Sukses

Kiat Bebas Badan Lemas meski Tanpa ART Usai Lebaran

ART masih pulang kampung? Inilah tips bersih-bersih rumah bebas badan lemas usai Lebaran meski tanpa bantuan ART.

Klikdokter.com, Jakarta Salah satu permasalahan yang sering dihadapi ketika Lebaran adalah pulangnya pembantu ke kampung halaman. Anda pun mau tak mau harus sedikit repot dalam urusan bersih-bersih rumah. Jangan mengeluh dulu, karena ini cuma sementara. Ada tips bersih-bersih bebas badan lemas, meski tanpa bantuan ART usai Lebaran.

Tanpa kehadiran ART, Anda kembali disadarkan betapa repotnya mengurus rumah tanpa bala bantuan. Mencuci baju, menyetrika, bersih-bersih, memasak dan mencuci piring, bahkan membantu mengurus anak-anak di rumah, kini harus Anda lakukan sendiri. Belum lagi jika rumah kedatangan banyak tamu.

Tips agar terbebas dari ancaman badan lemas

Meski demikian, cobalah untuk berpikir positif. Paling tidak anggaplah ini cara yang baik untuk Anda agar tetap aktif. Namun, tetap usahakan untuk tidak memaksakan diri agar tidak kelelahan. Ada tipsnya agar Anda bisa terhindar dari badan lemas.

1. Penuhi kebutuhan cairan

Menurut dr. Alvin Nursalim, SpPD, dari KlikDokter, salah satu penyebab badan lemas adalah kurang minum. Meski harus disibukkan urusan bersih-bersih rumah sekaligus mengurus suami dan anak, jangan lupa untuk minum air putih cukup agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Jika tidak, Anda terancam dehidrasi.

“Jika jumlah urine menjadi lebih sedikit dan berwarna lebih pekat, ini artinya Anda perlu lebih banyak minum. Begitu pula bila badan Anda lemas dan sulit berkonsentrasi,” ujar dr. Alvin. Para ahli menyatakan, minum air putih tiap harinya adalah paling tidak 2 liter atau sekitar 8 gelas.

2. Konsumsi makanan sehat

Jangan cuma mengandalkan makanan sisa Lebaran bersantan, aneka gorengan, atau mengandalkan layanan pesan antar junk food hanya karena malas memasak. Sempatkan diri untuk berbelanja bahan makanan segar. Pastikan selalu ada sayuran, buah, karbohidrat kompleks, serta sumber protein segar dalam menu makan harian.

Agar terhindar dari badan lemas, pilihan makanan berkontribusi besar. Hindari makan gorengan, minuman dengan pemanis buatan, minuman berkafein, serta perhatikan porsi makan. Disarankan oleh dr. Alvin, batasi asupan gula baik lewat makanan maupun minuman Anda.

3. Istirahat cukup

Sesibuk-sibuknya Anda dengan urusan rumah tangga, usahakan untuk selalu tidur cukup. Jika capek setelah menyapu dan mengepel rumah, tidur sianglah sejenak. Pastikan juga Anda selalu mencukupi waktu tidur, yaitu 7-8 jam tiap malamnya.

4. Konsumsi makanan tertentu

Beberapa makanan tertentu bisa membuat tubuh Anda kembali bugar alias tidak lemas lagi. Salah satu makanan yang dimaksud adalah pisang.

"Pisang kaya akan potasium, serat, berbagai vitamin, dan jumlah karbohidrat yang tepat untuk mendongkrak stamina Anda dan menangkal badan lemas. Untuk sarapan sebelum memulai aktivitas, pisang dapat menjadi pilihan yang mudah, lezat, dan dapat Anda andalkan sebagai salah satu sumber energi," ujar dr. Astrid Wulan Kusumoastuti dari KlikDokter menambahkan.

Makanan berbahan dasar gandum utuh dan oatmeal juga bisa diandalkan. Gandum utuh adalah jenis karbohidrat kompleks yang berserat tinggi, yang bisa membuat Anda kenyang lebih lama. Sementara itu, oatmeal kaya akan serat dan mengandung cukup protein untuk menjaga Anda tetap berenergi.

Ditinggal ART mudik memang bisa membawa tantangan tersendiri. Namun, pastikan untuk melakukan cara-cara di atas agar bebas badan lemas, meski harus mengurus rumah tanpa bantuan ART usai Lebaran. Jika perlu, bagi tugas dengan pasangan dalam mengurus rumah. Atau jika usia anak-anak sudah cukup besar, libatkan mereka. Ini bisa Anda manfaatkan untuk mengajarkan anak mandiri dan bertanggung jawab.

(RN/ RVS)

0 Komentar

Belum ada komentar