Sukses

Tips agar Tubuh Tetap Fit Setelah Libur Lebaran

Usai libur Lebaran, pastikan tubuh tetap fit dengan melakukan beberapa hal berikut!

Klikdokter.com, Jakarta Libur Lebaran telah usai. Setelah sempat rehat sejenak dari segala pekerjaan, kini Anda pasti kembali dihadapkan pada rutinitas sehari-hari. Menyambut kembali tugas-tugas harian, terutama tumpukan pekerjaan di kantor, Anda harus menjaga agar tubuh tetap fit.

Ada beragam cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga agar tubuh tidak mudah  terserang berbagai masalah kesehatan setelah libur Lebaran. Rutin olahraga dan menjaga pola makan sehat selalu bisa diandalkan untuk menjaga kondisi kesehatan Anda. Namun sebenarnya semua itu sudah harus Anda lakukan bahkan sebelum dan saat liburan.

Berikut adalah beberapa tips agar tubuh tetap fit setelah libur Lebaran.

  • Perbanyak aktivitas fisik

Selama libur Lebaran, usahakan diri Anda untuk tetap aktif. Saat berwisata bersama keluarga selama liburan, sempatkan pergi berjalan kaki saat berada di area wisata. Dengan begitu, tubuh Anda bisa lebih aktif bergerak sekaligus dapat menghabiskan waktu berwisata bersama keluarga.

Selain itu, Anda juga dapat meluangkan waktu di rumah untuk berolahraga selama 30 menit setiap hari. Ajak serta anggota keluarga lainnya ketika berolahraga. Tidak ada salahnya untuk memanfaatkan ruang terbuka seperti taman di lokasi tujuan liburan Anda.

  • Menjaga pola makan

Berbagai macam makanan khas Lebaran memang menggiurkan, mulai dari opor ayam sampai kue kering. Namun, mengonsumsi beragam makanan tersebut secara berlebihan berpotensi menimbulkan masalah kesehatan.

Seimbangkan asupan Anda dengan menu makanan bergizi seimbang yang mengandung karbohidrat, lemak tak jenuh, protein, mineral, dan vitamin. Misalnya, Anda bisa memilih jus buah atau salad buah sebagai camilan. Atau masukkan sayur mayur dalam menu makanan Anda.

  • Istirahat yang cukup

Berkumpul dengan keluarga selama libur Lebaran sering membuat Anda lupa waktu, bahkan berpotensi kekurangan waktu tidur. Tidur yang cukup mampu menjaga daya tahan tubuh tetap terjaga. 

Saat tidur Anda cukup, sistem kekebalan tubuh Anda akan meningkat sehingga dapat mengurangi risiko Anda tertular penyakit. Pastikan Anda tidur malam 7-8 jam sehari untuk memberi kesempatan tubuh mengisi energi kembali.

  • Menjaga kebersihan diri dan lingkungan

Aktivitas bertemu banyak orang selama liburan Lebaran berpotensi meningkatkan risiko penularan penyakit. Namun, Anda dapat mencegah penularan penyakit dengan teratur mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, setelah bersalaman, dan usai menggunakan toilet umum.

Selain kebersihan diri, Anda juga harus membersihkan lingkungan, termasuk lingkungan rumah dan sekitarnya. Selalu bersihkan rumah setelah acara kumpul-kumpul bersama keluarga. Lingkungan yang bersih akan menunjang terwujudnya hidup sehat.

  • Hindari stres

Manfaatkanlah libur Lebaran sebagai momen untuk berkumpul dengan keluarga besar dan mengistirahatkan pikiran sejenak dari pekerjaan. Jangan sampai Anda terbawa stres, apalagi jatuh sakit. Usahakan untuk tidak membawa peralatan yang biasa digunakan untuk bekerja, seperti laptop atau dokumen yang berhubungan dengan pekerjaan.

Selain itu, bagi Anda yang mudik melalui jalur darat sering kali dihadapkan dengan kemacetan yang membuat stres. Untuk meminimalkan kemungkinan stres dan kelelahan, beristirahatlah setiap 3 jam sekali untuk melepas penat.

Jangan sampai, setelah libur Lebaran, Anda justru sakit dan tidak bersemangat untuk kembali mengerjakan tugas-tugas rutin Anda baik di kantor maupun di rumah. Dengan menjalankan serangkaian tips di atas, diharapkan tubuh tetap fit dan Anda pun siap untuk kembali menjalankan aktivitas sehari-hari.

[HNS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar