Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

21 Tahun

Verifikasi UmurStop Disini

Manfaat Sunscreen bagi Kesehatan Pembuluh Darah

Manfaat memakai sunscreen ternyata tak hanya untuk kulit, tapi juga dapat menunjang fungsi dari pembuluh darah.

Klikdokter.com, Jakarta Sejak lama diketahui bahwa paparan radiasi ultraviolet (UV) dari matahari merupakan salah satu faktor risiko utama dari terjadinya kanker kulit. Salah satu cara mencegahnya adalah dengan mengoleskan sunscreen ke kulit tubuh. Tak hanya untuk itu, krim ini ternyata bermanfaat untuk kesehatan pembuluh darah.

Kaitan radiasi dengan fungsi pembuluh darah

Paparan terhadap radiasi UV juga diketahui dapat menyebabkan kerusakan kulit. Bila tak segera diatasi, risiko berikutnya yang bisa terjadi adalah penuaan kulit.

Hal ini terjadi karena ketika kulit tidak terlindungi dan terkena radiasi, maka pembuluh darah tidak dapat menjalankan fungsinya untuk mengangkut darah ke seluruh tubuh.

Sebuah penelitian pun dilakukan untuk menginvestigasi kaitan antara radiasi UV dengan fungsi pembuluh darah pada kulit tubuh manusia.

Penelitian yang dilakukan sebelumnya telah menunjukkan bahwa terdapat kaitan antara radiasi UV dan fungsi pembuluh darah pada kulit. Secara spesifik, paparan terhadap radiasi UV diketahui dapat menurunkan tingkat pelebaran pembuluh darah yang dimediasi oleh nitric oxide (NO).

Zat NO diketahui memegang peranan penting sebagai molekul pemberi sinyal dalam tubuh manusia. Di antara berbagai perannya, NO dapat menyebabkan terjadinya relaksasi pada otot polos di sekitar pembuluh darah, yang kemudian meningkatkan aliran darah di dalam tubuh.

Pelebaran pembuluh darah yang dikenal juga dengan istilah vasodilatasi, memiliki peran yang penting dalam membantu menjaga suhu tubuh agar tetap stabil meski di cuaca panas sekalipun.

Saat suhu tubuh meningkat, NO menyebabkan terjadinya vasodilatasi, yang meningkatkan aliran darah, dan menyebabkan pelepasan panas dari kulit.

Pada dasarnya, hampir setiap jenis sel kulit mampu memproduksi NO, tetapi proses ini membutuhkan suatu zat kimia yang dikenal dengan nama 5-MTHF atau 5-methyltetrahydrofolate.

Para pakar percaya bahwa paparan terhadap radiasi UV dapat menurunkan kadar 5-MTHF yang tersedia di kulit, sehingga membatasi kemampuan untuk terjadi vasodilatasi. Lalu, bagaimana kaitan sunscreen terhadap pembuluh darah?

Manfaat penggunaan sunscreen terhadap pembuluh darah

Namun, NO juga diduga dapat memiliki peranan lain. Salah satu penelitian menunjukkan bahwa vasodilatasi dari pembuluh darah yang terdapat pada kulit dapat memiliki efek terhadap tekanan darah juga.

Pada penelitian tersebut, sekelompok ilmuwan bertujuan untuk mengetahui bagaimana sunscreen dapat memengaruhi hubungan antara radiasi UV dan vasodilatasi.

Penelitian tersebut membandingkan vasodilatasi yang terjadi akibat paparan radiasi UV pada kulit yang diberikan sunscreen, kulit yang berkeringat, dan kulit yang tidak diberi apa-apa.

Penelitian yang dilakukan di Pennsylvania State University tersebut menemukan bahwa kulit yang tidak diberi apa-apa menunjukkan adanya penurunan vasodilatasi yang terkait NO.

Sebaliknya, kulit yang diberi sunscreen dan kulit yang berkeringat tidak menunjukkan penurunan tersebut.

Dari hasil tersebut, para peneliti mengatakan bahwa untuk individu yang menghabiskan waktu lama di luar ruangan setiap harinya, penggunaan sunscreen tidak hanya melindungi tubuh dari risiko kanker kulit, namun juga terhadap penurunan fungsi pembuluh darah pada kulit tubuh.

Salah satu penelitian yang ada menyimpulkan bahwa penggunaan sunscreen memang memiliki peran dalam menjaga pembuluh darah di kulit tetap berfungsi dengan baik. Meski demikian, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengonfirmasi hubungan tersebut.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar