Namun jika Anda merasakan nyeri mendadak, itu tidak normal. Segeralah berhenti. Pastikan Anda tidak berolahraga terlalu banyak atau terlalu cepat dan sesuaikan dengan kemampuan fisik Anda.

Penderita diabetes tipe 2 dapat memanfaatkan olahraga untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh. Lakukan olahraga secara teratur sekitar 30 menit sehari. Dengan olahraga secara teratur, kadar gula darah tetap terjaga dan Anda dapat terhindar dari komplikasi akibat diabetes. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter sebelum berolahraga atau untuk memilih olahraga yang tepat, serta menentukan diet yang sehat.

[HNS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar